8 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

8 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

8 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Bisnis rumahan ibu rumah tangga sering kita jumpai di sekitar kita. Seorang ibu rumah tangga yang biasanya hanya mengurus aktivitas rumah tangga saja, namun ternyata tetap bisa juga menjalankan bisnis rumahan dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Rumah tangga zaman sekarang terkadang tidak bisa hanya mengandalkan seorang ayah sebagai pencari nafkah. Kebutuhan rumah tangga yang bertambah tiap tahunnya seringkali mendorong seorang ibu rumah tangga untuk turut membantu suami dalam mencari nafkah. Pilihan yang dapat dipilih seorang ibu rumah tangga yang ingin membantu suami menambah penghasilan keluarga yaitu dengan membuka bisnis rumahan. Bisnis rumahan dapat dikerjakan di rumah tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

baca juga : 9 Contoh usaha sampingan saat menjadi karyawan Perusahaan

Lalu bisnis rumahan apa sajakah yang bisa seorang ibu rumah tangga lakukan, namun tetap bisa menjalankan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Berikut beberapa ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan yang bisa anda pilih :

1. Penjualan Pulsa, Kuota Internet dan Pembayaran Online


Bisnis rumahan penjualan pulsa mudah untuk dilakukan. Berbekal sebuah handphone anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. Anda bisa mendaftar sebagai agen penjual pulsa ke provider penjual pulsa, atau ke counter hp yang menerima pendaftaran agen pulsa. Modal yang disediakan yaitu perangkat handphone dan saldo pulsa.
Untuk pembayaran online seperti pembelian token listrik, pembayaran cicilan, pembayaran langganan telepon, biasanya menggunakan sebuah smartphone yang dilengkapi aplikasi pembayaran online.

Bisnis ini cocok diterapkan di lingkungan yang penghuninya banyak mahasiswa, pekerja, pelajar atau kos-kosan. Apalagi kebutuhan kuota internet saat ini cukup tinggi dengan maraknya penggunaan social media seperti whatapps, facebook dan instagram.
  

2. Bisnis makanan


Bisnis makanan dapat berupa makanan besar seperti nasi dan lauk pauk maupun makanan berbentuk camilan atau makanan ringan. Bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak akan pernah padam, sepanjang kita bisa jeli melihat pasar yang ada.

Menjual nasi kuning dan gorengan contohnya. Nasi kuning dan gorengan banyak dicari saat waktu sarapan pagi, karena biasanya saat itu terlalu repot untuk memasak, berbarengan dengan persiapan untuk kerja. Banyak dari mereka yang tidak dapat memasak pagi hari, mencari sarapan yang siap santap seperti nasi kuning dan gorengan.

Bagi anda yang memiliki keahlian dalam memasak dapat juga membuka usaha warung makan dan pemesanan catering makan. Usaha seperti ini cocok apabila di sekitar kita banyak kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja dan penghuni kos-kosan.  

Makanan camilan juga memiliki potensi yang bagus, karena masyarakat di Indonesia tidak terlepas dari makanan ringan atau camilan dalam kesehariannya. Makanan camilan ini dapat berbentuk camilan basah seperti kue-kue basah, yang harus laku dalam waktu cepat, kalau tidak maka akan basi. Camilan kering seperti macam-macam keripik, relatif tahan lebih lama selama dikemas secara baik.        

3. Bisnis minuman


Selain bisnis makanan, bisnis minuman juga memiliki potensi bagus. Dengan modal di bawah 5 juta anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Beberapa jenis bisnis minuman yaitu bisnis teh poci, bisnis juice buah dan lain-lain. Anda bisa berjualan di depan rumah sendiri dengan space ruangan yang relatif kecil dan tidak memakan tempat.  


4. Bisnis MLM (Multi Level Marketing)


Wanita tidak dapat dipisahkan dengan kecantikan. Setiap wanita selalu ingin tampil cantik. Bisnis MLM produk kosmetik bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk ibu rumah tangga. Contohnya bisnis MLM Oriflame. Dengan mendaftar sebagai member anda dapat menjual produk dan mendapat keuntungan. Selain itu apabila anda merekrut maka akan mendapatkan bonus. Bisnis MLM lainnya yaitu Tupperware, Sophie Martin, dan Herbal Halal Mart. Setiap MLM memiliki aturan yang berbeda. Disarankan sebelum anda bergabung, pelajari dulu sistem yang ditawarkan, potensi yang dapat dicapai dan lainnya.    

5. Bisnis Pakaian/Fashion


Bisnis pakaian dapat anda mulai dengan menawarkan produk pada tetangga terdekat. Produk yang biasa dibutuhkan yaitu pakaian anak, hijab, kerudung, jilbab, dan lainnya. Cari harga paling murah dari supplier namun tetap memperhatikan kualitas baik, agar anda dapat menawarkan harga yang bersaing namun dengan kualitas baik. Dalam bisnis pakaian anda harus siap kalau ada calon pembeli yang menawar harga atau bahkan meminta dibayar secara angsur (kredit). Perhitungkan terlebih dahulu apabila anda akan menjual secara kredit.

6. Bisnis kerajinan tangan


Kerajinan tangan yang sederhana dan sekarang banyak diminati yaitu kerajinan flanel. Dengan bekal kreatifitas, anda dapat membuat berbagai produk yang lucu dan imut berbahan flanel. Produk yang dihasilkan berupa buku flanel, boneka, pajangan flanel, hiasan dinding, alat tunjuk qur'an dan lain sebagainya. Bahan yang dbutuhkan relatif mudah didapat di toko kancing/bahan baju. Media promosi bisa melalui media sosial terutama Instagram

baca juga : Simak HP Samsung 4G Kualitas Bagus Harga 1 juta

7. Menjadi penulis / blogger


Ibu rumah tangga yang hobi menulis baik itu artikel narasi, artikel tutorial dan artikel informasi dapat menyalurkan hobi anda sekaligus mendapatkan bayaran. Beberapa website seperti Hipwee.com dan Jalantikus.com membuka slot untuk penulisan artikel. Pembayaran honor apabila artikel telah diterima dan disetujui oleh pemilik website.

Apabila memiliki blog sendiri akan lebih bagus. Anda bisa monetize dengan beberapa program iklan seperti Google Adsense, Adsnow dan lainnnya. Iklan akan tampil pada blog anda dan apabila ada visitor yang mengklik, anda mendapat penghasilan, dapat dicairkan apabila telah memenuhi ambang batas minimal.

8. Menjadi Youtuber


Menjadi seorang youtuber tidak harus bisa seni dan akting. Seorang ibu rumah tangga dapat menjadi youtuber juga. Anda bisa membuat video yang berkaitan dengan aktivitas di rumah, atau hobi yang anda sukai. Contoh apabila anda hobi memasak, anda dapat membuat video tentang tips memasak rendang ala masakan padang atau apabila anda menyukai tanaman, bisa membuat video tips merawat tanaman. Berbekal kamera dari smartphone anda dapat menjadi youtuber juga.

Youtube menghasilkan uang apabila channel anda telah memiliki 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Jadi capailah angka tersebut dulu dan setelah itu anda dapat merasakan manisnya mendapat penghasilan dari youtube.  

Demikian 8 ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga, berperan sebagai seorang ibu rumah tangga tidak dapat menghalangi keinginan ibu rumah tangga untuk menjalankan bisnis rumahan. Namun hal yang perlu diingat, kewajiban sebagai seorang ibu tangga tetap dijalankan sebagaimana mestinya agar hidup menjadi seimbang. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.     
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments