Cara Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor Mendadak

Cara Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor Mendadak

Cara Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor Mendadak

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula, ya isi dari artikel ini merupakan share pengalaman pribadi dalam mengganti ban bocor mobil Avanza. Sebelumnya memang jarang sekali mengendarai kendaraan roda empat, seringnya roda dua. Suatu waktu kendaraan mobil Avanza milik istri saya tiba-tiba bocor, tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Buat yang baru bawa mobil baik itu baru menjadi sopir, baru belajar menyetir dan syukur alhamdulillah buat yang baru beli mobil, masalah ban bocor ataupun kempes pasti akan mengalaminya baik itu saat di perjalanan maupun saat mobil tidak sedang digunakan. Permasalahan ban mobil bocor atau kempes harus dihadapi dengan setenang mungkin, apalagi kalau terjadinya di tengah-tengah perjalanan. Berpikir tenang itu diperlukan dalam situasi ini.

Apabila akan mengganti ban mobil di tengah perjalanan, dan mobil berada di badan jalan, maka pasanglah tanda segitiga beberapa meter di belakang mobil kita, untuk memberi tanda bahwa mobil kita berhenti, kalau tidak ada tanda segitiga bisa dengan benda lain misal ban cadangan, lampu hazard, dan benda lainnya yang intinya untuk memberikan informasi kepada mobil di belakang kita bahwa mobil kita sedang berhenti dan sedang diperbaiki. Apabila ban bocor terjadi di garasi rumah, kita tidak usah melakukan hal tersebut di atas. Yang kita butuhkan yaitu peralatan untuk membuka ban mobil dan memasangnya kembali seperti semula. Oh ya sobat sebaiknya lengkapi semua peralatan yang digunakan untuk memperbaiki mobilmu di saat darurat karena mogok ataupun ban bocor. Alat yang harus ada di mobilmu diantaranya dongkrak beserta perlengkapannya, kunci pembuka baut ban, kunci pembuka baut ban cadangan/serep, obeng, dan lainnya. Kalau alat-alat ini tidak ada, kita akan kerepotan karena harus ke bengkel mobil terdekat untuk memperbaikinya. Apabila alat-alat tersebut lengkap kita dapat melakukannya sendiri.

baca juga : Cara Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan Pengalaman Sendiri

Langsung saja kita praktekan tips mengganti ban mobil Avanza versi pemula berdasarkan pengalaman pribadi. Penggantian ban mobil dilakukan di rumah, penyebabnya karena ban bocor. Berikut tahapannya :

1. Ganjal Dahulu Ban Lainnya 

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Mengganjal ban mobil lainnya

Mengganjal ban lainnya (selain ban yang bocor) memang hal yang mungkin kecil namun ini sangat penting, apalagi di tanah yang tidak rata (menanjak atau menurun) itu mutlak mobil harus diganjal bannya. Walaupun penggantian ban di lakukan di garasi sendiri yang permukaan tanahnya rata, demi keselamatan pasanglah dahulu ganjal untuk ban lainnya, ban belakang atau ban depan.

2. Persiapkan ban cadangan/ban serep 

Sebelum membuka ban yang bocor, kita persiapkan dulu ban cadangan/ban serep sekaligus untuk mengetahui apakah ban serep dalam keadaan baik dan tidak bocor juga. Pada mobil Avanza tahun 2007, dan mungkin untuk tahun lainnya juga sama, posisi ban serep Avanza berada di bagian belakang, di bagian bawah, sejajar dengan knalpot. Jadi ban serep Avanza 2007 berada di luar kabin mobil. Cara membuka ban serep Avanza, bukalah pintu belakang/bagasi dan kemudian lihat di dekat pengunci pintu bagasi ada sebuah baut. Baut itulah yang mengikat ban serep di bagian bawah kabin mobil.


Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Baut melepaskan ban serep (posisi yang di tengah)

Untuk membukanya gunakan kunci pembuka ban mobil, baik yang single maupun yang 4 kunci. Putar baut tersebut berlawanan arah jarum jam. Putar terus sampai longgar dan lihat ke bagian bawah, apakah pengait ban serep sudah turun atau belum. Lepaskan pengait besi dan lepaskan ban serep dari tempatnya. Kemudian cek kondisi ban serep, kalau kurang angin harus ditambah dulu. Biasanya untuk isi angin ban depan 30 dan ban belakang 35. Setelah dipastikan normal ban serepnya, baru kita melangkah ke tahap selanjutnya.

3. Membuka ban yang bocor/kempes

Untuk membuka ban yang bocor diperlukan beberapa peralatan berikut :
  • Dongkrak dan besi pemutar dongkrak
  • Kunci pembuka baut ban mobil, saya menggunakan kunci nomor 21. Kunci ini ada yang berbentuk cross dengan 4 ukuran kunci namun ada juga yang berbentuk huruf L yang cuma 1 kunci saja.
  • Apabila besi pemutar dongkrak tidak ada bisa menggunakan obeng yang pendek namun yang kuat untuk memutar dongkrak.
Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Peralatan mengganti ban mobil
Buka baut-baut ban mobil semuanya, apabila terdapat baut yang aus/slek ataupun susah dibuka, coba menggunakan batang besi yang panjang, untuk disambung ke kunci pembuka baut, agar baut mudah dibuka. Namun jangan dibuka sampai terlepas, yang penting baut sudah longgar saja dulu. Cara membuka baut ban mobil dengan memutar ke arah kiri atau melawan arah jarum jam. Setelah copot semua bautnya, pasang dongkrak pada bagian mobil yang berada dekat dengan ban mobil. Cari posisi tanah yang rata dan kuat dalam meletakan dongkraknya. Dongkrak yang saya gunakan yaitu dongkrak gunting, yang memang biasa terdapat pada mobil. Dongkrak gunting lebih murah harganya, lebih mudah perawatannya, dan tidak memakan banyak tempat namun memang menggunakan dongkrak gunting membutuhkan lebih banyak tenaga dalam memutar dongkraknya.

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Dongkrak sudah terpasang


Setelah dipasang dongkrak, kemudian putar dongkrak menggunakan besi pengait ke arah kanan untuk menaikan ban mobil. Setelah ban mobil berada di atas tanah dan cukup untuk dikeluarkan, baru buka baut-baut ban mobil semuanya, kemudian baru lepaskan ban yang bocor tadi.

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Ban bocor sudah dilepaskan


Untuk membetulkan ban yang bocor bisa dibawa ke tambal ban terdekat. Sementara itu pakai dahulu ban serep/cadangan yang dalam kondisi baik. Untuk pemasangan ban, prosesnya sebaliknya dari proses membuka ban mobil. Pasangkan ban mobil, kemudian pasangkan baut-baut ban mobil. Teliti dalam pemasangan, apakah ban sudah terpasang dengan baik. Putar baut-baut ban mobil tadi sampai mentok. Kemudian turunkan ban mobil dengan cara memutar dongkrak ke arah kiri berlawanan arah jarum jam. Setelah itu kuatkan kembali baut-baut ban mobil menggunakan kunci baut ban. Putar sampai kencang bautnya. Sampai disini cara mengganti ban bocor sudah berhasil.

4. Memasang kembali ban cadangan/serep

Setelah berhasil mengganti ban bocor dengan ban cadangan, kemudian memasang kembali ban cadangan ke tempatnya semula supaya apabila terjadi lagi ban bocor kita dapat menggantinya lagi dengan ban cadangan. Perlu diingat untuk sebelumnya mengisi angin ban cadangan/serep dahulu apabila kurang angin. Cara memasang ban serep turunkan dahulu tempat ban cadangan dengan memutar bautnya. Kemudian masukan ban cadangan ke tempatnya. Cantolkan pengait tempat ban cadangan ke besi baut yang berada di bagian bawah mobil, kemudian kencangkan baut ban cadangan/serep sampai mentok/maksimal.

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Mengembalikan ban serep ke tempatnya

Cara dan Tips Mengganti Ban Mobil Avanza yang bocor versi Pemula
Menempatkan ban serep pada tempatnya

Akhirnya proses mengganti ban mobil Avanza selesai, masukan kembali peralatan-peralatan tadi ke tempatnya semula. Demikian teman-teman cara dan tips mengganti ban mobil Avanza untuk pemula versi pengalaman sendiri. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.                            
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments