Doa khusus untuk pengantin baru sesuai sunnah Rasulullah

Salah satu ibadah yang suci dan mulya dalam agama Islam yaitu menikah. Bahkan dalam sebuah hadits, Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625).

Pernikahan dalam Islam digambarkan sebagai mistaqan ghalizha, yang bermakna janji yang sangat agung. Janji yang tidak hanya melibatkan antar pribadi, suami-istri dan para keluarganya namun juga melibatkan Allah Subhanallahuwata'ala, yang akan memunculkan konsekuensi dunia dan akhirat.


Oleh karena itu, apabila suatu saat kita menerima undangan pernikahan (walimatul urs) baik itu dari saudara, kerabat, tetangga dan teman, bersyukurlah bahwa mereka akan melaksanakan ibadah yang suci dan mulya, serta merupakan kewajiban kita untuk menghadirinya dan menyampaikan doa khusus untuk pengantin baru tersebut.

Mendoakan pengantin baru dapat diucapkan dalam berbagai bahasa yang kita pahami, bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa negara lain namun memang sebaik-baiknya doa yaitu doa yang telah diajarkan Rasulullah Shallallaahu'alaihi wa sallam.

Untuk doa khusus kepada pengantin baru Rasulullah telah mencontohkannya, berikut beberapa doa untuk pengantin baru sesuai sunnah Nabi Muhammad Shallallaahu'alaihi wa sallam.

Doa untuk kedua mempelai (pengantin wanita dan laki-laki)


بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

“Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

Doa untuk orang yang telah mengundang setelah selesai makan



اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau boleh pula dengan doa,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Begitu lengkapnya Islam dalam mengatur semua yang berkaitan dengan kehidupan manusia, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi muslim untuk saling mendoakan, termasuk mendoakan pengantin yang telah melaksanakan ibadah yang suci dan mulya.

Bagi anda yang diundang ke pernikahan namun tidak dapat menghadirinya, anda dapat mengirimkan 10 gambar ucapan doa khusus untuk pengantin baru, yang bisa dikirimkan kepada pengantin melalui media sosial whatsapp, facebook, instagram dan lainnya. Berikut 10 gambar ucapan doa pengantin baru dari berbagai sumber di internet :

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Doa khusus untuk pengantin baru

Post a Comment for "Doa khusus untuk pengantin baru sesuai sunnah Rasulullah"