Tutorial Mengatasi Waste Ink Pad Penuh dan Service Required Printer Epson L121

Masdinko.com-Sekilas mengenai printer epson L121, menggunakan fitur EcoTank, printer tangki tinta 4 warna dengan ukuran A4 yang menggabungkan teknologi printhead Micro Piezo Epson, Epson Heat-Free Technology (Teknologi Bebas Panas), dan tinta asli Epson, sehingga pengguna dapat mencetak dokumen berkualitas tinggi dengan biaya rendah. Dibandingkan dengan type sebelumnya, EcoTank L121 memiliki fitur kecepatan cetak lebih cepat dari 9ipm untuk hitam dan putih dan 4,8ipm untuk warna, sehingga memberikan produktivitas lebih baik.

Printer epson L121 bukan berjenis printer multi fungsi karena hanya memiliki fungsi untuk mencetak atau print saja, jadi diperuntukan bagi personal maupun perkantoran yang memang betul-betul membutuhkan perangkat printer untuk print saja.

Seperti yang pengguna printer epson ketahui, pada umumnya printer epson telah diseting dan memiliki pembatasan pencetakan. Bila telah mencapai nilai maksimalnya maka printer tidak dapat digunakan.

Selain itu pada printer epson terdapat bantalan atau busa khusus yang ditempatkan di media penampung pembuangan tinta, jadi saat nilai maksimal pencetakan sudah tercapai biasanya masa pakai bantalan tinta printer juga telah mencapai waktunya.

Apakah kita harus mengganti bantalan tersebut ? tidak juga, karena tanpa kita mengganti pun kita tetap dapat menggunakannya dengan cara mereset printer epson L121 melalui software adjustment saja, printer bisa berfungsi kembali. 

Namun apabila kondisi bantalan tinta dibiarkan, lama-lama akan penuh dan akan meluber keluar printer. Sebaiknya selain kita mereset printer epson L121, kita juga membersihkan bantalan tinta tersebut. Namun karena harus membuka printer sebaiknya dilakukan oleh profesional service printer.

Nah Apabila telah mencapai nilai maksimal yaitu 100% maka printer Epson L121 akan otomatis berhenti ditandai dengan lampu indikator tinta yang berkedip dan muncul notifikasi di layar "Service required".

Hal ini berfungsi sebagai pengingat atau reminder bahwa printer telah bekerja maksimal dan saatnya dilakukan maintenance atau perbaikan. Namun bagi pengguna printer epson yang printernya sangat dibutuhkan dalam bekerja, tentunya hal ini menjadi sumber kerepotan, apalagi untuk memperbaiki ke service printer pastinya membutuhkan biaya.

Agar printer dapat segera digunakan, salah satunya yaitu dengan menggunakan software adjustment printer epson L121. Biasanya untuk printer epson yang typenya masih terbilang baru, seringkali susah untuk mencari yang versi gratis. Kalau tidak ada yang membagikan secara gratis paling kita harus mengeluarkan dana untuk membelinya.

Namun sebelum kita mencari software adjustment epson L121, kita dapat juga melakukan reset epson L121 secara manual yaitu tanpa menggunakan software epson L121. Caranya sebagai berikut :

  • Lepas kabel daya (power) printer.
  • Jika sudah 3-5 menit silahkan pasang lagi kabel power tersebut.
  • Tekan tombol power untuk menyalakan produk.
  • Jika printer menyela penuh, segera tekan serta tahan tombol resumse untuk wakktu lima detik lalu lepas. Tekan dan tahan kembali tombol resume selama tiga detik kemudian lepaskan.
  • Tunggu beberapa menit sampai printer finish melakukan proses restart. Bukti berakhir proses tersebut ditandai dengan lampu indikator yang sudah tidak berkedip-kedip lagi.
  • Guna memastikan proses reset manual ini sukses, Anda bisa mengeceknya dengan mencetak satu atau dua dokumen.

Apabila menggunakan cara reset manual epson L121 tidak berhasil, langkah terakhir yaitu menggunakan software adjustment epson L121. Lalu bagaimana cara menjalankan software epson L121 apabila kita telah mendapatkan softwarenya? berikut cara mereset epson L121 secara mudah

  • Silahkan ekstrak file yang telah kamu download.
  • Klik dua kali di file Epson Adjusment Program. berikutnya tekan menu Select.
  • Pilih Epson L121 pada kolom model name yang ada.
  • Pada pilihan lain-lainnya misal port disarankan pilih aja pada Autoselection.
  • Klik OK.
  • Setelah itu lanjut dengan pilih  Particular Adjustment Mode.
  • Klik Waste ink pad counter pada tampilan menu yang muncul, kemudian klik OK.
  • Beri tanda ceklis pada “Main pad counter” dan “Platen pad counter”.
  • Apabila sudah selesai, kemudian klik Initialize  yang ada pada bagian bawah.
  • Tunggu proses yang berjalan sampai selesai.
  • Jika sudah berakhir, rata-rata pada layar laptop akan tampil tulisan “Please Turn Off and Turn On your printer” kemudian tekan OK.
  • Setelah prosedur di atas selesai, kemudian, silahkan  matikan dan nyalakan kembali printer.
  • Jika lampu sudah tidak berkedip-kedip lagi, berarti printer sudah berhasil di resetart, dan telah dapat digunakan kembali secara normal.

Demikian pengalaman sendiri menggunakan software adjustment epson L121 dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tutorial Mengatasi Waste Ink Pad Penuh dan Service Required Printer Epson L121 "