Tips Ngeblog Cara Memasukan Template ke Dalam Blog Platform Blogger

Tips Ngeblog Cara Memasukan Template ke Dalam Blog Platform Blogger

Tips Ngeblog Cara Memasukan Template ke Dalam Blog Platform Blogger

Setelah membaca dan kemudian mempraktekan cara membuat blog sendiri dengan blogger, ya untuk dapat membuat blog kita harus praktek ya, sulit sekali kalau hanya membaca saja, kita telah berhasil membuat sebuah blog dengan platform blogger, caranya sederhana yaitu dengan hanya membuat akun google maka kita dapat langsung membuat blog dengan format domain nama_blog.blogspot.com. Proses ini merupakan langkah paling awal untuk membuat blog yang baik, yang dikunjungi banyak visitor. Sebelum mencapai target visitor yang banyak, ada beberapa tahapan lainnya yang harus dikerjakan. Proses tersebut diantaranya yaitu mensetting blog kita.

Baca juga : Tips Ngeblog Cara Mudah Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

Mensetting atau merancang blog ibarat kita merancang rumah, setelah pondasi dibuat kemudian komponen lainnya juga mulai dikerjakan. Setelah terbentuk alamat blog kita, berlanjut pada tahap menseting blog dimulai dengan memilih template yang akan digunakan pada blog. Dengan template yang baik akan berpengaruh juga pada tampilan blog, kecepatan blog, kemudahan terindex mesin pencari, responsive dalam tampilan berbagai gadget/perangkat dan lain-lain. Sebuah blog  tekno memaparkan bahwa kriteria terpenting dalam memilih template yang baik didasarkan pada 3 hal utama yaitu Responsive, Clean & User Friendly dan Fast Loading. Template responsive yaitu template yang dapat menyesuaikan atau fleksibel dengan perangkat yang dipakai. Jadi apabila kita membuka blog di perangkat laptop dengan membuka blog di perangkat smartphone, tampilan blog akan otomatis menyesuaikan, dan user tidak perlu melakukan pembesaran (zooming) dikarenakan isi blog tidak terbaca. Google sebagai search engine yang mayoritas digunakan akan lebih ramah terhadap blog yang mobile friendly yaitu yang ramah dalam penggunaan pada smartphone.   
Yang kedua yaitu Clean & User Friendly, digambarkan sebagai template yang minimalis, sederhana, rapi, enak dilihat, nyaman di mata user akan lebih disukai oleh Google sebagai mesin pencari. Jadi tidak perlu lah template yang terlalu banyak aksesori dan widget-widget yang kurang penting.
Yang Ketiga yaitu Fast Loading atau kecepatan loading. Ya blog yang lambat dalam proses loadingnya akan membuat pengunjung blog anda bosan dan akhirnya membatalkan masuk ke blog anda dan berpindah ke blog lainnya. Dari sisi mesin pencari Google juga, blog yang lambat akan dinilai buruk oleh Google jadi pilihlah template yang loadingnya cepat. Untuk template premium atau berbayar bisa memilih template dari kompiajaib, mas sugeng dan arlinadezign.

Baca juga : TIPS SUKSES Blog Gado-gado Dapat Trafik Banyak

Beberapa template blog yang gratis juga bisa anda gunakan, biasanya pembuat template gratis hanya mensyaratkan agar credit nama pembuatnya jangan dihapus atau diganti, hitung-hitung sebagai imbalan untuk mereka yang sudah bersusah payah membuat template blog. Penyedia template blog gratis diantaranya btemplates, gooyaabitemplates, ccauthor dan masih banyak lagi.

Setelah memilih template blog yang akan digunakan, ingat pilih yang terbaik, jangan sampai di kemudian hari ganti template lagi karena akan berpengaruh terhadap performance dan peringkat anda di mesin pencari google. Langsung saja untuk mengganti template pada dashboard blogger.

Cara mengganti template blogger yaitu :
  • Dari dashboard blogger pilih Theme
  • Kemudian pilih Backup/Restore di pojok kanan atas 
Cara Memasukan Template Blogger

  • Untuk menyimpan atau membackup template sebelumnya klik Download Theme.         
  • Untuk mengupload template baru klik menu Browse dan pilih file templatenya, biasanya berekstensi .xml kemudian klik Upload dan selesai.
Setelah terpasang templatenya, untuk optimalisasinya bisa mengatur Layout dan juga Edit HTML. Menu Layout untuk mengatur widget-widget yang akan dipasang, mensetting sidebar, footer, header, jumlah posting blog dan lain-lain. Untuk pengaturan lainnya seperti menseting navigasi blog, menu blog, memasukan slot iklan di dalam artikel, dan lainnya bisa menggunakan menu Edit HTML pada menu Theme.

Cara Memasukan Template Blogger

Biasanya para pembuat template akan menyertakan tutorial dalam menggunakan template yang kita gunakan, kalaupun tidak ada kita bisa mencarinya di mesin pencari google.    

Demikian, tips ngeblog cara memasukan template ke dalam blog platform blogger. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments