Cara Maksimal memanfaatkan Blog untuk mendapatkan uang

Cara Maksimal memanfaatkan Blog untuk mendapatkan uang

Cara Maksimal memanfaatkan Blog untuk mendapatkan uang

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, membuat website atau blog tidaklah sesulit dahulu. Saat ini pengguna internet dengan mudah dan gratis dapat membuat blog. Salah satu penyedia layanan untuk membuat blog gratis yaitu blogger.com

Blogger dimiliki oleh google dan akunnya terintegrasi dengan fasilitas yang ada di google, seperti gmail, youtube, google drive dan lainnya. Pada awalnya blog dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Namun seiring dengan perkembangan bisnis online, blog tidak hanya digunakan sebagai sarana menuangkan tulisan namun dapat juga dijadikan penghasil uang.


Saat ini mungkin anda pernah mendengar dan mengetahui, mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat sebagai pendapatan utama mereka. Dengan modal yang tidak terlalu mahal untuk membuat blog semakin memudahkan untuk menjalani aktivitas sebagai blogger.

Sebagai gambaran saja, untuk membuat blog dengan domain nama sendiri (TLD), blog menggunakan blogger yang gratis,serta membeli template premium, kita hanya mengeluarkan biaya sekitar 375.000 dengan asumsi harga template 250.000 dan biaya domain per tahun sebesar 125.000. Template hanya membeli satu kali saja, karena lisensinya untuk selamanya (tidak dibatasi waktu), dan untuk domain diperpanjang setiap tahun. Jadi di tahun ke-2 kita hanya membayar biaya perpanjangan domain saja.

Lalu bagaimanakah kita dapat memanfaatkan blog secara maksimal agar menghasilkan pendapatan ? banyak jalan menuju Roma, dan banyak jalan juga untuk memanfaatkan blog menjadi mesin uang. Beberapa cara di bawah ini dapat anda praktekan pada blog anda, namun saran saya fokuskan pada satu saja dulu, karena kalau dipraktekan semua untuk 1 blog saja, visitor akan kabur karena terlalu banyak dan ramainya iklan di blog anda.

1. Manfaatkan blog untuk Periklanan Google Adsense


Sudah sering kita dengar cerita blogger yang mendapatkan jutaan bahkan puluhan juta dari aktivitas ngeblog. Apabila blog kita telah aktif sejak lama dan konten (isi artikel) di blog sudah banyak, coba mendaftar sebagai publisher di Google Adsense.

Dengan bergabung menjadi publisher Google Adsense, blog anda dapat menayangkan/menampilkan iklan yang ada di jaringan iklan Google. Untuk layout dan posisi iklan anda setting sendiri dan untuk kode iklannya Google Adsense yang menyediakan, kita tinggal copy paste saja di blog.

Pemilik blog akan mendapatkan uang dari iklan apabila ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut. Jumlah penghasilan dari klik iklan ini akan diakumulasi setiap bulan. Batas minimal pencairan google adsense yaitu sebesar $100 atau senilai itu sesuai kurs dari mata uang di negara kita. Penghasilan akan ditransfer langsung ke rekening bank publisher google adsense.

2. Jasa pasang banner/iklan


Fokus utama ngeblog yaitu membuat konten atau tulisan yang berkualitas. Semakin menarik konten blog akan menarik visitor untuk berkunjung ke blog kita. Ketika visitor semakin banyak, maka terbukalah peluang lainnya yaitu menawarkan jasa pasang banner atau iklan di blog kita.

Seperti halnya kalau kita lihat di pertandingan sepakbola, sering kita lihat produk sponsor yang terpampang di pinggir lapangan sepakbola. Dengan jumlah ribuan penonton bola yang datang, maka memasang iklan di pinggir lapang sepakbola merupakan potensi yang bagus untuk mempromosikan produknya.

Apabila kita memiliki blog yang visitornya ribuan per hari, akan menarik minat pemilik produk untuk memasang banner/iklan di blog. Untuk masalah harga bisa anda tentukan sendiri atau bisa bernegosiasi langsung dengan pengiklannya, biasanya memasang banner/iklan ini dibatasi dengan waktu misal per minggu, per bulan dan sebagainya.

3. Konten placement


Kontent placement yaitu menempatkan konten berbentuk tulisan artikel yang didalamnya terdapat link yang menghubungkan ke website atau blog pemasang konten placement. Konten atau artikel yang dimuat di blog bisa ditulis oleh pemilik blog ataupun pemasang konten placement, tergantung kesepakatan.

Apabila nama blog sudah populer atau brandingnya sudah kuat dan pengunjung blog stabil, potensi yang muncul yaitu dengan menjual jasa konten placement. Konten placement di dalamnya akan memunculkan backlink yang menghubungkan ke website/blog pemasang konten placement.

Pemilik blog yang memperhatikan betul kualitas konten/artikel biasanya akan menyediakan artikel sendiri yang tentunya harganya berbeda apabila artikel dibuat oleh pemasang konten. Kemudian pemasang konten akan menentukan link yang akan dipasang di artikel tersebut. Jumlah link biasanya dibatasi (1 sampai 2 link saja). Untuk konten placement biasanya berlaku selama blog tersebut hidup jadi tidak dibatasi jangka waktu yang pendek.

4. Affiliasi marketing


Affiliasi yaitu cara memasarkan suatu produk dengan menggunakan perantara atau midle man. Affiliasi di kehidupan nyata atau dunia offline biasa disebut calo, perantara atau makelar.

Untuk mendapatkan uang dari affiliasi, pemilik blog mendaftar ke perusahaan yang menawarkan program affiliasi seperti Lazada, Zalora, Blibli dan perusahaan luar negeri seperti Amazon. Apabila sudah terdaftar sebagai affiliate marketer, pemilik blog dapat memasang kode atau script affiliate marketernya di layout blognya.

Apabila ada pengunjung blog yang mengklik produk affiliasi kita, dan kemudian membeli produk tersebut, kita akan mendapatkan komisi/fee dari pemilik program affiliasi. Dari komisi/fee itulah, pemilik blog akan mendapatkan penghasilan.

5. Promosi produk online


Seperti pepatah ada gula ada semut, blog yang sudah banyak pengunjungnya membuka peluang dan potensi lainnya untuk mendapatkan penghasilan lainnya salah satunya yaitu promosi produk sendiri.

Apabila anda seorang blogger dan juga menjual produk atau jasa, cobalah anda tawarkan produk dan jasa anda di blognya. Caranya dengan membuat artikel atau konten yang menginformasikan produk atau jasa anda. Pemilik blog mendapatkan penghasilan dari produk atau jasa yang dijual.

6. Periklanan lainnya

Selain program periklanan di Goggle Adsense, banyak juga penyedia program periklanan lainnya seperti Revenue hits,adnow, proppeler ads, popcash dan lainnya.

Program-program perikalanan tersebut memiliki aturan dan terms of service masing-masing sehingga apabila anda berminat untuk bergabung coba baca dahulu apakah blog anda memenuhi syarat untuk bergabung sebagai publisher.

7. Jualan blog dan akun adsense

  
Fenomena jual akun di internet memang sudah tidak asing lagi. Akun seperti akun gmail, akun ebay, akun blogger dan bahkan akun google adsense juga banyak yang menjual.

Khusus untuk google adsense memang untuk bergabung sebagai publisher tidak semudah dulu. Banyaknya peminat membuat google membuat aturan dan syarat yang ketat.

Bagi yang tidak sabar dan memiliki uang, membeli blog dan akun adsense akan lebih cepat daripada harus membangun blog dari awal dan mendaftar ke google adsense yang belum tentu langsung diterima.

Hal ini memunculkan peluang baru bagi pemilik blog dan akun adsense yang tidak terurus untuk dijual dan mendapatkan penghasilan. Bahkan ada yang memang berjualan khusus blog dan akun adsense. 

Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan manfaat dari blog yang kita miliki untuk mendapatkan uang. Akan lebih mudah apabila kita memang suka menulis sehingga akan rutin dalam membuat konten sehingga blog akan semakin ramai pengunjung. Apabila tidak ada waktu luang untuk membuat konten namun memiliki modal, bisa dengan membeli artikel pada jasa pembuatan artikel. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments