Tips Ngeblog Cara Mudah Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

Tips Ngeblog Cara Mudah Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

Tips Ngeblog Cara Mudah Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

Membuat blog sendiri saat ini begitu mudah dilakukan. Blog merupakan bentuk lain dari website. Pada awalnya blog lebih bersifat personal, digunakan untuk menyampaikan atau membagi pengalaman, pemikiran, ide, gagasan dan lainnya. Namun pemanfaatan blog saat ini lebih luas dari sebelumnya, bahkan orang membuat blog untuk menghasilkan uang. Blog yang pengunjung hariannya banyak membuka peluang bagi pemasang iklan untuk memasang iklan produknya di blog tersebut. Dan pada akhirnya akan menghasilkan uang bagi pemilik blognya.Untuk membuat sebuah blog yang bagus tampilannya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Pada awal-awal kemunculan internet di Indonesia mungkin untuk membuat sebuah website atau blog terasa sulit karena minimnya informasi, belum majunya teknologi dan masih mahalnya layanan membuat website.

Namun sejak munculnya Blogger.com, salah layanan dari Google telah menghapus stigma sulit membuat blog menjadi mudah membuat blog. Beberapa hal yang memudahkan user atau pengguna blogger diantaranya layanan tidak dipungut biaya/iuran alias gratis, lebih praktis dan sederhana dalam membuat serta mengisi konten blog, tidak perlu memikirkan biaya domain dan biaya hosting (tempat menyimpan fie blog) karena semuanya gratis kecuali untuk domain apabila ingin menggunakan domain sendiri atau TLD bisa membeli ke penjual domain dan kemudian diredirect dari alamat domain blogger ke alamat domain TLD.

Fenomena meningkatnya pengguna blogger disebabkan juga karena pemilik blog dapat menghasilkan uang dari blog yang dimilikinya. Tidak sedikit dari mereka mendapat penghasilan jutaan rupiah dari aktivitasnya ngeblog. Pemanfaatan blog juga mengalami perkembangan yang signifikan, pada awalnya hanya digunakan untuk berbagi informasi personal, seiring waktu berjalan saat ini blog juga banyak digunakan untuk media berita, share informasi sekolah, streaming tv online dan film, dan banyak lagi hal ini dikarenakan semakin beragam dan bervariasinya template blogger yang dibuat oleh pembuat template. Template merupakan kerangka dasar dari sebuah blog. Template blogger banyak tersedia dan dapat di download gratis namun apabila ingin lebih optimal ada juga template premium atau template berbayar.

Bagi yang belum pernah membuat blog atau blogger pemula, platform blogger sesuai dengan yang dibutuhkan blogger pemula. Setelah proses membuat blog, blogger akan mendapatkan domain dengan format : namablog.blogspot.com. Lalu apa saja yang dibutuhkan blogger pemula ? untuk dapat menggunakan layanan platform blogger atau blogspot, anda hanya membutuhkan akun google dan akses internet saja. Karena platform blogger atau blogspot memang dimiliki oleh Google sehingga cukup membutuhkan akun google saja, anda dapat menikmati layanan blogger. Bagi yang belum memiliki dapat membuat akun google saat itu juga, persiapkan data diri (nama, tanggal lahir, dan lain-lain) serta nomor ponsel untuk memverifikasi akun yang didaftarkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara pemula membuat blog sendiri menggunakan blogger secara berurutan dan disertai gambar di bawah ini :

1. Membuat akun blogger (google)
Bagaimana cara membuat akun blogger ? mudah saja, berikut cara mendaftar di Blogger.

masuk ke link : www.blogger.com kemudian klik Buat Akun Baru bagi anda yang belum punya alamat akun Google sebelumnya. Apabila telah memiliki akun Google anda tinggal mengklik menu Masuk (Sign In).

Cara Mudah Membuat Blog Sendiri
Langkah 1 : Create Your Blog
Langkah 2 : Buat Akun

Langkah 3 : Mengisi Nama dan Nama Pengguna

Langkah 4 : Klik berikutnya
Langkah 5 : Verifikasi Nomor Ponsel

Langkah 6 : Mengisi Data Diri


Langkah 7 : Klik Lewati saja

Langkah 8 : Klik Saya Setuju


Langkah 9 : Pilih Profil


2. Membuat Blog Baru
Setelah masuk ke Dashboard Blogger, Cari Menu dengan nama Blog Baru/Create New Blog. Ini cara untuk membuat Blog yang baru. Setelah itu akan muncul jendela dengan dua form isian, yaitu mengisi form judul blog atau nama blog, misal namanya Blog Istiqomah. Isian kedua yaitu mengisikan alamat blog/domain yang nantinya menjadi tujuan para visitor contoh namanya momraisa.blogspot.com. Domain Blogspot.com merupakan domain gratis, format domain apabila menggunakan platform blogger yaitu nama_blog.blogspot.com. Apabila ingin mengganti dengan nama sendiri dengan berbentuk domain .com .net dan lainnya, beli domain dari penjual domain terpercaya karena ini berkaitan dengan kelangsungan blog kita ke depannya. Tips dan cara membeli domain bisa anda lihat disini.

3. Mengisi blog dengan Artikel
Selamat blog anda telah berhasil dibuat, membuat blog memang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, namun yang terpenting dari sebuah blog yaitu dari isi atau kontennya. Sebuah blog dikatakan bagus apabila konten didalamnya diposting secara teratur, lebih sering lebih bagus, namun tetap juga memperhatikan kualitas dari artikel. Kualitas artikel mencakup panjang artikel dilihat dari jumlah kata, kaya akan kosakata, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami pengunjung. Untuk panjang artikel usahakan minimal 300-400 kata agar dapat terindex dengan baik di mesin pencari (Google,Yahoo,Bing dll). Cara membuat artikel baru silahkan lihat tampilan Dashboard blogger di bawah ini, klik New Post untuk mengisi dengan artikel/tulisan.


Cara Mudah Membuat Blog Sendiri
Menu Posting Blogger


Sambil anda mengisi blog baru dengan artikel, ada baiknya luangkan waktu untuk mempelajari menu-menu yang ada pada Dashboard Blogger seperti menu :

#Post : Menu untuk menampilkan dan mengedit posting, disertai juga jumlah posting, Draft dan Jumlah dipublikasikan.

# Stats : Menu berkaitan dengan statistik blog kita, kita bisa melihat jumlah pageview, region pengunjung, posting terbanyak dikunjungi dan lain-lain, sub menu dari stats yaitu Overview, Posts, Traffic Sources dan Audience

# Comments : Menu yang memuat komentar-komentar dari pengunjung atas posting yang kita buat. Apabila komentar tidak berkenan pemilik blog dapat menghapus komentar melalui menu ini. Terdiri dari sub menu Published dan Spam

# Earning : Apabila blog anda telah banyak pengunjungnya dapat anda daftarkan program Google Adsense, dengan mengikuti Google Adsense blog anda dapat menampilkan iklan dan apabila ada yang mengklik iklannya maka anda mendapatkan bayaran, dapat dicairkan apabila telah mencapai $100 atau sesuai rate Rupiah dari $100

# Pages : Menu ini untuk membuat suatu halaman blog yang terpisah dari posting artikel, misal kita ingin membuat 1 halaman tentang siapa kita atau About Us, nanti kita pasang sebagai menu di halaman depan blog, berdampingan dengan menu Beranda (Home). Terdiri dari 2 sub menu yaitu All dan Published

# Layout : Menu ini untuk mengatur layout atau kerangka dasar blog. Bagian dari layout ini bisa anda edit, bagian dari layout biasanya terdiri dari Header, Blog Post, Side Bar, Footer dan lain-lain. Pada menu ini kita dapat mengatur widget-widget atau komponen yang bisa dipasang diblog.

# Theme : Menu ini mengatur tentang mengedit template, ya template blogger bisa kita edit sesuai keinginan, pada menu ini juga diatur cara untuk membackup atau merestore template, serta mengubah template. Jadi apabila anda ingin mengubah template bawaan Blogger dengan template blogger pada menu inilah kita mengubahnya. Menu ini terdiri dari 2 sub menu yaitu Live on Blog dan Mobile

# Settings : Menu settings terkait dengan pengaturan, ada pengaturan untuk Redirects domain blogspot ke domain TLD, pengeditan nama blog, bahasa, pengaturan pencarian di google dan lain-lain. Banyak sekali itemnya, namun tidak harus semua kita setting, seperlunya saja kita setting. Menu ini terdiri dari Basic, Post Comment and Sharing, Email, Language and Formating, Search Preference, Other dan User Settings.

Apabila terdapat perbedaan bahasa menu dengan yang diinformasikan di atas, itu hanya akibat pemilihan bahasa saja, saya masih menggunakan bahasa Inggris pada menu bloggernya sehingga semua menu masih dalam bahasa Inggris. Kalau untuk posisi dan urutan menu sama saja.

Demikian Tips Ngeblog Cara Mudah membuat blog sendiri menggunakan Blogger, semoga dapat bermanfaat. Keep Learning dan Sharing.   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments