Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar

Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar

Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar


Alhamdulillah, Apa kabar sobat blogger semua ? semoga semua dalam keadaan sehat walafiat. Tulisan atau artikel kali ini akan mencoba meneruskan artikel sebelumnya Bagaimana Cara Mudah Berjualan ke Pasar Luar Negeri ?
Yup berjualan ke luar negeri atau berdagang di marketplace luar negeri mungkin merupakan hal baru bagi sebagian orang. Namun ada sebagian orang lainnya yang telah menuai kesuksesan dengan berjualan ke pasar luar negeri secara online. Yang saya tulis di artikel ini memang murni berasal dari pengalaman sendiri dan juga hasil diskusi dan bertukar informasi dengan teman-teman  lainnya yang sama-sama menekuni berjualan ke luar negeri. Marketplace luar negeri yang dipilih yaitu Ebay. Mengapa Ebay ? Apabila seseorang ingin berdagang dan menjual suatu produk, pasti dia akan mencari tempat berjualan yang paling ramai dikunjungi oleh orang, dan Ebay merupakan salah satu marketplace yang ramai dikunjungi dari berbagai negara di dunia dan trafik websitenya memang tinggi.

Ebay yang didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar pada awalnya merupakan website lelang, namun kemudian juga dapat digunakan untuk menjual produk-produk baik dengan cara lelang maupun tidak. Cara berjualan di Ebay tidak terlalu rumit namun memang ada persyaratan tertentu untuk menjadi seorang penjual di Ebay. Oh ya di Ebay kita dapat hanya menjadi seorang pembeli ataupun dapat menjadi keduanya. Untuk menjadi seorang penjual di Ebay disyaratkan untuk memiliki akun Paypal yang telah diverifikasi.

Sebagai langkah awal dalam berjualan di Ebay, anda harus memiki akun Paypal sebagai alat pembayaran. Hasil dari penjualan produk akan masuk ke rekening Paypal anda, atau apabila anda membeli produk di Ebay anda dapat mempergunakan Kartu Kredit maupun dengan menggunakan akun Paypal.

Baca Juga : Cara Mendaftar dan Memverifikasi Paypal
Saya asumsikan anda telah memiliki alamat email dan akun Paypal yang akan digunakan di Ebay. Langkah pertama yaitu melakukan pendaftaran di Ebay. Cara mendaftar di Ebay yaitu sebagai berikut:

1. Masuk ke website Ebay, www.ebay.com
Ebay memiliki banyak domain yang disesuaikan dengan negara tersebut, misal untuk negara inggris www.ebay.co.uk


2. Di sebelah kiri layar ada "Register"
3. Pilih Personal Account dan Isikan pada formulir Register,  

# First Name : Nama Pertama
# Last Name : Nama Kepanjangan
# Email Address : Alamat Email
# Password : Sandi

4. Selamat anda telah membuat Akun Personal yang bisa digunakan untuk membeli produk di ebay. Untuk menjadi seorang Penjual di Ebay ada langkah selanjutnya yaitu mengupgrade menjadi seorang penjual di Ebay

5. Untuk menjadi Penjual di Ebay anda harus mendaftar juga di Paypal. Paypal merupakan alat penerimaan dan pembayaran. Jadi hasil penjualan nanti masuk ke akun Paypal. Apabila belum memiliki Paypal, klik Sign Up Paypal. Namun apabila anda sudah memiliki akun Paypal, cukup hubungkan akun Paypal anda. Dengan mengklik "Link My Account Paypal"

6. Kalau membuat Paypal baru, isikan data-data anda seperti terlihat di gambar. Proses menghubungkan Paypal ke akun Ebay telah selesai.

7. Ebay akan memberikan isian formulir tentang Info Kontak. Isi sesuai dengan data anda. Seperti terlihat di gambar di atas

8. Sekarang kita coba untuk membuat listing/memasang produk yang akan kita jual. Caranya Klik Account --> Seller Dashboard --> Start Selling
Klik List Your Item
9. Pilih dulu kategori produk anda, misal saya mau menjual botol minum merk Tupperware seperti terlihat di gambar



10. Isikan Formulir untuk melisting produk seperti di bawah ini. (Isian bisa saja berbeda tergantung dari Kategori Barang yang kita pilih).

# Title = Judul produk yang dijual
# Subtitle = Tambahan judul (dikenakan biaya)
# Category = Kelompok produk (dapat anda rubah/revisi)
# Second Category = Kelompok Barang Tambahan (Dikenakan Biaya)
# Variation = Apabila produk memiliki variasi, misal warna, ukuran dll
# UPC = kode produk (dari pabrik biasanya)
# Condition = Kondisi produk (Baru/bekas)
# Photo = tempat menampilkan foto produk, lengkapi dengan banyak foto produknya
# Item Specific
= Spesifikasi Produk (Type, Merk, Warna, Material, Model, Bundle, MPN, Asal negara)
# Item Description
= Isikan deskripsi produk, Cara Pembayaran, dan Pengiriman. Lihat contoh pada gambar. Makin lengkap deskripsinya makin bagus.
# Selling Details = Info lengkap mengenai penjualan
# Format = Fixed Price (Harga Tetap), Auction (Lelang)
# Duration = Lamanya listing/penawaran produk. Yang paling lama yaitu Good Till Canceled
# Price = Harga Produk (dalam USD)
# Quantity = Jumlah stock produk
# Private Listing = username pembeli tidak terlihat oleh user ebay lainnya
# Payment Option = Akun Paypal anda untuk menerima pembayaran
# Sales Taxes = Pajak Penjualan (Tidak Usah diisi)
# Return Option = Retur Penjualan, apabila pembeli ingin retur barang yang dibelinya
  Refund = Pembeli ingin Refund karena produk tidak sesuai
# Shipping Details (Ongkos Kirim produk)   
  - Domestic = Pengiriman ke Negara Amerika
  - International Shipping = Pengiriman ke Seluruh Negara
  - Free shipping = Ongkos Kirim Gratis
# Package Weight = Berat dan ukuran produk (tidak usah diisi)
# Item Location = Asal/lokasi produk




Apabila telah diisi, lalu klik LIST ITEM



Untuk listing pertama biasanya akan meminta PIN yang dikirim ke No. HP yang kita daftarkan di Ebay.  Masukan PIN ke kotaknya. Apabila Paypal telah diverifikasi dengan memasukan atau menambahkan kartu kredit ke akun Paypalnya, maka listing produk akan sukses dilisting. Namun apabila belum diverifikasi maka Paypal akan meminta anda untuk verifikasi terlebih dahulu dengan Login ke Paypal dan kemudian mengisikan data Kartu Kredit pada formulir yang disediakan.
Klik tombol Add card apabila telah memasukan data kartu kredit.
Apabila telah berhasil melisting produk anda, anda tinggal menunggu sampai ada pembeli yang membeli produk anda.



Hal-hal yang harus diketahui mengenai Ebay dan Paypal
  1. Ebay akan membatasi jumlah produk yang dijual oleh PENJUAL BARU, untuk awalnya akan diberikan selling limit sebanyak 10 produk atau total nilai produk sebesar 500 USD, mana yang tercapai terlebih dahulu.
  2. Uang dari hasil penjualan, PENJUAL BARU, akan ditahan dulu oleh Paypal berdasarkan instruksi dari EBAY selama 20 hari. Untuk mengirim barang ke pembeli, penjual harus nombok dulu dari uang sendiri, atau harus punya modal untuk beli barang dan bayar ongkos kirim.
  3. Harga jual baiknya dihitung dulu, karena Ebay dan Paypal memungut fee dari hasil aktivitas kita.
Fee Ebay
Fee Ebay ada 2 yaitu saat kita listing, disebut INSERTION FEE (apabila jatah 50 listing gratis sudah habis) sebesar USD 0.3
Fee Ebay apabila terjadi penjualan atau disebut FINAL VALUE FEE, besarnya tergantung dari kategori barang/produknya.
FEE Ebay lainnya ada lagi namun ini khusus bagi Seller yang membeli fasilitas berupa Store yang memang menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan.

Untuk lebih jelasnya mengenai fee Ebay yang standar bisa klink link di bawah ini :
https://pages.ebay.com/help/sell/fees.html
https://www.fees.ebay.com/feeweb/feecalculator

Fee Paypal
Fee Paypal merupakan fee atau biaya yang ditentukan oleh Paypal terhadap Jumlah Uang yang masuk ke akun Paypal kita. Fee Maksimum Paypal yaitu 4.4% + $0.3. Apabila transaksi dilakukan di Ebay, akan mendapatkan fee yang lebih murah yaitu 2.9% + $0.3. Jadi misal anda menjual barang di Ebay dengan total harga $50, maka Paypal akan memotong dengan fee sebesar (2.9%x50)+0.3 =1.75. Jadi dana yang akan diterima bukan $50 melainkan $48.25

Cara Menentukan Harga Jual Produk di Ebay
Karena adanya Fee Ebay, Fee Paypal dan juga ongkos kirim akan membuat harga barang menjadi lebih tinggi dibanding dengan harga di pasar lokal. Jadi cara menentukan Harga Jual produk di Ebay yaitu :

HARGA JUAL :
Harga Barang + Ongkos Kirim + Fee Ebay + Fee Paypal + Profit

Berdasarkan pengalaman rata-rata harga jual di Ebay yaitu sebesar 3x lipat dari harga di pasar lokal. Namun ini juga tergantung dari beratnya produk, karena ongkos kirim dari Pos Indonesia tidak berdasar berat 1 Kg, namun berdasar satuan gram dengan menggunakan range tertentu. Kalau tidak salah sekarang tarifnya dihitung dari :
0-50 gram, 51-100 gram, 101-250 gram, 251-500 gram, 501-1000 gram dan seterusnya. Jadi periksa dulu ongkos kirimnya di www.posindonesia.co.id

Demikian tahapan untuk berjualan di Ebay, memang sekilas lebih rumit daripada berjualan di pasar lokal, namun potensi keuntungan yang tinggi dapat membuat kita lebih semangat untuk terus mengasah kemampuan dalam berjualan di Ebay khususnya dan berjualan di Pasar Luar Negeri umumnya. Apabila postingan ini dirasakan bermanfaat silahkan untuk dishare sebanyak-banyaknya. Keep Learning and Sharing  
 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Mau tanya donk. Saya pemula banget, mau jual koleksi kartu basket saya di ebay. sudah buat akun ebay dan paypal, di paypal sy hanya daftarkan no rek mandiri dan tidak punya kartu kredit. apakah saya tetap bisa jual barang di ebay menggunakan metode pembayaran paypal? jika memang bisa, nanti metode nya bgmn? apakah fee ebay dan paypal akan otomatis sudah dipotong dari total uang yang saya terima? mohon pencerahannya. tks

Balas

maaf baru kebaca mas, untuk jualan di ebay, syaratnya payoal harus veripied, dulu ada juga cara veripiednya pake debit card, tapi entah sekarang bisa atau ggak, tapi kalau status akun paypal sudah veripied berarti mas udah bisa jualan di ebay. Nanti untuk jualan di ebay, memang harus diset auto paymentnya, untuk nanti ebay mengambil dana di paypal pada saat pembayaran fee ebay. Fee paypal langsung dipotong, sedang fee ebay ditagih bulan depannya.

Balas

Informasinya jelas tapi masih bingung soal pengiriman, kalau pilih shipping di ebay saat mau listing itu kan ada banyak pilihan seperti usps first mail, usps priority dsb, itu yang bikin bingung, kalau pos pakai yang mana ya? Soalnya kalau cek tarif di pos indonesia tidak ada penjelasan, hanya muncul harga2 doank. Trus soal resi pengiriman juga dimana bisa kita masukan resi kalau di ebay?
Makasih kak.

Balas