9 Contoh usaha sampingan saat menjadi karyawan Perusahaan

9 Contoh usaha sampingan saat menjadi karyawan Perusahaan

9 Contoh usaha sampingan saat menjadi karyawan Perusahaan

Bekerja sebagai seorang karyawan dari suatu perusahaan ataupun kantor menjadi harapan bagi sebagian besar masyarakat. Adanya jaminan dan kepastian mendapatkan penghasilan setiap bulannya merupakan alasan yang paling sering diungkapkan oleh para karyawan. Meskipun hal tersebut ada beberapa hal konsekwensi yang harus diterima oleh karyawan seperti jam kerja yang mengikat, jemu dalam aktivitas kerja, dan apabila masih karyawan kontrak harus siap saat kontrak diputus oleh perusahaan.

Bagi sebagian karyawan mungkin ada yang berkeinginan untuk memiliki usaha sendiri, menjadi bos di perusahaan sendiri, sehingga dapat meningkatkan penghasilan serta mengatur waktu secara bebas tanpa adanya ketakutan dimarahi atasan atau bos. Namun seringkali keinginan ini hilang karena kekhawatiran bahwa usaha yang nanti dicoba akan gagal, sehingga otomatis tidak ada penghasilan. Seringkali hal ini menjadi sebab seorang karyawan untuk terus bertahan menjalani aktivitasnya.

Salah satu solusi yang bisa dipilih oleh seorang karyawan yaitu tetap menjalani aktivitas sebagai karyawan namun juga menjalankan usaha sampingan di saat masih bekerja sebagai karyawan. Yang harus anda lakukan yaitu memilih usaha sampingan yang dapat meningkatkan penghasilan namun tidak mengganggu aktivitas kerja anda sebagai karyawan.

Baca juga : 8 BISNIS ONLINE Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Sebulan

Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa anda pilih dan anda jalankan serta tidak mengganggu anda dalam aktivitas kerja dan tidak membuat bos anda marah. Yuk kita simak informasinya.

1. Jualan pulsa, kuota internet dan Jasa Bayar

Jaman sekarang yang serba smartphone pasti banyak yang membutuhkan pulsa dan kuota internet. Jualan pulsa dan kuota internet ini dapat secara mudah dilakukan bahkan disaat anda sedang bekerja, karena hanya memerlukan perangkat handphone saja. Untuk jualan jasa bayar seperti penjualan token listrik dan pembayaran cicilan kredit juga dapat dilakukan berbekal smartphone dan aplikasi yang terpasang dari provider jasa pembayaran. Meskipun profit dari jualan pulsa terhitung kecil per transaksinya (sekitar 1.000 rupiah) namun apabila jumlah terjual banyak lumayan juga buat beli makan. Kalau untuk jasa bayar biasanya mendapatkan profit dari biaya admin sebesar 2.500 per transaksi. Usaha sampingan ini bisa dijalankan saat para karyawan istirahat agar tidak mengganggu aktivitas kerja.

2. Jualan Produk Katalog

Banyak pemilik produk cara menjualnya dengan cara menyebar katalog kepada reseller atau member. Biasanya ada yang berbentuk MLM (Multi Level Marketing) seperti Sophie Martin, Oriflame, Tupperware, Herbalmart HPAI namun ada juga yang tidak berbentuk MLM, seperti produsen sepatu di Bandung, yang apabila kita membeli produk maka akan diberi juga katalog produk, dengan harga khusus reseller, kita dapat menjual produk di atas harga reseller untuk mendapatkan keuntungan. Untuk produk MLM harus mendaftar menjadi member agar mendapatkan harga khusus member. Untuk harga konsumen sesuai dengan harga di katalog. Biasanya margin sebesar 25-30% dari harga katalog, lumayan khan.

3. Usaha Rental Game PS

Usaha rental game PS cocok untuk lokasi di sekitar pemukiman atau rumah anda. Apabila ada ruangan di rumah anda yang bisa dimanfaatkan untuk ruang Rental PS anda tidak usah menyewa kios. Modal yang dikeluarkan yaitu pembelian alat PS lengkap dan juga menggaji penjaga rental PS karena anda bekerja. Target konsumen pastinya anak-anak dan remaja. Biaya yang harus anda perhitungkan yaitu biaya rutin listrik dan maintenance/service alat PS. Apabila anda bisa menservicenya itu suatu keuntungan tambahan. Dengan tarif 3000-4000 per jam, cukup lumayan untuk membantu keuangan anda sehari-hari.

baca juga : Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar

4. Usaha Loundry

Usaha loundry di sekitar rumah anda bisa menjadi pilihan anda. Tidak adanya waktu untuk mencuci pakaian karena kesibukan kerja atau kuliah menjadi peluang usaha loundry. Pemukiman yang banyak dihuni pekerja atau mahasiswa sangat cocok untuk usaha ini. Untuk operasional sehari-hari anda mencari pegawai yang amanah dan teliti dalam kebersihan dan kerapihan. Karena usaha ini dinilai baik apabila hasil loundry nya memuaskan konsumen, tepat waktu, bersih dan rapih. Untuk penetapan harga pastikan survey dulu dan analisa kemampuan atau daya beli masyarakat, tidak mahal dan tidak kemurahan.

5. Jual produk makanan/kuliner

Siapa sih yang tidak tergiur makanan enak ? peluang jual produk makanan/kuliner bisa anda pilih juga. Produk kuliner saat ini sedang marak dengan hadirnya makanan-makanan baru dan terjangkau. Cara promosi efektif yaitu melalui Whatapps. Apabila di sekitar anda ada produsen makanan baru yang enak, terjangkau dan menarik, seperti roti unyil, bolu ubi, dan lainnya, coba kita fotokan sebagai status di WA kita. Biasanya bermula dari itu ada yang bertanya, berminat dan akhirnya order. Atau bisa anda posting di Group WA anda, dimana jumlah yang melihat pasti lebih banyak. Misal di group WA karyawan perusahaan. Sistemnya dengan cara order dulu baru bayar saat order dikirimkan.

6. Membuka toko online     

Membuka toko online sangat mudah saat ini, ada marketplace yang bisa anda pilih, tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya. Membuka toko online tidak harus anda stok barang dulu, bisa dengan cara dropship, atau kalau ada yang punya barang teman sendiri, kita foto dulu barangnya, kalau ada yang order baru kita beli, jadi tidak memerlukan modal besar untuk stok barang. Apabila sudah berkembang, bisa membuat website toko online sendiri agar konsumen bisa lebih percaya. Media sosial juga dapat dipakai untuk berdagang seperti instagram, WA, dan Facebook. Produk yang banyak dicari biasanya fashion/pakaian, accesories, tas, sandal, sepatu dan lainnya.

7. Berjualan di Car Free Day Hari Minggu

Buka lapak di Car Free Day bisa anda lakukan saat anda libur dari aktivitas bekerja sebagai karyawan. Biasanya libur itu hari Sabtu dan Minggu. Hari Sabtu digunakan untuk family time bersama keluarga dan hari Minggu untuk berjualan di Car Free Day (CFD). Untuk buka lapak di Car Free Day biasanya gratis namun ada juga yang memungut retribusi tergantung daerahnya. Di tempat saya dipungut 1.000 rupiah untuk berjualan sehari di CFD, murah kan ? bandingkan kalau kita sewa kios. Produk yang bisa anda pasarkan yaitu produk fashion/baju, makanan dan minuman (kuliner), accesories handphone, sewa mainan anak (mobil mini), dan alat rumah tangga.

8. Menjadi penulis/blogger

Seperti yang saya lakukan saat ini, menjadi penulis atau blogger salah satu aktivitas saya. Blogger akan mendapatkan penghasilan apabila blognya dikunjungi banyak visitor dan iklan yang ditampilkan banyak diklik oleh visitor, iklan ini ada karena ikut program Google Adsense. Program sejenis juga banyak bisa anda search di google. Namun apabila anda ingin langsung mendapatkan bayaran anda bisa menjadi seorang freelance penulis artikel. Banyak website yang menerima tulisan artikel dan memberi honor. Bisa juga anda promosi di grup-grup blogger bahwa anda membuka jasa sebagai content writer atau penulis artikel. Pendapatan jasa per artikel tergantung dari jumlah kata artikelnya. Untuk 1 artikel berjumlah 300 kata kisarannya sekitar 10 ribu-20 rb, dan lebih baik penulisan artikel tidak menggunakan tools atau alat bantu, jadi murni hasil pemikiran sendiri.

9. Menjadi Youtuber

Usaha sampingan lainnya yaitu menjadi Youtuber seperti yang sering anda lihat di media, seperti Ria Ricis, Raditya Dika, Nisa Sabyan dan lainnya. Untuk menjadi Youtuber tidak harus anda bisa berakting, bernyanyi atau bakat seni lainnya. Materi youtube bisa berupa hobi atau pengalaman anda sendiri. Anda hobi memancing bisa membuat video tips memancing. Anda bekerja sebagai penjahit, bisa membuat video tentang cara menjahit yang baik atau bagi wanita yang suka berdandan,bisa juga membuat video tentang tips cara menggunakan kosmetik dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube, channel youtube anda harus mempunyai 4000 jam penayangan dan 1000 subscriber. Lumayan berat di awal namun kalau sudah monetize akan terasa lebih mudah.   

Baca juga : 8 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan
 
Demikian 9 bisnis sampingan saat masih bekerja sebagai karyawan, apabila anda sudah enjoy menjalankan usaha sampingan bisa jadi penghasilan dari usaha sampingan lebih besar dari gaji sebagai karyawan. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments