Cara Atasi Error Epson L5290 : Waste ink Pad Full dan Service Required

Masdinko.com-Pada tahun 2021 Epson merilis beberapa type terbaru printernya, salah satu diantaranya yaitu Epson L5290. Printer dengan merk Epson sudah populer di kalangan pengguna, terutama untuk segmen pasar kalangan menengah yang diisi pengguna personal, pelajar/mahasiswa dan sebagian perkantoran. Kemampuan yang handal dalam mencetak, kemudahan mengisi tinta dengan sistem ink tank serta harga yang terjangkau menjadi kelebihan Epson pada kalangan menengah ini.

Namun selain merilis produk printer untuk segmen pasar menengah, Epson juga merilis printer di atas kalangan menengah yaitu printer Epson L5290. Printer Epson L5290 dibandrol sekitar Rp. 4.8 Juta (saat artikel ini ditulis). Harga yang dibandrol memang sebanding dengan fitur yang disediakan.

Fitur-fitur Epson L5290 diantaranya :


1. Multi fungsi Printer atau All in One

Artinya dengan satu perangkat printer, pengguna dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti fungsi mencetak, fungsi memindai dokumen, fungsi fotocopy dokumen (menggandakan dokumen), dapat digunakan sebagai mesin FAX dengan tambahan fitur ADF dan juga dilengkapi dengan wifi, sehingga dapat mencetak secara nirkabel (tanpa kabel).

2. Menggunakan Ink Tank/Eco Tank
Untuk type L Epson sudah melengkapi produknya dengan Ink Tank, sehingga pengguna dapat lebih mudah dalam menambahkan tinta yang habis. Manfaat lain dari adanya ink tank yaitu lebih leluasa dalam mencetak dokumen, karena apabila tinta terlihat mau habis, pengguna dengan mudah dapat menambahkannya sehingga kegiatan mencetak tidak terhambat.

3. Free Heat Technology
Dengan teknologi ini printer Epson dapat mendeteksi suhu berlebihan dan menurunkan suhu secara otomatis, sehingga printer tetap dapat bekerja dengan stabil sesuai dengan suhu printer.

4. Mobile Printer
Dapat mencetak secara langsung melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi iPrint dari Epson. Jadi dokumen/gambar yang ingin pengguna tidak perlu dipindah ke flash disk atau komputer namun langsung bisa dicetak menggunakan smartphone tersebut.

Selain keunggulan tersebut di atas, tidak menutup kemungkinan pengguna pernah mengalami error pada printer Epson L5290. Karena selalu ada peluang pada suatu perangkat terjadi kerusakan atau error. Salah satu error atau kerusakan yang terjadi pada Epson L5290 yaitu error waste ink pad penuh atau service required pada Epson L5290.

Cara Atasi Error Epson L5290 : Waste ink Pad Full dan Service Required

Sebenarnya waste ink pad penuh atau service required yang muncul pada saat printer epson L5290 tidak bisa digunakan bukanlah error atau rusak. Hal ini terjadi karena memang pada printer epson sudah terpasang chip sensor yang menghitung sudah berapa persen penggunaan printer epson nya.

Apabila kinerja sudah sudah tercapai 100% dengan poin yang sudah ditentukan oleh pabrikan epson, maka yang terjadi adalah printer berhenti bekerja dan muncul notifikasi di layar "service required" dengan ciri pada lampu indikator tinta berkedip-kedip.

Kalau terjadi hal seperti ini, pengguna bisa melakukan 2 cara. Cara pertama yaitu dengan cara manual.

  1. Langkah awal, silakan cabut dulu kabel power selama kurang lebih 5 menit
  2. Setelah itu lanjut pasang kembali
  3. Kemudian coba tekan tombol power, dan tekan juga tombol resume (logo tinta) pada printer Epson L5290
  4. Tahan tombolnya selama 5 detik, kemudian lepas jika sudah
  5. Setelah itu tekan dan tahan lagi tombol yang sama selama 3 detik, lalu lepaskan
  6. Biarkan printer selama beberapa saat, kalau proses reset sukses, maka masalah pada printer akan normal kembali.  

Apabila cara ini tidak berhasil, anda harus melakukan cara ke 2 yaitu menggunakan software resetter Epson L5290 atau Adjustment program Epson L5290. Kami akan bagikan secara gratis software resetter Epson L5290 secara gratis tanpa bayar, di akhir postingan ini.

Cara mereset Epson L5290

  1. Printer sudah hidup dan tersambung ke komputer
  2. Buka folder resetter epson L5290 kemudian klik AdjProg.exe
  3. Klik Accept
  4. Klik Select
  5. Pilih Type Printer Epson L5290 dan Port USB yang digunakan
  6. Klik Particular Adjusment Mode
  7. Klik Waste ink Pad Counter
  8. Klik/ceklis Mainpad counter, Platen Pad Counter dan Ink System Pad Counter
  9. Klik Check akan muncul nilai / point nya
  10. Klik Initialize, nilai akan kembali menjadi 0
  11. Matikan Printer
  12. Kemudian Hidupkan lagi
  13. Printer sudah direset dan dapat digunakan kembali


Untuk software resetter epson L5290 silahkan klik link di bawah ini :

Download software resetter Epson L5290 Free Gratis  


Demikian cara mengatasi error waste ink pad full atau service required pada printer Epson L5290 terbaru. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.     

Post a Comment for "Cara Atasi Error Epson L5290 : Waste ink Pad Full dan Service Required "