Contoh Rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 Jutaan

Contoh Rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 Jutaan

Contoh Rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 Jutaan

Pernikahan merupakan impian bagi pasangan yang sudah bertunangan maupun yang belum bertunangan. Namun seringkali impian indah ini terhalang dan terhambat oleh masalah biaya pernikahan yang mahal. Biaya pernikahan yang mahal seringkali menjadi alasan pasangan muda-mudi untuk menunda pernikahan meskipun secara usia sudah cukup matang dan dewasa. Biaya nikah murah tentunya menjadi solusi bagi setiap pasangan yang ingin menikah, namun apakah benar pernikahan bisa dilangsungkan dengan biaya murah ? pertanyaan itu mungkin sering terdengar dari mereka.

Berdasarkan syarat dan rukun Nikah secara Agama Islam, sebenarnya tidak akan membuat biaya pernikahan menjadi mahal. Yang menjadikan biaya pernikahan mahal yaitu karena tuntutan budaya dan kebiasaan di masyarakat. Apabila merujuk kepada syari'at agama Islam, dikutip dari website muslim.or.id syarat sahnya pernikahan yaitu :
  1. Harus jelas nama atau sifat dari masing-masing pasangan yang akan menikah, ini berkaitan dengan identitas dari pengantin perempuan yang akan dinikahkan oleh walinya.
  2. Adanya sikap ridho dari laki-laki dan perempuan yang akan menikah untuk dapat menerima calon pasangannya masing-masing.
  3. Harus ada wali nikah bagi pengantin perempuan. Tidak boleh menikahkan seorang perempuan kecuali walinya. Syarat wali yaitu seorang laki-laki, baligh, berakal, merdeka, dan secara umum baik agamanya (bukan orang fasik)
  4. Harus ada dua orang saksi. Tidak sah akad nikah apabila tidak adanya dua orang saksi yang beragama Islam, baligh, dan secara umum baik agamanya (bukan orang fasik)
  5. Tidak adanya penghalang yang menghalangi sahnya pernikahan, baik dari nasab (yang tidak boleh dinikahi), saudara persusuan, perbedaan agama, dan sebab-sebab yang lainnya.
Untuk mencapai pernikahan yang sah secara syariat agama terdapat juga rukun nikah yang harus dipenuhi yaitu :
  1. Dua orang yang melakukan akad nikah, yaitu calon pasangan suami istri.
  2. Ijab, yaitu ucapan yang berasal dari wali nikah perempuan atau orang yang menggantikannya.
  3. Qobul, yaitu ucapan yang berasal dari pengantin laki-laki. Ijab harus terlebih dahulu dilakukan sebelum Qobul.
Untuk Mahar para ulama umumnya menyebutkan bahwa mahar bukan merupakan syarat sah nikah dan rukun nikah, mahar nikah dimasukan sebagai kewajiban suami terhadap istri seperti halnya kewajiban suami menafkahi istri setelah menikah, untuk menghindarkan dari anggapan pernikahan seperti jual-beli.

Dari informasi di atas, secara syari'at agama Islam pernikahan itu tidak sulit dan tidak mahal, namun memang kebiasaan, budaya dan terkadang obsesi pribadi  menjadikan biaya pernikahan menjadi mahal. Namun apabila keinginan pasangan untuk menikah kuat, pernikahan yang mahal bisa diatur-atur sehingga biayanya menjadi murah. Memang pastinya ada beberapa hal yang dihilangkan yang secara signifikan mengurangi biaya pernikahan. Lalu pernikahan dengan biaya murah itu berapa angkanya ? Ini tergantung dari kemampuan dan keinginan pasangan pengantin dan keluarganya. Namun apabila berkaca pada kondisi saat ini, rasanya angka 20 juta untuk biaya pernikahan itu sudah termasuk murah. Bisa juga lebih kecil dari itu namun pastinya banyak bagian penting yang harus dihilangkan atau dicoret. Pada posting kali ini, kami mencoba menginformasikan biaya nikah 20 jutaan. Hal ini berdasarkan pengalaman saudara dan juga melihat bahwa nilai 20 juta sepertinya masih dianggap murah. Mari kita simak tips biaya nikah murah dan contoh membuat rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 jutaan.

1. Tempat pernikahan dan resepsi di rumah


Salah satu komponen biaya yang besar yaitu sewa gedung resepsi. Kalau di tempat saya, itu berkisar Rp. 4 juta sampai 10 juta, tergantung tempatnya seperti apa yang mau disewa. Apabila diselenggarakan di rumah lumayan menghemat pengeluaran, pengeluaran untuk sewa tempat bisa dialihkan untuk sewa tenda hajatan di rumah.

2. Tidak menggunakan jasa catering makan


Menggunakan jasa catering makan pastinya membuat pos pengeluaran lebih tinggi. Jasa catering makan biasanya dihitung per porsi makan. Jadi harus cermat juga dalam memperkirakan undangan yang hadir. Sebagai pengganti jasa catering makan yaitu mengolah sendiri makanan hidangan tamu di rumah bersama dengan tetangga dan tukang masak dari sekitar rumah. Kelebihannya yaitu kita lebih leluasa dalam membuat masakan yang penting bahan untuk makanan tersedia. Biasanya pengeluaran untuk memasak sendiri di rumah dialokasikan pada tukang masak dan tukang nasi. Biasanya dua tugas ini khusus dilakukan oleh ahlinya dan ada tarifnya, sedangkan untuk yang membantu saja diambil dari partisipasi tetangga dan kerabat, dan tidak ada upah berbentuk uang, biasanya diganti dengan mengirim makanan saja. Lebih hemat kan?
Namun untuk penyajian makanan ini harus diperhatikan jangan sampai hidangan makanan habis saat tamu undangan masih ada yang datang, jadi perhitungannya lebih baik dilebihkan, kalaupun nanti ada sisa bisa dibagi-bagikan pada sanak saudara dan tetangga.

3. Selektif dalam memilih orang yang diundang


Memilih siapa saja yang diundang, akan berpengaruh dalam perhitungan anggaran biaya nikah, karena berkaitan dengan seberapa banyak makanan yang harus dihidangkan. Rumus secara umum biasanya apabila kita mengundang 100 orang, maka biaya hidangan makannya yaitu 100 orang dikali 2 dikali dengan biaya per porsi. Biaya per porsi merupakan biaya perkiraan harga 1 porsi makan. Jumlah undangan dikali 2 dengan asumsi bahwa yang diundang akan membawa setidaknya pasangannya atau mungkin anaknya. Jadi mengantisipasi supaya hidangan cukup untuk para undangan. Untuk menekan biaya jamuan makan ini kita selektif dalam memilih undangan terutama untuk kalangan teman biasa. Kalau untuk undangan saudara mungkin harus semua ya karena untuk menjaga silaturahmi dengan saudara dan kerabat.                           

4. Menghilangkan acara hiburan penyanyi/biduan


Biasanya acara hiburan berupa penyanyi dangdut ataupun musik nasid ada di saat resepsi pernikahan. Untuk menghemat pengeluaran acara hiburan dengan grup musik ataupun penyanyi langsung bisa diganti dengan lagu-lagu dalam bentuk cd/dvd/mp3. Yang terpenting acara pernikahan tidak sepi saja.

5. Sewa kamera foto saja 


Untuk mengabadikan momen pernikahan yang tentunya ingin sekali dalam seumur hidup biasanya menyewa jasa fotographer. Untuk jasa fotographer ini sekitar 2-3 juta tarifnya. Untuk menghemat bisa dengan menyewa kameranya saja dan meminta saudara atau kerabat untuk menjadi fotographernya, meskipun mungkin hasilnya tidak akan sebagus apabila menyewa jasa fotographer.

6. Tidak membagikan souvenir pernikahan


Biaya Souvenir pernikahan mungkin tidak sebesar biaya-biaya di atas, namun apabila dirasa bukan merupakan hal yang urgent atau perlu lebih baik ditiadakan, setidaknya ada penghematan pengeluaran. 

Demikian beberapa contoh biaya pernikahan di atas yang dapat diganti atau diotak-atik untuk menurunkan biaya pernikahan.
Alangkah baiknya untuk perhitungan secara terinci, biaya-biaya pernikahan dibuat dalam bentuk Rencana Anggaran Biaya (RAB), jadi nanti jelas terlihat biaya apa saja yang muncul dan yang bisa diturunkan.

Berikut ini kami akan berikan contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 jutaan yang mana merupakan pengalaman dari saudara kami yang melangsungkan pernikahan.

RAB NIkah 20 juta


Download RAB Nikah 20 jutaan (Excel)

Apabila dilihat di file excel, terlihat beberapa komponen biaya :

Sewa Sound System = untuk pengeras suara dan juga pemutaran lagu-lagu mp3 pengganti sewa artis hiburan

Tenda hajatan = karena diadakan di rumah maka harus ada tenda hajatan bagi tamu undangan

Rias pengantin = Mengambil paket yang paling murah, sudah termasuk foto (tanpa video), dekorasi pelaminan (tanpa panggung), dan sewa pakaian untuk pengantin dan orang tua.

Honor Tukang Masak dan Honor Tukang Masak Nasi = karena tidak menggunakan catering, tuan rumah membeli bahan masakan sendiri dan memberi honor tukang masak dan tukang masak nasi yang sudah terbiasa dan terlatih.

Pulsa PLN = karena tidak adanya panggung sehingga sound system ditenagai dengan listrik dari rumah, konsumsi listrik sound systemnya kecil.

Honor penghulu dan Yang mengaji = tergantung keikhlasan saja, terkadang jarak rumah penghulu dan lokasi hajatan jauh, sehingga diberi biaya transport.

Bingkisan Undangan = biasanya apabila ada tamu undangan yang menitipkan amplop dan tidak bisa hadir maka diberi bingkisan.

Belanja Bahan Masakan/Makanan = Pembelian bahan makanan untuk dimasak oleh tukang masak, besaran biaya ditentukan oleh jumlah porsi dan juga masakan apa yang dihidangkan. Perhitungan ini dengan asumsi jumlah tamu diundang 200 orang, menu utama makanan daging ayam dengan asumsi per porsi Rp. 20.000. Untuk anggaran ini perhitungannya :

Jumlah diundang x 2 x Biaya per porsi
= 200 orang x 2 x Rp. 20.000
= Rp. 8.000.000

Untuk antisipasi biaya Tidak terduga sediakan pos biaya tidak terduga.

Demikian contoh Rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pernikahan 20 jutaan. Pada prakteknya mungkin saja besaran biaya bisa bertambah dikarenakan perubahan harga dan lain-lain. Setidaknya dengan adanya RAB Nikah 20 juta ini akan tergambar pengeluaran-pengeluaran apa saja yang muncul dalam penyelenggaraan pernikahan. Semoga bagi pasangan yang akan menikah diberikan kecukupan rejeki sehingga dapat menunaikan sunah Rasulullah dan menyempurnakan agamanya. Keep learning and sharing.   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments