Cara Berjualan di Ebay dengan Sistem Dropship dari USA

Masdinko.com- Berjualan ke pasar luar negeri dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan penjualan produk, karena pasar dalam negeri khususnya di marketplace online lokal seperti tokopedia, shopee, lazada dan lainnya sudah terasa jenuh karena tajamnya persaingan harga diantara seller dan juga meningkatnya biaya (fee) dari layanan premium yang disediakan marketplace, sehingga menggerus keuntungan dari para seller.

Pasar luar negeri memang luas karena lintas negara, namun apabila ingin mencoba meraih market di luar negeri sebaiknya memilih tempat yang cocok atau marketplace yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat berjualan. Berjualan di marketplace luar negeri bisa dipilih sebagai solusi terutama bagi pelaku usaha yang tidak memiliki sumber daya untuk membuat website sendiri beserta sistem penjualannya.

Cara Berjualan di Ebay dengan Sistem Dropship dari USA

Berjualan di marketplace online luar negeri lebih praktis karena ekosistem bisnis dan aturan mainnya sudah terbentuk dengan baik. Salah satu marketplace yang bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha yaitu marketplace Ebay. Ebay didirikan tahun 1995 oleh Pierre Omidyar dan menjadi salah satu marketplace online tertua di dunia.

Perjalanan bisnis yang panjang membuat Ebay membuka beberapa cabang di berbagai negara, jutaan seller dan buyer di dunia sudah merasakan manfaat dari hadirnya Ebay. Cara bertransaksi yang sangat mudah, dengan didukung alat pembayaran yang bisa diterima di berbagai negara membuat banyak seller yang ingin bergabung sebagai seller di ebay.

Pada artikel kali ini, bahasan akan Masdinko persempit yaitu membahas mengenai bagaimana caranya berjualan di ebay dengan sistem dropship dari USA. Sistem dropship di Ebay bisa digambarkan sebagai berikut :

  1. Saya memiliki akun di Ebay dan sudah saya daftarkan sebagai seller atau penjual di Ebay.

  2. Target pemasaran atau target pembelinya yang berasal dari USA, dan supaya proses pengiriman cepat sampai ke pembeli maka saya mencari supplier yang membuka layanan dropship.

  3. Saya bersepakat dengan supplier mengenai produknya, pembayarannya, pengirimannya dan lainnya.

  4. Saya tampilkan produk supplier di akun seller Ebay saya, apabila terjadi transaksi saya order ke supplier dan membayar harga produk plus ongkos kirimnya. Kemudian supplier akan memproses dan mengirim produk yang saya pesan ke alamat pembeli.

Seperti itulah skema apabila berjualan di ebay dengan cara dropship dari USA. Cara berjualan dengan dropship dari USA langsung saya terapkan pada store saya sampai saat ini  dan efeknya bagus sekali, pengiriman barang cepat, feedback bertambah signifikan karena pembeli dari USA merasa puas dalam kurang dari 5 hari sudah menerima pesanannya.

Namun untuk mencapai posisi seperti ini, memang membutuhkan proses dan waktu. Memilih supplier yang amanah menjadi faktor penentu dalam berjualan dengan sistem dropship USA ini. Karena apa, pada saat kita akan memesan produk yang dibeli oleh buyer, tentunya kita harus membayar dulu produk tersebut, dan hal ini beresiko tinggi terhadap kita apabila supplier tidak amanah.

Akibatnya akan fatal apabila supplier dropship tidak amanah, uang yang dibayarkan kepada supplier dilarikan, produk tidak dikirimkan, buyer komplain karena barang tidak dikirim dan akhirnya buyer akan meminta uangnya kembali, dan kita akhirnya akan mengalami kerugian financial yang besar apabila pesanannya dalam jumlah banyak.

Untuk menghindari hal tersebut di atas, sebaiknya bicarakan dengan supplier untuk cara bertransak sinya, yaitu kita membayar supplier apabila telah muncul tracking number atau resi. Dan cara ini menjadi win-win solution bagi dropshiper dan suppliernya, sehingga tidak terjadi salah satu pihak dirugikan akibat salah satu pihak yang tidak amanah.

Hal ini pula yang saya terapkan saat ini untuk berjualan di ebay dengan sistem dropship dari USA, beberapa case yang muncul akibat komplain pembeli dapat diselesaikan secara baik, semua pihak senang, baik buyer, seller, maupun supplier.

Untuk mencari supplier yang menyediakan layanan dropship USA untuk ebay bisa anda jelajahi berbagai grup diskusi Ebay Indonesia maupun di luar Indonesia, yang terpenting anda pastikan aturan main antara dropshiper dan supplier berjalan seimbang, dan tidak ada satu pihak yang dirugikan.

Bagi yang berminat untuk berjualan di Ebay mulailah dengan mencoba membuat akun ebay sendiri, membaca referensi di blog maupun di youtube, dan bersabar dalam berjualan di Ebay, karena prosesnya tidaklah instan seperti halnya berjualan di marketplace online lokal.     

Demikian artikel mengenai cara berjualan di Ebay dengan sistem dropship dari USA asli berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  

Post a Comment for "Cara Berjualan di Ebay dengan Sistem Dropship dari USA"