Cara Memperbaiki Error BLUE SCREEN IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Cara Memperbaiki Error BLUE SCREEN IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Cara Memperbaiki Error BLUE SCREEN IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL


Apakah komputer anda pernah mengalami error blue screen ? atau biasa disebut dengan BSoD atau Blue Screen Of Death. Gambaran error blue screen ini yaitu ketika saat komputer baik itu saat mau masuk ke windows maupun ketika windows sudah berjalan tiba-tiba tampilan layar komputer berwarna biru dengan berisi teks atau tulisan yang menginformasikan kode error yang terjadi dan penjelasan lainnya, dan tentu saja dalam Bahasa Inggris hehehe.

Sebelum share mengenai cara memperbaiki error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL yang saya alami, ternyata error blue screen windows ini bermacam-macam penyebabnya dan kode errornya juga bermacam-macam. Tiap kode error memberikan informasi awal mengenai penyebab dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi error blue screen tersebut. Tiap kode error memerlukan perlakuan yang berbeda. Jadi sebelum melakukan perbaikan, perhatikan dulu kode error blue screennya. Penyebab dari munculnya blue screen yaitu adanya masalah pada hardware komputer/laptop ataupun masalah dengan software driver komputer/laptop. Secara sederhananya error blue screen muncul saat windows bertemu dengan Error STOP yang mengakibatkan windows crash serta berhenti bekerja, dan kemudian windows akan melakukan restart, karena hanya itu yang bisa dilakukan oleh Windows.      

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing

Informasi mengenai beberapa kode blue screen lainnya, akan ditulis dalam artikel tersendiri, karena banyaknya informasi yang harus ditulis. Untuk artikel ini akan fokus kepada error blue screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL merupakan salah satu masalah Blue Screen of Death (BSoD) yang muncul disebabkan oleh kegagalan pemrosesan kernel windows atau software driver yang berusaha masuk ke dalam alamat memory namun gagal. Karena kegagalan ini komputer akan merestart sendiri. Penyebabnya bisa karena software driver yang corrupt, file database Windows yang error, dan ada kemungkinan hardware komputer yang error. Error seperti ini dapat terjadi pada berbagai versi Windows, baik windows XP, 7, 8, atau bahkan Windows 10. Dibanding error blue screen lainnya, error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ini lebih sulit diidentifikasi penyebab pastinya, karena komputer/laptop sendiri tidak menginformasikan secara jelas dimana permasalahannya dan bagian mana yang harus diperbaiki.

Namun meskipun komputer tidak menginformasikan secara jelas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah ini, diantaranya :
  1. Periksa Kompatibilitas Hardware
    Coba periksa hardware pada komputer, adakah hardware yang tidak cocok/tidak kompatibel dengan harware lainnya. Biasanya ini terjadi apabila kita menambahkan hardware baru pada komputer. Coba nonaktifkan atau matikan perangkat tersebut.

  2. Lepaskan semua perangkat USB pada komputer. Semua perangkat USB maksudnya, kabel printer USB Printer, Kabel Scanner, Kabel Kamera Webcam, Eksternal Hardisk, dan media flashdisk, terkecuali Mouse dan Keyboard USB.

  3. Periksa File Windows yang Corrupt
    File windows disini ditujukan pada file registry yang ada di Windows. untuk memeriksa apakah ada registry yang error, maka gunakan tool atau aplikasi untuk memeriksa registry windows yang error. Coba gunakan CC Cleaner, dapat didownload secara gratis.
  4. Perbaiki dengan aplikasi bawaan Windows.
    Dapat menggunakan Windows Diagnostic Tool dari CD Installer Windows. Caranya masuk ke menu Install Windows dan masuk ke Menu Repair Windows, nah disana ada beberapa pilihan untuk memperbaiki windows.

  5. Coba test perangkat RAM komputer dengan menggunakan software/aplikasi untuk mengetes RAM. Aplikasi ini bisa didapatkan di CD Hiren CD. Untuk mendapatkan Hiren CD dapat mendownload dari internet, jadikan file ISO dan burning ke CD atau DVD dan dapat pula dibuat bootable di flashdisk.
  6. Perbaiki dengan menjalankan Fragment Disk
    Defragment Disk ini terdapat di Windows dengan mengklik kanan Drive Hardisk anda >> Properties >> Tools, pilih Defragment Disk.
    Fungsi dari Defragment ini untuk menyusun secara rapih sector hardisk dan membersihkan sector file yang buruk.
  7. Hentikan Overclock
    Menghentikan Overclock yaitu tindakan untuk meningkatkan tingkat clock komponen hardware untuk membuat kinerja hardware meningkat secara penuh bahkan lebih tinggi dari yang didesain oleh manufakturnya. Overclock ini disetting di BIOS
  8. Instal Ulang Windows
    Install ulang Windows merupakan langkah terakhir yang dilakukan, setelah melakukan beberapa tindakan perbaikan sebelumnya. Apabila cara ini berhasil, menunjukan bahwa error yang terjadi berasal dari corruptnya file Windows dan tindakan yang dilakukan yaitu dengan Instal Ulang Windowsnya.
8 tindakan di atas tadi biasanya dilakukan untuk mengatasi error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL, namun apa yang saya alami sedikit berbeda, namun masih terkait dengan 8 solusi di atas.

Baca Juga : Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L

Permasalahan yang saya alami pada error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL yaitu Windows 7 tidak bisa masuk/loading ke system dan Restart terus. Bahkan untuk masuk ke SAFE MODE juga tidak bisa, karena komputer restart terus sebelum masuk ke systemnya. Beberapa cara di atas sudah dilakukan, beberapa hal yang dilakukan yaitu :
  1. Memeriksa hardisk dengan menggunakan tool hardisk dari Hiren CD, seperti MHDD, dan Hardisk Regenator. Ini dilakukan dengan asumsi ada error pada hardisk seperti bad sector, atau sector yang delaynya lama. Pada tes ini hardisk dalam keadaan Normal karena tidak ditemukan masalah di hardisk.

  2. Memeriksa Memori RAM
    Selanjutnya mencoba mengetes memori/RAM apakah ada kelainan atau error. Disini menggunakan software dari HirenCD juga yaitu Memtes+ (kalau tidak salah). Dari hasil akhir didapatkan Memori RAM dalam keadaan baik, karena seluruh tes dapat terlewati dengan baik oleh RAM.
  3. Sebenarnya masih penasaran dengan tes yang kedua, karena biasanya yang pernah saya jumpai, error seperti ini akibat RAM yang tidak normal. Namun untuk mengganti RAM dengan RAM yang lain tidak ada, maka akhirnya berasumsi mungkin ini ada masalah dengan Windowsnya. Akhirnya saya coba instal ulang Windows dengan memformat hardisknya dulu, dan ternyata pas mau masuk ke system (Install ulang belum selesai), Blue Screen muncul kembali. Padahal saat proses penginstalan tidak muncul satu error pun. Jadi error yang ini muncul saat mau masuk ke Windows.
  4. Alhamdulillah pada akhirnya penyebab dari error bluescreen ini ditemukan. Berawal dari asumsi error ini terjadi pada hardware, seperti vga, procesor, usb, lan dan lain-lain. Namun kalau untuk menggantinya pasti butuh biaya yang besar karena yang saya perbaiki ini berupa Laptop. Akhirnya saya coba masuk ke BIOS laptopnya dan saya cari setingan dari perangkat-perangkat tersebut. Beberapa setingan perangkat saya temukan di BIOS, pilihannya memang cuma 2, Enable dan Disable. Jadi saya Disable perangkat LAN, WIFI, USB, dan setingan procesor (core multi processing), bisa lihat pada gambar di bawah. Dan akhirnya setelah saya setting BIOS seperti tadi, bisa masuk ke System dan Install ulang sukses 100%.

Untuk mengetahu penyebab sebenarnya, saya Enable kan perangkat yang tadi saya Disable satu persatu. Dimulai dari USB, WIFI, LAN, dan core multi processing.
Akhirnya saya temukan masalahnya pada core multi processing. Setelah di-Enable-kan core multi processing blue screen muncul lagi, dan akhirnya di Disable lagi, blue screen tidak muncul. Memang dengan di-Disable core multi processing, kinerja prosesor sedikit berkurang, tapi yang terpenting laptop dapat digunakan kembali.

Demikian pengalaman saya dalam mengatasi error bluescreen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL, semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments