5 Obat Herbal Alami Ampuh Mengobati Flu atau Pilek

5 Obat Herbal Alami Ampuh Mengobati Flu atau Pilek

5 Obat Herbal Alami Ampuh Mengobati Flu atau Pilek


Selamat bertemu kembali sobat blogger, mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat. Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim hujan. Pada musim seperti ini badan kita rentan sekali terserang yang namanya penyakit flu atau pilek. Hampir semua orang sepertinya pernah mengalami yang namanya penyakit flu atau pilek. Flu atau pilek disebabkan oleh serangan virus yang bernama virus influenza atau disebut juga virus orthonyxoviridae. Penyakit flu atau pilek memang tidak seganas dan seseram penyakit lainnya, namun datangnya penyakit ini cukup mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa penyebab dari flu bukan berasal dari serangan virus, namun dikarenakan kondisi badan dan memiliki keluhan alergi terhadap suatu keadaan dan pada akhirnya membuat dia terkena flu influenza.

Baca Juga : Resep JAMUR CRISPY Masakan Kesukaan Anak-anak
 
Yang pernah saya alami, seringkali penyakit flu dan pilek ini menyerang disaat kondisi tubuh kita sedang drop atau lelah, sehingga fungsi pertahanan tubuh melemah dan akhirnya virus dapat leluasa masuk ke tubuh kita dan menyerang organ-organ yang berkaitan dengan alat pernafasan, seperti hidung, tenggorokan dan lain-lain. Pada saat terserang flu atau pilek keluhan yang kita rasakan yaitu sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat atau hidung meler, batuk berdahak, batuk pilek, demam ringan,  dan tubuh terasa sedikit lelah. Sebenarnya kalau kita sedang punya banyak waktu, mengobati flu dan pilek ini sangat mudah yaitu dengan mengistirahatkan badan dengan tidur yang cukup. Biasanya saat bangun kondisi badan akan membaik.

Apabila dengan istirahat saja tidak beranjak sembuh, coba kita obati dengan bahan tradisional yang ada di sekitar kita atau ada di dapur kita. Obat tradisional atau herbal yang bersifat alami tidak menimbulkan efek samping terhadap tubuh serta mudah didapatkan di sekitar kita.

Obati Flu dengan Bawang Putih
Khasiat bawang putih yaitu mengatasi batuk pilek. Mudah didapatkan karena sering digunakan sebagai bumbu masakan. Mengandung zat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mempunyai sifat antiviral ringan.

Obati flu dengan jahe
Kandungan jahe biasanya terdapat juga di obat-obat warung untuk mengobati flu dan batuk. Namun lebih baik apabila kita mengkonsumsinya langsung, lebih alami dan khasiatnya lebih terasa. Jahe mengandung gingerol, dan senyawa lainnya. Cara menyajikannya dengan dibersihkan, ditumbuk dan masukan ke dalam air hangat, dan campurkan dengan madu.

Obati flu dengan madu
Madu telah dikenal sebagai obat herbal sejak lama. Madu dapat mengatasi meredakan sakit flu dan batuk. Disarankan untuk dicampurkan dengan lemon dalam meminumnya, agar khasiatnya lebih terasa.

Baca juga : Cara Menjaga Kehamilan 5 Bulan

Obati flu dengan Pepermint
Kandungan yang dimiliki Pepermint yaitu mentol yang memiliki kemampuan dalam mengencerkan lendir dan dahak pada saluran pernapasan dan menghilangkan sakit pada tenggorokan. Cara menyajikannya dapat dicampur dengan madu murni secukupnya. 

Obati flu dengan buah Lemon
Buah lemon mengandung vitamin C, kalsium, vitamin B-kompleks, zat besi, kalium dan serat. Untuk mengobati flu campurkan lemon dengan madu murni dan minum 2 kali sehari. 

Nah cukup mudah didapatkan khan, obat herbal untuk mengobati flu atau pilek. Indonesia kaya akan tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Masih banyak lagi obat herbal untuk mengobati flu atau pilek, namun dalam artikel ini kami tulis 5 obat herbal alami untuk obati flu atau pilek saja dulu. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Keep Learning and Sharing.      
  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments