5 Contoh Pidato Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria Terbaru

5 Contoh Pidato Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria Terbaru

5 Contoh Pidato Sambutan Penyerahan Calon Pengantin Pria Terbaru

Pernikahan merupakan momen istimewa yang dirasakan oleh mempelai pria, mempelai wanita, keluarga mempelai pria, keluarga mempelai wanita serta masyarakat di sekitarnya. Acara pernikahan di Indonesia terutama di masyarakat yang masih kuat rasa gotong royongnya merupakan acara bersama yang akan melibatkan personel masyarakat yang tidak sedikit. Dari mulai pekerjaan memasak di dapur sampai dengan pelaksanaan inti acara pernikahan.

Bagi keluarga calon pengantin pria memang tidak akan serepot keluarga calon pengantin perempuan. Pada umumnya di Indonesia perhelatan pernikahan akan dilaksanakan di kediaman keluarga calon pengantin perempuan, kecuali untuk beberapa daerah, ada yang berbeda. Bagi keluarga calon pengantin perempuan, banyak hal yang harus dipersiapkan terutama untuk menerima rombongan keluarga calon pengantin pria, tamu undangan, dan pelaksanaan inti pernikahan yaitu ijab-kabul calon pengantin.

Bagi keluarga calon pengantin pria, meskipun tidak sesibuk keluarga calon pengantin perempuan, namun tetap ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya yaitu menyiapkan perwakilan yang akan menyampaikan pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin perempuan. Acara ini dilangsungkan saat rombongan calon pengantin pria tiba di kediaman calon pengantin perempuan. Seremoni ini memang biasa dilakukan di berbagai acara pernikahan, dan ini merupakan hal yang baik.

baca juga : Tips menyusun anggaran Nikah 20 Jutaan

Menunjuk seorang perwakilan yang bisa berasal dari sesepuh (yang ditua kan), tokoh masyarakat, perangkat desa maupun dari kalangan keluarga sendiri. Tugas utamanya yaitu menyampaikan sambutan penyerahan pengantin pria yang berisi maksud dan tujuan keluarga calon pengantin pria ke kediaman calon pengantin perempuan. Memilih perwakilan pengantar sambutan ini sangat penting, dan sebaiknya pilih orang yang sudah biasa membawakan sambutan ini, memiliki tutur kata yang baik serta komunikatif sehingga maksud dan tujuan dapat disampaikan dengan baik.

Agar acara dapat berjalan dengan lancar, bagi pembawa pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria, sebaiknya dipersiapkan dahulu konsep atau materi yang akan disampaikan terutama bagi yang belum terbiasa membawakan pidato atau sambutan seperti ini. Beberapa  dapat dilihat disini dan dapat didownload serta diedit ulang, sehingga dapat disesuikan dengan kebutuhan. 5 contoh pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria ini disusun dalam bahasa Indonesia, karena lebih umum dan lebih mudah dipahami oleh semua.

Berikut beberapa contoh pidato sambutan penyerahan pengantin pria kepada keluarga calon pengantin perempuan dari berbagai sumber di internet.

Contoh 1 :


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yth. Bapak dan Ibu Orang Tua …………………..( Calon Mempelai Wanita )
Yth. Para Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Pini Sepuh…
  Hadirin dan hadirat yang berbahagia ….!

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT.
Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Dan hanya karena rahmat hidayah-Nyalah pada hari ini kita dapat berkumpul bersatu padu, bercengkrama bertatap muka dalam suatu acara yang Insya Alloh akan kita saksikan bersama yakni Acara Walimatunnikah antara Saudara …………………… dengan ……………………………..

Sholawat serta salam semoga selamanya terlimpuhcurahkan kepada Nabi terakhir yang terpilih, Rosul penutup yang termasyhur yakni Habibana Wanabiyyana Wamaulana Muhammad SAW. beserta para shohabatnya, kerabatnya, serta kepada seluruh umat yang selamanya taat kepada ajarannya sampai akhir zaman…

Bapak, Ibu, serta hadirin yang berbahagia…

Pada kesempatan ini saya atas nama keluarga Bapak ……………….. yang merupakan orang tua dari saudara ………………………………. terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, serta hadirin dan keluarga besar dari Bapak ………………………. apabila kedatangan kami beserta rombongan dari …………………………., dapat menggangu dan kurang berkenan di hati Bapak, Ibu serta hadirin selaku pribumi di sini. Apabila ada prilaku kami yang kurang sesuai dengan adat istiadat di sini mohon dimaafkan.

--------------------------------------

Contoh 2


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ibu-ibu, Bapak-bapak, yang kami hormati,
serta hadirin hadirat yang kami muliakan.

Pada kesempatan malam resepsi yang berbahagia ini, kami atas nama sohibul hajat, mengajak hadirin dan hadirat untuk bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga pada malam yang berbahgia ini kita bisa bersama-sama mengahadiri acara resepsi pernikahan ini, kepada Bapak/ibu ... sekeluarga khususnya dalam rangka melaksanakan resepsi atas nikahnya putri tercinta (nama mempelai wanita) dengan nanda menantu (nama mempelai pria).

Yang kedua, sudah sepantasnya kiranya kita memanjatkan puja dan puji kepada Allah, sekaligus memanjatkan doa semoga junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW mndapat tmpat yang paling mulia disisi-Nya. Amien...

Hadiri yang mulia, sebagaimana telah saya sebutkan tadi, bahwa pada saat yang berbahagia ini adalah malam resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan putra (nama mempelai pria), maka Alhamdulillah pernikahan tersebut secara resmi dilaksanakan pada hari ... dengan selamat.

--------------------------------------

Contoh 3


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi/siang/malam, salam sejahtera juga saya sampaikan kepada hadirin yang beragama lain selain islam.
 
-Kepada yang terhormat para alim ulama yang senanatiasa kami harap berkah do’a dan bimbingannya.
-Kepada para sesepuh pini sepuh yang senantiasa kami patuhi.
- Khususnya kepada shohibul hajjah bapak .... sekeluarga yang saya hormati.
- Kepada para hadirin yang dimulyakan Allah swt.

Sebelumnya, marilah kita menghanturkan puja puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan beribu kenikmatan kepada kita semua khususnya kenikmatan iman dan islam, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara serah terima calon pengantin pada kesempatan ini dalam keadaan sehat tanpa ada suatu halangan apapun.

Sholawat serta salam Allah SWT semoga tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman jahilliyah menuju zaman islam dan semoga kita menjadi umatnya yang mendapatkan syafa’atnya besok dihari kiamat.Amin.
Para hadiri yang terhormat saya disini selaku wakil atau wasilah dari bapak rosikhun sekeluarga menyampaikan bahwa beliau bapak rosikhun tidak dapat memberikan kata sambutan sendiri di hadapan para hadirin, karena rasa suka cita dan bahagia akan mendapat anugerah berupa pengantin ................ dan .......................
Dengan puji-pujian semoga bapak hamdi sekeluarga senantiasa mendapat limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Dan mendapatkan kebahagiaan.Amien
 Kedua kalinya saya bermaksud  untuk menyampaikan amanat dari bapak ................. guna menyerahkan calon pengantin putra yang bernama .................... dengan harapan semoga bisa dinikahkan dengan .......................... putri bapak .......................

--------------------------------------

Ketiga contoh pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin perempuan memang belum lengkap. Agar anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi/software Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan dapatkan file lengkapnya di bawah ini :

Download contoh 5 pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria.


Demikian contoh 5 pidato sambutan penyerahan calon pengantin pria, semoga yang kami informasikan dapat bermanfaat kepada semuanya. Terima kasih. Keep learning and sharing.         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments