16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadhan 2023 yang Pasti Laris

Masdinko.com - Anda ingin mencoba berjualan di bulan puasa 2023 ini ? Ya selain kental dengan kegiatan ibadah puasa, bulan puasa juga membuka peluang buat pelaku usaha buat menambah cuan dan meningkatkan keuntungan.

Namun seringkali kita kebingungan, usaha apa yang laris di bulan puasa tahun 2023 ini ? Supaya anda tidak merasa bingung dalam memilih jualan apa, pada artikel kali ini Masdinko akan tuliskan 16 Ide jualan di bulan puasa tahun 2023 yang pasti laris dan menguntungkan.

Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini

1. Menjual kebutuhan Ibadah


Bulan Ramadhan atau bulan puasa identik dengan meningkatnya kegiatan beribadah. Banyak kegiatan ibadah yang dilakukan di bulan puasa selain menjalankan puasa, diantaranya kegiatan pengajian, menjalankan sholat tarawih, kegiatan buka puasa bersama dan lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut memunculkan kebutuhan masyarakat akan peralatan atau perlengkapan ibadah seperti, sarung, peci, sajadah, mukena, baju muslim/muslimah, kitab Al-qur'an dan lainnya.

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Terbukti dari angka statistik dari google, dengan keyword pencarian "jualan mukena" menjelang bulan puasa mengalami kenaikan pencarian. Ini merupakan potensi yang bagus buat jualan alat ibadah di bulan puasa.

Strategi yang bisa dijalankan yaitu dengan promo dan diskon yang menarik atau dengan layanan plus seperti free ongkos kirim ataupun strategi lainnya. Potensi marketnya memang besar yaitu masyarakat yang beragama Islam, dari kalangan usia anak-anak sampai dewasa.

Bisa juga anda mendekati target market anda dengan berjualan di dekat mesjid atau pada saat ada kegiatan pengajian dan lainnya.  

2. Berjualan Busana Baju Muslim


Jualan baju muslim potensinya sangat besar pada saat bulan puasa. Biasanya, pembeli membeli baju muslim pada bulan puasa dengan maksud untuk digunakan pada saat lebaran atau idul fitri. Produk baju muslim yang banyak dicari yaitu pakaian hijab, tunik, rok, baju koko, celana kulot dan lainnya.

Target pasar busana muslim memang luas, berasal dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, baik laki-laki dan perempuan. Apabila modalnya terbatas, bisa difokuskan saja jualan baju muslim untuk umur tertentu, misalnya jual baju muslim anak, atau jual baju muslim perempuan saja.

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Banyaknya pembeli biasanya dibarengi dengan banyaknya penjual, namun jangan khawatir anda bisa melakukan berbagai cara agar jualan baju muslim laku, bisa dengan promo, diskon, dan jangan lupa informasikan jualan di media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook dan lainnya.

3. Jualan jilbab hijab dan aksesoris


Seringkali baju muslim yang dibeli konsumen tidak satu stel dengan jilbab atau kerudungnya, sehingga agar penampilan terlihat serasi antara baju dengan jilbab, pembeli akan membeli jilbab secara terpisah. Disinilah peluang bagi penjual jilbab dan juga aksesorisnya. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Pembeli biasanya akan mencocokan warna jilbab dengan baju atau pakaian yang sudah dibeli sebelumnya, sehingga terlihat klop dan serasi. Perbanyak koleksi jilbab dari sisi warna dan model misal jilbab segi empat, pashmina, segitiga, dan bergo. Ditambah dengan aksesorisnya seperti inner ciput, scrunchies, dan beberapa perhiasan seperti bros, gelang, kalung dan lainnya.

4. Bisnis Jualan Parcel dan Hampers


Hampers identiknya dengan mahar saat pernikahan ataupun sebagai hadiah pada momen-momen tertentu. Pada bulan puasa hampers juga laris seperti halnya parcel, karena memang dari dulu masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan saling mengirim bingkisan ke keluarga, rekan kerja, rekan bisnis, dan lainnya. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Hampers dan parcel hampir sama, hampers biasanya berisi hiasan dan uang atau bisa diganti dengan barang lainnya. Parcel pada umumnya berisi makanan kemasan atau makanan lainnya. Perbedaannya terlihat pada hiasan, kalau parcel dikemas secara sederhana, kalau hampers dari sisi tampilan lebih menarik.

5. Jualan makanan dan minuman berbuka puasa


Jualan makanan dan minuman di bulan puasa bisa dilakukan pada saat menjelang waktu berbuka puasa, dari mulai jam 3 sore sampai malam hari, karena pada pagi hari sampai siang hari biasanya penjual makanan dan minuman tidak diperbolehkan berjualan untuk menghormati orang berpuasa. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Makanan dan minuman yang laris di bulan puasa yaitu makanan besar (nasi dan lauk pauk/sayur), gorengan, cemilan, minuman es, minuman jus buah, dan lainnya. Cara berjualan nya pun mudah, bisa dilakukan di tempat ramai yang banyak dilalui masyarakat, misal di pinggir jalan atau di taman umum yang banyak dikunjungi masyarakat.

Bisa juga dengan mengiklankan produk makanan atau minuman di platform whatsapp, instagram, facebook dan lainnya dengan menggunakan jasa kirim ojek online atau kita kirim sendiri ke pembeli.

6. Jualan Kembang Api


Menyalakan kembang api sejak dulu memang sudah menjadi tradisi pada saat bulan puasa dan idul fitri. Biasanya kalangan anak-anak dan remaja masih bermain kembang api. Jualan kembang api laris apabila berjualan di tempat ramai dan banyak anak-anak dan remaja. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Namun untuk berjualan kembang api ini mengingat ada beberapa jenis kembang api yang mungkin bisa mencelakai orang lain, maka sebaiknya mendapatkan ijin dahulu dari pihak keamanan (polisi) agar tidak mendapatkan kesulitan.

7. Jualan kue lebaran


Kue lebaran mengalami peningkatan permintaan pada saat bulan puasa dan akan dikonsumsi pada saat lebaran atau idul fitri pada saat berkumpul bersama keluarga. Seringkali masyarakat juga saling berkirim kue lebaran kepada kerabat keluarga, rekan kerja, rekan bisnis dan lainnya.  

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Buat ibu-ibu yang suka membuat kue bisa memanfaatkan momen ini buat mendapat uang dan cuan untuk tambahan penghasilan di bulan puasa. Kue yang bisa dijual berupa kue kering untuk masa konsumsi yang lama. Apabila untuk konsumsi waktu pendek bisa juga jualan kue basah pada saat menjelang berbuka puasa.

8. Jualan toples kue


Permintaan toples kue pada saat puasa menjelang lebaran mengalami peningkatan, karena akan digunakan untuk menaruh kue atau makanan kering yang akan disajikan pada saat lebaran. Banyak toples-toples yang cantik dan harga yang miring yang tersedia di pasaran saat ini. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Jualan toples kue ini memiliki target yang spesifik yaitu dari kalangan ibu rumah tangga, sehingga strategi menjual toples kue ini bisa dilakukan dengan menjualnya di pasar yang banyak dikunjungi oleh kalangan ibu rumah tangga.

9. Jualan katering makan


Anda memiliki kemampuan masak yang baik ? berjualan katering makan bisa menjadi kegiatan anda untuk mendapatkan cuan dan uang sebagai tambahan penghasilan di bulan puasa ini. Faktor utama dari larisnya katering makanan yaitu dari harga yang terjangkau dan rasanya yang enak.

Untuk menentukan range harga katering makanan anda sebaiknya menganalisa dahulu target konsumen anda, misal apabila target nya untuk komplek perumahan, kira-kira dari kalangan mana penghuni di kompleks tersebut, apakah kalangan bawah-menengah. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Agar lebih laris buat akun warung anda di goo food, grab food dan aplikasi ojek online lainnya, karena masyarakat saat ini lebih memilih membeli makanan dengan cara praktis, tidak perlu keluar rumah dan makanan dikirim ke rumahnya. Fokuskan pada menu yang banyak dibeli oleh konsumen agar omset katering makanan meningkat .

10. Jualan buah-buahan


Pada bulan puasa, tubuh akan membutuhkan asupan makanan yang bergizi agar kuat dalam menjalani ibadah puasa. Selain makanan besar seperti nasi dan lauk pauknya, tubuh manusia juga membutuhkan asupan buah-buahan yang memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan pada tubuh manusia. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Berjualan buah-buahan yang dibutuhkan pada saat bulan puasa, menjadi ide bisnis jualan yang menarik pada bulan puasa. Sesuaikan dengan kemampuan modal anda dalam berjual buah-buahan. Pilih buah-buahan yang permintaannya memang tinggi pada saat bulan puasa. Buah kurma salah satunya. Buah lainnya bisa disesuaikan dengan musimnya misal buah rambutan, buah lengkeng, jambu kristal dan lainnya.

11. Jualan Frozen Food atau makanan beku


Frozen food menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin menyajikanan makanan buka puasa secara praktis dan dalam kondisi yang masih panas, baik dengan digoreng maupun di kukus.

Jualan frozen food di bulan puasa sangat membantu pembeli yang tidak memiliki skill masak, atau tidak memiliki waktu memasak, dan lebih praktis dalam membuat atau menghidangkannya. Modal yang dibutuhkan yaitu Alat pendingin atau freezer dan tinggal diisi saja dengan produk frozen foodnya. Lebih praktis kan ?

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Pilih frozen food yang sedang tren saat ini, seperti dimsum, sosis, nugget, ayam beku dan lainnya. Genjot pemasaran dengan diiklankan di berbagai platform media sosial dan buka toko grab food ataupun gofood.

12. Jualan bumbu siap saji


Anda pernah melihat video di youtube yang jualan bumbu masak dan laris sekali ? ya bumbu masak alami namun dikemas dalam kemasan yang kecil-kecil seperti bumbu masak sop, tongseng, rawon, semur, rendang, gulai, opor dan lainnya.

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Ada juga yang dikemas dalam kemasan yang lebih higienis sehingga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Bahannya yang alami dan hanya mengalami proses dihaluskan dan diracik, sehingga kandungannya sehat bagi tubuh.

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin mudah memasak masakan dan juga sehat bumbu siap saji ini sangat cocok untuk dikonsumsi.

13. Jualan makanan cemilan/snack


Jualan makanan cemilan juga cocok di bulan puasa. Biasanya setelah sholat tarawih untuk mengisi waktu pada malam hari, biasanya mengobrol sambil memakan cemilan merupakan momen yang nikmat. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Cemilan bisa dijual kapan saja karena bukan termasuk makan besar (nasi dan lauk pauk), sehingga bisa dijual kapan saja. Bisa ditingkatkan penjualannya dengan broadcast di media sosial seperti facebook, whatsapp dan instagram.

Contoh cemilan atau kudapan yang laris dibeli konsumen yaitu keripik siang, kuping gajah, stik balado, makaroni goreng dan lainnya.

14. Jualan takjil puasa


Makanan Takjil puasa memang identik dengan bulan Ramadhan. Menjelang berbuka puasa banyak kita lihat penjual makanan takjil. Makanan takjil ini biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa sebelum makan nasi dan lauk pauk. Sebagian orang ada yang makan nasi dan lauk nya agak malam dan untuk membatalkan puasa mereka makan takjil yang berupa makanan seperti bubur mutiara, jenang grendul, aneka kue dan minuman es.     

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Potensi inilah yang membuat jualan takjil puasa sangat menarik. Namun perlu diingat makanan takjil biasanya mengandung santan yang sifatnya tidak tahan lama dan mudah basi sehingga harus bisa memperhitungkan jumlah jualannya.

15. Jualan Macam-macam Gorengan


Produk makanan berupa gorengan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Pada bulan puasa permintaan pembeli akan produk gorengan ini akan meningkat karena seringkali dijadikan sebagai lauk pauk makan nasi atau sekedar untuk cemilan juga. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Modal jualan gorengan memang tidak terlalu susah yaitu peralatan masak, kompor gas dan tabung gas, serta tepung/terigu sebagai bahan dan adonan untuk membuat gorengan. Contoh produk gorengan yaitu bakwan/bala-bala, gorengan tempe, molen, cireng, gehu, pisang goreng dan lainnya.  
 

16. Jualan Anyaman cangkang ketupat


Bisnis anyaman cangkang ketupat muncul pada bulan puasa terutama menjelang lebaran atau idul fitri. Makanan lontong atau ketupat sayur dan opor yang telah menjadi ciri khas dalam merayakan lebaran menjadikan musim berjualan anyaman cangkang ketupat.

Bahan untuk membuatnya tersedia di alam yaitu dari daun kelapa muda atau disebut janur. Namun tidak semua orang bisa membuat sendiri menganyam cangkang ketupat. Hal ini menjadi peluang emas bagi pengrajin cangkang ketupat untuk menghasilkan cuan menjelang idul fitri. Lokasi strategis untuk berjualan produk ini yaitu di pasar dan di pinggir jalan raya. 

16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadahan 2023 yang Pasti Laris

Biasanya penjual eceran menjual dengan cara dipaketkan, misal 1 ikat berisi 4 cangkat ketupat, sehingga keuntungannya bisa lebih banyak dibanding menjual dengan cara satuan.  

Itulah 16 rekomendasi ide jualan di bulan puasa Ramadhan tahun 2023 yang pasti laris dan menguntungkan. Yang paling penting dalam menjalankan jualan yaitu action atau tindakan. Apabila sudah memiliki ide usaha langsung saja dikerjakan sambil dipelajari kelebihan dan kekurangannya, Insyaa Allah apabila tekun, rajin, berusaha keras dan berdoa kepada Tuhan usaha yang dibuat akan berkembang dengan baik.

Demikian artikel 16 ide jualan di bulan puasa Ramadhan, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

4 comments for " 16 Ide Jualan di Bulan Puasa Ramadhan 2023 yang Pasti Laris "

  1. Parboaboa adalah sebuah perusahaan media di Indonesia yang berfokus pada penyediaan berita dan informasi melalui platform digital. Perusahaan ini memulai operasinya sebagai portal berita online pertama di Indonesia. Saat ini, Parboaboa memiliki berbagai jenis platform digital seperti website, aplikasi mobile, dan media sosial yang menyediakan berita, informasi, dan konten lainnya dalam berbagai kategori seperti politik, bisnis, teknologi, hiburan, olahraga, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  2. Ahlan wa sahlan adalah ungkapan sambutan yang populer dan memiliki makna mendalam di dalam budaya Arab. Konsep ungkapan ini sangat penting karena menekankan pentingnya adab sopan santun dan keramahan.

    Secara harfiah, ahlan wa sahlan dapat diterjemahkan sebagai "keluarga dan teman-teman" atau "keluarga dan tamu". Namun, karena sering digunakan untuk menyambut kedatangan seseorang, pemahaman umum adalah ahlan wa sahlan artinya "selamat datang".

    ReplyDelete
  3. Surat Al Waqiah dianggap sebagai surat yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Setiap umat muslim yang mengkhatamkan Al-Quran dengan membaca Surat Al Waqiah setiap malam, diyakini akan membawa banyak manfaat, di antaranya keberkahan rezeki dan perlindungan dari kesulitan hidup.

    ReplyDelete
  4. Qalqalah adalah salah satu hukum tajwid dalam membaca Al-Quran. Qalqalah terdiri dari dua jenis, yaitu qalqalah sugra dan qalqalah kubra.

    ReplyDelete

Post a Comment