Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Laptop

Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Laptop

Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Laptop


Komputer, laptop, tablet dan smartphone merupakan barang-barang yang sudah tidak asing lagi dan tentunya kita seringkali berinteraksi dengan salah satu barang tersebut di atas. Komputer dan laptop bermanfaat dalam menunjang dan atau bahkan menjadi alat utama dalam bekerja. Keduanya dapat meningkatkan kinerja dalam mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. Tidak terbayangkankan apabila di jaman sekarang kita masih mempergunakan mesin ketik manual, pasti akan diperlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Meskipun dengan teknologi canggih yang dibawa oleh 2 produk tersebut, bukan berarti produk tersebut dapat diporsir dan dipaksa kerja terus tanpa adanya perawatan dan pemeliharaan. Komputer dan laptop tetap memerlukan perawatan dan pemeliharaan agar dapat mempertahankan kinerja dan kecepatannya, bahkan sangat mungkin untuk ditingkatkan kinerja dan kecepatannya.

Baca Juga : Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan komputer dan laptop. Cara yang dilakukan dapat dari sisi hardwarenya (perangkat keras) maupun softwarenya (perangkat lunak/aplikasi). Meningkatkan kecepatan komputer dan laptop dari sisi harware dapat dilakukan dengan cara berikut :

  1. Untuk perawatan komputer desktop, lakukan pembersihan hardware dari kotoran dan debu. Buka casing komputer, kemudian bersihkan bagian mainboard, kipas procesor, kipas casing, kipas power suply. Pembersihan dari debu ini berfungsi untuk melancarkan kinerja kipas procesor sehingga fungsi mendinginkan processor dapat lebih optimal.
  2. Upgrade processor. Processor sebagai otaknya dari komputer memiliki pengaruh yang signifikan. Apabila dirasakan kecepatan prosesor kurang cepat, anda dapat mengupgrade procesornya (untuk komputer desktop). Kalau untuk laptop karena processornya menyatu dengan mainboardnya, upgrade prosesor dirasakan sulit dilakukan.  
  3. Penambahan perangkat RAM dapat meningkatkan kinerja komputer terutama dalam proses loading software dan multitasking. Penambahan RAM disesuikan dengan slot yang tersedia. Pastikan jenis RAM sesuai dengan slotnya.
  4. Penggantian Hardisk dengan kapasitas yang lebih besar. Apabila sisa penyimpanan di hardisk anda sudah kecil, dan file-filenya penting semua, sehingga tidak memungkinkan untuk dibuang/dihapus, itu tandanya kita harus membeli hardisk baru dengan kapasitas yang lebih besar. Di pasaran sendiri ukuran hardisk sudah sangat besar dengan satuan ukuran Terabyte (TB).
  5. Apabila anda sering mempergunakan software editing video atau game yang berat, untuk komputer desktop anda dapat mengganti vga dengan vga yang baru dengan ukuran yang lebih besar dari vga sebelumnya.

Meningkatkan kecepatan komputer dan laptop dari sisi hardware memang akan berpengaruh signifikan, namun diperlukan biaya yang tidak sedikit. Meningkatkan kecepatan komputer dari sisi software/sistem operasi terasa lebih murah karena tidak diperlukan biaya. Hanya diperlukan beberapa setingan tertentu pada software/sistem operasi tersebut.
Beberapa cara di bawah ini dapat dengan mudah kita lakukan, bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Yuk kita ikuti cara mudah mempercepat komputer/laptop dari sisi software

  1. Periksa ruang hardisk berapa sisa kapasitas hardisknya. Apabila sedikit lagi, coba hapus software-software yang tidak diperlukan. Cara menghapus software masuk ke Control Panel > Program > Uninstal Program. Hapus program yang tidak dibutuhkan.
  2. Selain menghapus atau meng-uninstall software, periksa juga file-file yang dihapus namun masih tersimpan di recycle bin. File yang dihapus ini tersimpan di recycle bin karena menghapusnya tidak secara permanen. Cara menghapus tidak permanen hanya dengan menekan tombol "delete" atau klik kanan mouse "delete", file tersebut dihapus namun masih tersimpan di Recycle Bin. Untuk mengosongkan Recycle Bin, masuk ke desktop/layar, disana ada ikon Recycle Bin, klik kanan dan "Empty Recycle Bin". Namun perlu diingat, setelah Recycle Bin dikosongkan, file yang ada di dalamnya tidak dapat direstore lagi, jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum mengosongkan Recycle Bin.
  3. Matikan startup yang tidak perlu. Startup aktif pada saat Windows loading, program yang dicentang/diceklist aktif akan dijalankan/run oleh Windows. Terkadang ada beberapa software yang setelah diinstal, software tersebut masuk ke startup juga, makin banyak startup yang aktif, makin banyak software yang dijalankan oleh Windows yang pada akhirnya akan memberatkan kinerja Windows. Yang membahayakan adalah apabila yang aktif di startup itu berupa virus atau malware. Ini yang harus dihapus sampai ke akarnya. Cara masuk ke startup yaitu klik tombol Win+R, lalu ketikan "msconfig", pilih tab Startup kemudian hilangkan ceklist (unchecklist) pada software yang tidak perlu.
  4. Komputer lemot dapat juga diakibatkan oleh aktifnya virus. Untuk memperbaikinya pasanglah antivirus atau remover untuk menghilangkan virus penyebab komputer lemot/lambat. Antivirus yang dipasang di komputer cukup 1 antivirus saja, apabila terlalu banyak, lebih dari 2 antivirus, akan memberatkan sistem operasi Windows.
  5. Perawatan/maintenance pada Diskdrive. Pada diskdrive/hardisk yang terdiri dari beberapa Drive, dimana tersimpan file-file sistem dan file-file data. Akibat menggunakan software biasanya akan tersimpan file-file temporary dari software yang dijalankan, untuk meringankan kinerja sistem,file-file temporary tersebut dapat dihapus menggunakan fitur Disc Cleanup yang disediakan oleh Windows. Caranya mudah sekali Klik Kanan Drive yang mau dibersihkan > Properties > Pilih Disc Cleanup.
  6. Selain Disc Cleanup ada lagi fitur untuk mempercepat komputer/laptop yaitu Disk Defragmentation. Dengan fitur ini data yang terfragmentasi akan disusun ulang secara rapih sehingga dapat meningkatkan performa komputer/laptop. Caranya mudah saja, Klik Kanan Drivenya > klik Properties > klik Tools . Klik Defragment Now. Pilih Analyze Disk untuk dianalisa/diperiksa dulu, atau pilih Defragment Disk untuk langsung mendefrag disk.
  7. Apabila komputer memiliki spesifikasi yang tidak tinggi, lebih baik hapus gadget-gadget yang terpasang di desktop komputer. Dihapusnya gadget tersebut akan meringankan beban sistem dan pada akhirnya dapat meningkatkan kecepatan komputer/laptop.
  8. Pergunakan software CCleaner untuk membersihkan registry windows. Software ini gratis dan ada versi portable. Selain fungsi menghapus registry banyak lagi fungsi software CCleaner seperti menghapus software, mengedit startup, dan lain-lain. 
  9. Mengoptimalkan setting effect visual. Apabila melihat tampilan di desktop, banyak terdapat effect visual yang ditampilkan seperti transparansi pada taskbar atau menu bar, hal ini akan berpengaruh juga pada resource komputer (procesor, RAM, VGA) yang akan terpakai untuk menghadirkan efek visual tadi. Untuk meningkatkan kinerja ada baiknya hal tersebut dihilangkan saja. Caranya yaitu :
  • Tekan keyboard Winkey+Pause
  • Klik Advanced system setting
  • Pada bagian Performance klik Setting
  • Pilih ceklist Adjust for best performance
  • Klik Ok

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara meningkatkan kecepatan komputer/laptop baik dari sisi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat. Keep Learning & Sharing !!    
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments