Kiat Jitu dalam Memilih Tempate Blog

Kiat Jitu dalam Memilih Tempate Blog

Kiat Jitu dalam Memilih Tempate Blog


Pemilihan template blog dalam membangun sebuah blog merupakan tahap yang penting. Template yang terpasang tentunya diharapkan untuk jangka waktu yang panjang. Apabila sering dilakukan pengubahan template, tentu kita sendiri yang akan kerepotan, karena proses yang paling lama biasanya dalam pensetingan template blognya sendiri. Jadi sediakanlah waktu yang cukup, browsinglah penyedia-peyedia template blog, disarankan untuk menggunakan template blog premium, karena feature-featurenya biasanya lebih lengkap, tanpa dibatasi dan bebas dalam memodifikasinya.

Kemudian, hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam memilih template blog ini ? hal ini sering saya alami saat membangun sebuah blog. Berulangkali kita browsing dan kita lihat banyak sekali template blog yang keren, tampilannya menarik, dan lain-lain. Namun kembalikan kembali kepada kebutuhan, apakah kita memerlukan template seperti itu?
Atau seringkali kita mendapati ada blogger lainnya membagikan template premium secara gratis. Ada hal yang harus diperhatikan apabila mendapatkan template yang seperti ini. Yang harus diperhatikan yaitu adanya script-script yang dimasukan di dalam template itu. Bisa jadi ada iklan tersembunyi di dalamnya.

Dalam pemilihan template ini, bisa juga anda memilih berdasarkan dari pembuat templatenya yang sudah populer. Untuk blogger Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya sugeng.id dan arlinadzg atau kompiajaib. Silahkan mampir-mampir dulu disana, banyak template yang bisa kita pilih. Kemudian bagaimana sih template blog yang berkualitas dan seo friendly itu ? apa saja kriterianya ? Saya coba uraikan di bawah ini :  
 
1. Responsive
Responsive bisa disebut juga flexible, maksudnya template blog yang responsive yaitu template yang berjalan baik di semua device dan gadget. Media atau gadget itu diantaranya tablet, komputer, laptop, handphone android, dll
Memilih template responsive merupakan hal penting karena pengunjung blog berasal dari berbagai media, apalagi dengan semakin terjangkaunya harga gadget mobile, arus pengunjung mungkin lebih banyak dari pemilik gadget.  Untuk mengetahui tingkat responsive template yang dipilih, ada cara khusus untuk memeriksa baik tidaknya responsivitas suatu template blog. Silahkan baca disini : memeriksa template yang responsive 

2. Kecepatan Loading

Pengunjung blog yang berkunjung ke blog kita tentunya mengharapkan kecepatan loading yang baik dari blog kita. Dengan makin baiknya kualitas akses internet, faktor kecepatan menjadi pertimbangan dalam mengunjungi suatu blog. Yang harus diperhatikan dalam template blognya yaitu apakah fitur-fiturnya memberatkan dalam loadingnya atau tidak. Untuk bisa menilai template blog ini memiliki kecepatan yang baik dalam loadingnya dibutuhkan cara dan tutorial untuk mengecek kecepatan loading template blogger dan wordpres.

Silahkan baca dulu : Tips memeriksa seberapa cepatnya loading blog Blogger dan Wordpess

3. Kualitas SEO Template

Untuk mengecek kualitas SEO pada template, dapat menggunakan website chkme.com
Caranya praktis dan sederhana :
1. klik wwww.chkme.com
2. Masukan alamat blog yang ingin diperiksa, oh ya ini berarti template anda harus dipasang dulu ya
3. Klik Cek SEO Score nya, nanti akan tampil hasil presentasenya.



Demikian, beberapa indikator dari template yang dikatakan sangat berkualitas dalam segi apapun. Pastikan untuk memilih yang sederhana namun menarik, dengan memperhatikan dan ,mengikuti 3 indikator di atas. Semoga berguna untuk sobat bogger
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments