Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43


Salah satu perangkat pada laptop yang pada umumnya seringkali mengalami gangguan/kerusakan yaitu keyboard. Kerusakan yang biasanya muncul yaitu terjadi pada bagian tombol keyboard. Mungkin anda pernah juga mengalami hal demikian pada laptop anda. Ada yang tombol hutufnya ketika ditekan tidak keluar di layar, ada juga yang ketika menekan tombol, hurufnya ngetik sendiri di layar seperti ditekan padahal tidak, ada yang ketika kita tekan huruf tertentu yang keluar huruf lainnya (tidak sesuai dengan tombolnya). Ya itulah beberapa gngguan atau kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop. Lalu apakah gangguan tersebut bisa diperbaiki ? tergantung kasusnya. Namun dari beberapa laptop yang pernah ditangani, semuanya diganti dengan keyboard baru. Karena untuk memperbaiki suatu keyboard akan butuh waktu lebih lama dan khawatir malah akan menimbulkan masalah baru pada laptop.

Sebelum membeli keyboard yang baru untuk laptop, pastikan dahulu memang keyboardnya rusak/error. Pada beberapa kasus ada keyboard yang sepertinya rusak, misal menekan tombol tertentu tapi keluarnya huruf yang lain, namun setelah diteliti secara seksama, ternyata tombol Numlocknya aktif sehingga tombol yang ditekan akan keluar huruf/simbol yang lain. Karena laptop berukuran kecil jadi ada tipe keyboard yang menyatukan huruf dengan symbol dalam satu tombol, dan untuk mengaktifkannya hanya dengan menekan tombol numlock (misalnya). Dalam kasus ini bukan keyboard yang error melainkan setingan keyboard saja yang perlu dibetulkan.

Kemudian setelah memastikan bahwa keyboard laptop yang rusak, maka kita akan membuka keyboard yang lama dan menggantinya dengan keyboard baru. Pastikan keyboard yang baru sudah dibeli sesuai dengan tipe laptopnya. Cara membuka dan memasang keyboard juga beragam caranya tergantung dari merk dan type laptopnya.
Secara umum begini cara membuka keyboard laptop

  1. Ada yang langsung dari depan, dan mencongkel kunci-kuncinya pada tiap sisi keyboard menggunakan obeng gepeng tipis.
  2. Ada yang langsung dari depan, dan mencongkel kunci-kuncinya pada tiap sisi keyboard menggunakan obeng gepeng tipis dan di bagian belakang ada bautnya yang mengunci keyboard tersebut. Buka cover belakang dan biasanya ada penanda bahwa itu baut keyboard.
  3. Membuka cover bagian belakang laptop, dengan cara membuka semua baut-baur yang ada di bagian belakang. Terkadang ada type yang pada akhirnya harus membuka semua part laptop. Biasanya type-type yang slim yang seperti ini.

Sekarang kita lanjut ke bahasan sesuai tema artikel di atas yaitu cara memasang keyboard laptop Compaq Presario CQ43. Oh ya selain blogger, Masdinko kadang-kadang diminta sama teman untuk menservice komputer, salah satunya teman menyuruh untuk memeriksa laptop CQ43 nya. Setelah dianalisa part yang rusak/error yaitu pada bagian keyboardnya. Setelah dianalisa solusi yang harus diambil yaitu harus diganti, karena beberapa (lebih dari satu) tombol mengalami error tidak muncul/berfungsi ketika ditekan tombolnya.

Langkah pertama yaitu mencari part keyboardnya, untuk keyboard, karena type laptopnya banyak, sangat sulit untuk mencari penjual yang ready stock keyboard laptop, mungkin karena masih terbilang kota kecil, dan untuk memesannya harus ke Bandung atau Jakarta. Karena sudah terbiasa membeli di Tokopedia, akhirnya order ke salah satu penjual di Tokopedia. Harga untuk keyboard CQ43 bervariasi dari mulai 50.000 sampai dengan 80.000. Untuk mencari yang sama (original) seperti bawaannya cukup sulit kalaupun ada harganya lebih mahal. Akhirnya beli yang harga 65 ribu yang sesuai dengan typenya (ingat type/part harus support laptopnya).

Setelah 2 hari keyboard pesanan sudah sampai dan langsung dipasang. Sebelum memasang, buka dahulu keyboard yang lama. Cara membuka keyboard CQ43 ini yaitu dari arah depan dengan mencongkel kunci di tiap sisi dan membuka bautnya di belakang laptop.
Ingat! sebelum membuka keyboard, copot dahulu baterai laptopnya, apabila tidak dicopot khawatirnya laptop akan menyala dan menghindari konslet. Setelah mencopot baterainya, buka baut yang dekat batre, setelah itu coba lihat ada lubang baut yang ada gambar keyboardnya. Buka baut tersebut.

Setelah itu pindah ke bagian depan keyboard, congkel bagian kiri atas dengan menggunakan obeng lancip dan kemasan kartu Handphone Perdana atau kartu member dan sejenisnya. Kartu ini berguna untuk mengangkat saat dicongkel oleh obeng. Menggunakan kartu supaya tidak membuat goresan pada body laptop. Buka kunci selanjutnya di tiap sisi, tengah, dan pojok keyboard sampai keyboard bisa diangkat. Setelah terangkat, lepaskan kabel keyboard yang menempel, dengan mencongkel bagian penguncinya. Setelah keyboard dicopot kemudian pasang keyboard yang baru, pasang dahulu kabel keyboardnya, sesuaikan dengan pemasangan keyboard sebelumnya.

Masukan keyboard ke tempatnya dan tekan-tekan di tiap sisinya supaya keyboard terkunci. Kemudian pasang kembali kunci keyboard di belakang laptop untuk mengunci keyboard, kemudian pasang baut penutup cover laptop. Kemudian coba nyalakan laptopnya dan tes semua tombolnya apakah berfungsi. Setelah semua berfungsi berarti anda telah berhasil memasang keyboard compaq CQ43. Selamat !!

Demikian cara memasang keyboard compaq cq43. Semoga bermanfaat. Keep Learning and Sharing.                                
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments