Berapa Biaya Admin Transaksi di ATM Antar Bank Yang Berbeda

Berapa Biaya Admin Transaksi di ATM Antar Bank Yang Berbeda

Berapa Biaya Admin Transaksi di ATM Antar Bank Yang Berbeda

Biaya Admin Transaksi di ATM Antar Bank Yang Berbeda

Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan solusi praktis dalam melakukan semua kebutuhan transaksi keuangan nasabah. Transaksi penarikan uang, pembayaran tagihan, transfer ke rekening bank yang sama, transfer ke rekening yang berbeda, pembelian online, bahkan untuk menabung atau menyetor uang bisa dilakukan di mesin ATM (mesin ATM tertentu).

Sebelum maraknya penggunaan kartu ATM, dulu saat mendaftar atau membuka rekening di bank, diberikan opsi atau pilihan, apakah mau dibuat kartu ATM atau tidak. Namun sekarang saat membuka rekening baru, bank akan langsung membuatkan Kartu ATM nya. Karena memang kecenderungannya masyarakat membutuhkan cara-cara yang cepat dan praktis dalam melakukan transaksi keuangan.

baca : Tips penting dalam membeli properti

Secara umum bank di Indonesia yang mengeluarkan produk kartu ATM, memiliki jaringan ATM masing-masing. Namun secara garis besar terdapat 2 jaringan besar ATM yang yang ada di Indonesia yaitu :

1. Jaringan ATM Bersama


Kalau anda lihat di kartu ATM anda terdapat logo Jaringan ATM Bersama artinya kartu ATM dapat digunakan pada mesin yang juga melayani jaringan ATM Bersama. Jaringan ATM Bersama merupakan jaringan ATM terbesar di Indonesia. Beranggotakan lebih dari 82 bank di Indonesia contohnya BRI, Bank Danamon, BNI, Bank Panin dan bank lainnya.

2. Jaringan ATM Prima


Jaringan ATM prima beranggotakan 57 bank di Indonesia, beberapa bank di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB Niaga dan bank lainnya.

Oleh karena perbedaan jaringan ATM yang dimiliki oleh suatu bank, apabila kita ingin melakukan transaksi keuangan di bank yang berbeda jaringan ATM nya maka nasabah akan dikenakan biaya administrasi. Untuk transaksi keuangan sesama bank atau bank yang sama biayanya Gratis.

Seringkali kita tidak memperhatikan berapa biaya administrasi apabila melakukan transaksi di mesin ATM yang berbeda bank. Namun terkadang kita sering kaget ketika melihat print out buku tabungan muncul biaya administrasi transaksi di mesin ATM. Atau kita terkadang kaget saat melihat saldo tabungan yang berkurang.

Baca juga : Tips mudah berjualan ekspor barang ke luar negeri kecil-kecilan

Untuk menghindari kekagetan tadi ada baiknya kita mengetahui berapa biaya transaksi di mesin ATM berbeda bank agar kita lebih tahu memilih mesin ATM yang mana dalam melakukan transaksi keuangan di mesin ATM.

Berikut informasinya.

1. Biaya transfer antar bank berbeda Rp. 7.500
2. Biaya cek saldo di mesin ATM bank yang berbeda Rp. 4.000
3. Biaya penarikan tunai di mesin ATM bank yang berbeda Rp. 7.500

Untuk transaksi lainnya yang menggunakan fasilitas internet banking yaitu :

1. Internet banking biaya transfer  BRI ke BCA, Mandiri, BNI, dll adalah  Rp 6.500
2. Internet banking biaya transfer dari BNI ke BRI, BCA, Mandiri, dll  adalah Rp 5.000
3. Transfer BNI ke BCA, BRI, Mandiri, dll melalui internet banking Mandiri adalah Rp 6.500.

Biaya admin di atas apabila dihubungkan dengan kemudahan dalam mengakses terlebih apabila kita sedang di daerah yang tidak ada mesin ATM bank yang sama, sangat pantas dengan biaya admin seperti itu. Yang terpenting ingatlah saldo tabungan apakah cukup untuk membayar biaya admin ATM tadi.

Semoga informasi mengenai biaya transaksi di ATM antar bank di atas dapat bermanfaat bagi semuanya. Saran kami, apabila anda berada di daerah yang mesin ATM bank yang sama tersedia, usahakan untuk bertransaksi di mesin ATM Bank yang sama. Apabila tidak mengetahui lokasinya coba cari dahulu di Google Map, dan cari ATM terdekat. Namun apabila anda dikejar waktu, kesibukan yang padat, dan ternyata tidak ada mesin ATM Bank yang sama, maka gunakan Mesin ATM bank yang lain, yang terpenting transaksi dapat dilakukan. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments