3 Contoh Pidato Sambutan Penerimaan Pengantin Pria Terbaru

3 Contoh Pidato Sambutan Penerimaan Pengantin Pria Terbaru

3 Contoh Pidato Sambutan Penerimaan Pengantin Pria Terbaru

Pernikahan merupakan hal yang sakral dan suci dan merupakan pintu masuk untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Dalam pelaksanaan pernikahan, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan secara matang, baik itu persiapan untuk acara inti/utama yaitu ijab kabul, maupun kegiatan pendukung lainnya. 

Berdasarkan aturan agama Islam, memang untuk pelaksanaan pernikahan terdapat syarat pernikahan dan rukun pernikahan yang harus dipenuhi oleh kedua mempelai dan pihak terkait dan itu inti dari pernikahan. Namun disamping itu terdapat acara/kegiatan tambahan di luar syarat dan rukun nikah berdasarkan aturan agama Islam. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki keragaman budaya di masyarakatnya yang telah turun temurun dijalankan oleh masyarakat.

baca : Contoh menyusun Anggaran Nikah 20 Jutaan

Salah satu acara tambahan dalam pernikahan yaitu prosesi penyerahan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. Dalam prosesi ini ada sesi dimana wakil dari keluarga calon pengantin pria memberikan pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita yang intinya mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya serta menyerahkan calon pengantin pria untuk dinikahkan dengan calon pengantin wanita. Kemudian wakil dari keluarga calon pengantin wanita akan memberikan pidato sambutan menerima calon pengantin pria beserta maksud dan tujuan kedatangan rombongan calon pengantin pria.     

Sebelumnya, masdinko telah membuat posting tentang contoh pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita. Biasanya wakil dari keluarga calon pengantin wanita juga akan memberikan pidato sambutan menerima pengantin pria. Dalam penyampaian pidato sambutan ini, wakil dari keluarga calon pengantin wanita harus dapat menyampaikan dan merespon maksud dan tujuan rombongan calon pengantin pria dengan lugas, jelas dan komunikatif.

Bagi yang sudah terbiasa menyampaikan pidato atau sambutan tentu tidak akan kesulitan dalam menjalankan tugasnya, namun bagi wakil yang ditunjuk secara mendadak, pastinya harus berpikir keras dan akan lebih baik apabila membuat poin-poin penting yang akan disampaikan secara tepat dan cepat.

Apabila mengalami kesulitan dalam mengkonsep apa yang akan disampaikan pada acara tersebut, beberapa contoh pidato sambutan penerimaan pengantin pria di bawah ini mungkin bisa sedikit membantu dalam menjalankan tugas anda sebagai wakil yang akan menyampaikan pidato sambutan penerimaan pengantin pria. Contoh-contoh pidato sambutan ini didapatkan dari berbagai website di internet dan contoh yang ditampilkan cuma 1 pidato sambutan, untuk contoh pidato sambutan lainnya dapat didownload pada link bagian  bawah.

-------------------------------------------------------

Contoh 1


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirotul kirom : para alim, para ustadz,
Yang saya hormati : Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara para hadirin
Wabil Husus : Shobil Bait, shohibul Hajah, Keluarga pengantin Putra/Putri Bapak ………… beserta keluarga

Salam sejahtera dan salam bahagia kami sampaikan juga kepada hadirin dan hadirat yang beragama lain.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur Alhamdulillah, atas nikmat dan rahmat-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahagia ini kita bisa mengadakan silaturahmi, khususnya dalam rangka ikut serta menyaksikan malam resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan putranda (nama mempelai pria).
Selanjutnya sholawat serta salam juga kita curahkan kepada Nabi Muhammad Sallallahualaihi wassalam, kepada keluarganya, kepada sahabatnya, dan kepada kita umatnya sampai akhir jaman. Aamiin.

Atas nama ayahanda putri tercinta (nama mempelai wanita), yang malam ini duduk berdampingan dengan sang raja sehari (nama mmpelai pria), kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, khususnya selamat datang kepada keluarga besar putra (nama mempelai pria). Semoga itikad baik saudara-saudara mendapatkan ganjaran yang setimpal dari Allah Subhanahu wata'ala. Aamiin.

Hadirin yang berbahagia,

Disaksikan hadirin yang malam ini ikut berbahagia menyaksikan perkawinan putra/putri kami berdua, kami atas nama bapak ...... sekeluarga, dengan seizin Allah Subhanahu wata'ala, Insya Allah dengan tulus menerima keluarga besar Bapak ........ sebagai keluarga sendiri, sekaligus juga tentunya menerima putranda (nama mempelai pria) sebagaimana layaknya putra sendiri. Mudah-mudahan hubungan keluarga ini mendapat berkah dari Allah Subhanahu wata'ala hingga di akhirat kelak. Aamiin.

Kepada putranda (nama mempelai pria), sebagai seorang suami tentunya sepenuhnya bertanggung jawab terhadap seorang istri. Oleh sebab itu kami serahkan nanda (nama mmpelai wanita) kepadamu, pergaulilah istrimu sebagaimana engku menggauli dirimu sendiri, kasihilah istrimu sebagaimana kamu mengasihi dirimu sendiri. Insya Allah hidupmu akan bahagia hingga akhir hayat di kandung badan. Amin!

Hadirin yang kami hormati, atas nama keluarga kami juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas ringan kaki, dan berbagai bantuan lainnya, dalam ikut serta berbahagia bersama kami, khususnya dalam rangka ikut mnyaksikan sekaligus memberikan doa restu semoga pengantin yang berbahagia ini senantiasa hidup rukun berdampingan penuh berkah dari Allah Subhanahu wata'ala, Tuhan Yang Maha Pemurah. Aamiin

Akhirnya, atas nama Bapak ..... sekeluarga kami mohon maaf, jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi malam ini.

Billahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

------------------------------------------------

Untuk contoh pidato sambutan penerimaan calon pengantin pria oleh wakil keluarga calon pengantin wanita lainnya, silahkan download disini.

Semoga contoh pidato sambutan penerimaan calon pengantin pria ini dapat bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments