Tips Memberi Nama Bayi Secara Islam Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan

Tips Memberi Nama Bayi Secara Islam Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan

Tips Memberi Nama Bayi Secara Islam Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan


Saat usia kehamilan mencapai 8-9 bulan, ibu hamil, calon ayah serta keluarga akan banyak disibukan berbagai macam persiapan dalam menyambut kelahiran sang buah hati. Waktu yang telah ditunggu selama berbulan-bulan akan tiba saatnya. Persiapan pakaian, selimut, kamar bayi, peralatan bayi dan lainnya pastinya telah dipersiapkan sebelumnya. Namun selain berbagai persiapan kelahiran yang bersifat fisik tersebut di atas, ada satu persiapan yang paling penting dalam momen ini, yaitu persiapan dalam memberikan nama bayi. Seperti persiapan fisik tadi persiapan dalam memberikan nama bayi biasanya sudah dilakukan sebelumnya. Memberi nama bayi merupakan salah satu hak seorang ayah, menurut para ulama. Namun apabila ibu ingin memberi nama, sebaiknya sang ayah dapat bijak dengan merundingkannya bersama-sama dengan sang istri, hal ini lebih baik untuk lebih mempererat hubungan suami dan istri. Setelah menentukan nama, sebaiknya nama tersebut dimusyawarahkan dengan seorang yang alim/ulama sehingga tidak ada kesalahan baik dalam penulisan maupun dalam artinya.

Baca Juga : Kalender Puasa 2018 Panduan Puasa Sunnah dan Wajib Tahun 2018

Pada jaman now atau jaman sekarang ini penggunaan nama bayi dengan bahasa Arab oleh kalangan Muslim sudah familiar dan lazim digunakan di Indonesia. Namun  berhati-hatilah dalam penulisan dan artinya, karena ada kata-kata bahasa Arab juga yang maknanya negatif, karena nama itu merupakan bentuk doa orang tua kepada sang anak, apabila namanya bermakna negatif, khawatirnya akan membuat sang anak menjadi negatif juga baik dari perilaku maupun karakternya. Untuk menghindari hal tersebut konsultasikan dengan pihak yang mengerti dan paham mengenai bahasa arab.

Bagi kalangan Muslim ada beberapa panduan dalam memberikan nama pada bayi. Ada nama-nama yang diharamkan dan ada yang dimakruhkan. Nama yang diharamkan sudah pasti TIDAK BOLEH digunakan. Berikut penjelasannya :

  1. Nama yang memakai Sifat-sifat Allah yang disertai dengan tanda ma'rifah (Al). Contohnya Al-Furqon (Maha Pembeda) dan lain-lain.
  2. Nama yang bermakna menghamba kepada selain Allah, jadi menjurus ke arah syirik misalnya Abdun Nabi (Hamba Nabi), Abdul Ka'bah (Hamba Ka'bah) dan lainnya
  3. Nama Asmaul Husna secara lengkap contohnya Al-Khaliq (Maha Pencipta) dan lain-lain
  4. Nama yang memuji diri sendiri secara berlebihan (Tazkiyaah)

Selain dari nama-nama yang diharamkan, ada beberapa cara penamaan yang disarankan, yaitu :

  1. Dianjurkan untuk memberi nama yang singkat setidaknya 2 suku kata, misal Abdullah, Abdulrrahman dan lainnya.
  2. Disarankan untuk memberi nama dengan nama penghambaan kepada Allah SWT dan diikuti dengan nama-nama Allah yang Indah (Asmaul Husna). Contoh Abdul Aziz, Abdul Malik dan lain-lain.
  3. Dianjurkan untuk memberi nama anak dengan nama para Nabi dan rasul. Mengingat para Nabi dan Rasul memiliki akhlak yang mulia dan ketaatan yang luar biasa kepada Allah SWT. Selain itu juga untuk mengingat mengenai perjuangan keras para nabi dan rasul dalam menegakan agama Islam.
  4. Dianjurkan untuk memberi nama anak dengan nama orang-orang sholeh di kalangan muslimin atau di kalangan sahabat Nabi. Contohnya Umar, Hamzah, Kholid dan lain-lain.

Apabila nama diambil dari Bahasa Arab maka perlu diperhatikan juga mengenai tulisan dan pelafalannya supaya tidak keliru dalam menamai bayi. Baiknya berkonsultasi dulu dengan yang mengetahuinya sebelum menetapkan nama bayi.

Baca Juga : Doa ISLAM sehari-hari LENGKAP Bahasa Arab dan Terjemah

Nah bagaimana, tidak terlalu sulit kan dalam memberi nama bayi, yang terpenting bagi kaum muslimin,tidak memberikan nama yang haram seperti tersebut di atas. Untuk waktu diberikannya nama pada bayi, disediakan dengan waktu yang fleksibel, dapat diberikan nama pada hari kelahiran bayi ataupun pada hari ke tujuh bersamaan dengan pelaksanaan Aqiqah.

Supaya mudah dalam memberi nama bayi, Masdinko share kan beberapa contoh nama bayi secara gratis, nama bayi-laki dan nama bayi perempuan disertai dengan artinya, dengan menggunakan format PDF dan Doc. Semoga putera-puteri kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Semoga bermanfaat. Keep Learning and Sharing

Contoh Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan Format PDF

Contoh Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan Format DOC

Contoh Nama Bayi Laki-laki Format DOC
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments