Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L

Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L

Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L


Dalam jajaran produk laptop, Asus termasuk brand yang disukai oleh pengguna laptop di Indonesia. Beberapa keunggulan teknologi Asus diantaranya model laptopnya yang menarik, praktis, tipis (slim) dan beragam pilihannya. Dari sisi harga juga masih terjangkau bagi kalangan masyarakat Indonesia.
Asus X455L merupakan salah satu type atau model laptop yang dimiliki Asus dengan bentuk fisik yang tipis/slim. Secara umum spesifikasi dari Asus X455L ini yaitu ditenagai dengan prosesor Intel Core i3 , dilengkapi dengan fitur-fitur seperti IceCool, Extended Battery Lifespan dan SonicMaster. Laptop ini dibekali juga dengan CPU Intel Core i3-4030U (1.9GHz), memori RAM 2GB serta HDD 500GB. Laptop ini juga menghadirkan fitur pemutar DVD.  Apabila kita sekilas melihat dari spesifikasinya Asus X455L ini cocok digunakan untuk personal yang aktif dan mobile.  Baca Juga :
Cara Mudah Membuka dan Memasang Keyboard Laptop HP 430/431


Untuk membuka keyboard pada Laptop Asus x455L ini terdapat sedikit perbedaan disebabkan bentuknya yang tipis/slim. Perbedaan lainnya yaitu baterai yang terletak di bagian dalam casing laptop. Namun untuk tahapan-tahapan lainnya hampir sama dengan type laptop lainnya.
Keyboard pada laptop ini terpasang pada rangka/dudukan laptop. Apabila keyboard belum pernah diganti, maka pengunci/kancing keyboard harus terlebih dahulu dibuka. Untuk lebih jelasnya, ikuti tahapan-tahapan dalam membuka keyboard Asus X455L ini. 
  
Seperti biasa persiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan untuk membuka keyboard laptop Asus X455L. Peralatan yang diperlukan yaitu :
  1. Obeng (+) digunakan untuk melepas baut cassing
  2. Obeng (-) untuk melepas pengunci keyboard
  3. Lem Tembak
  4. Keyboard pengganti yang baru (apabila keyboard lama rusak )

    Baca juga : Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43
Langkah awal lepaskan semua baut pada laptop menggunakan obeng (+). Buka juga tempat RAM    berada. Berdirikan laptop sebelah kanan, kemudian buka/cungkil casing bisa menggunakan kuku jari (kalau panjang) atau menggunakan dudukan Simcard Perdana atau kartu member yang kaku terbuat dari plastik kemudian berdirikan bagian belakang dan cungkil dengan cara yang sama. kemudian berdirikan bagian kiri dan cungkil dengan cara yang sama. 

youtube : digitalsolution.co.id

Buka area depan laptop/area keyboard, kemudian angkat casing sebelah kanan atas, bagian tengah dan bagian samping kiri menggunakan jari tangan atau dudukan SIMcard Perdana. Setelah terangkat, lihat dulu ke bagian dalamnya, ternyata ada kabel fleksibel keyboard dan kabel fleksibel touchpad. Copot dahulu kedua kabel tadi. Setelah keyboard terlepas, bisa dilihat terdapat plastik hitam yang melindungi rangka keyboard. Buka dahulu plastik hitamnya. Kita lihat terdapat kancing/pengunci keyboard yang berwarna hitam yang menempel pada rangka keyboard.

youtube : digitalsolution.co.id

Gunakan obeng gepeng/minus untuk melepaskan kancing-kancing hitam tersebut.Pekerjaan melepaskan kancing-kancing hitam ini memang memerlukan waktu karena jumlahnya yang banyak.
Setelah semua kancing dilepas, lalu pasanglah keyboard yang baru dan gunakan lem tembak untuk merekatkannya dan sebagai penguncinya.

youtube : digitalsolution.co.id

Setelah direkatkan/dikunci dengan lem tembak, pasang kembali keyboard baru laptop tersebut.  Untuk mengingatkan, pemasangan keyboard pada laptop ini harus rapih dan hati-hati, karena beberapa teman yang pernah memasang keyboard laptop ini, mengalami masalah lain yaitu masalah pada mainboard laptop. Jadi seperti ada konslet akibat pemasangan keyboard laptop yang tidak rapih yang berakibat pada matinya mainboard. Jadi berhati-hatilah dalam memasang keyboard laptop ini.

youtube : digitalsolution.co.id


Untuk pemasangan keyboard baru, urutannya kebalikan dari membuka keyboard, pasang keyboard pada tempatnya, pasang kembali kabel fleksibel touchpad dan keyboard pada soketnya. Pasang lagi casing laptop bagian keyboard dengan cara menekannya sampai terkunci kembali. Setelah casing laptop rapat, pasang kembali baut-baut laptop tadi seperti semula. Untuk mengetes keyboard baru yang terpasang, dapat mengecek dengan keyboard tester atau software sejenisnya.

youtube : digitalsolution.co.id

 
Demikian tutorial membuka keyboard laptop Asus X455L serta memasang keyboard baru Asus X455L. Semoga dapat bermanfaat. Keep Learning and Sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments