Cara mengatasi salah mengisi tinta warna catridge Canon PG-811

Cara mengatasi salah mengisi tinta warna catridge Canon PG-811

Cara mengatasi salah mengisi tinta warna catridge Canon PG-811


Cara mengatasi salah mengisi tinta warna catridge Canon PG-811. Pengalaman salah mengisi tinta refill pada catridge canon PG-811 yang biasa digunakan untuk printer Canon tipe IP2770 / IP2772 / MP237 / MP245 / MP258 / MP268 / MP276 / MP287 / MP486 / MP496 / MP497 / MX328 / MX338 / MX347 / MX357 / MX366 / MX416 / dan MX426 mungkin pernah dialami oleh pengguna yang tidak menggunakan sistem infus pada printernya. Sebagian pengguna memilih untuk tidak menggunakan sistem infus pada printernya. dengan pertimbangan penghematan biaya dan mengurangi resiko kerusakan catridge. Sehingga untuk mengisi ulang tinta pada catridge harus dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan suntikan.

Untuk catridge hitam (type PG-810) mungkin tidak akan kesulitan karena hanya terdapat 1 lubang pengisian tinta, yaitu hanya tinta warna hitam saja. Sedangkankan untuk mengisi ulang catridge warna  PG-811 terdapat 3 lubang warna yang diisi yaitu magenta (merah), cyan (biru) dan yellow (kuning). Dengan posisi lubang, 1 lubang di atas dan 2 lubang di bawah. Bagi yang belum terbiasa mengisi tinta dengan cara suntik seringkali sering kebingungan dan akhirnya melakukan kesalahan dalam mengisi tinta warna catridge PG-811.


Meskipun pada kemasan tinta refill sudah diinformasikan mengenai cara mengisi tinta warna catridge PG-811, namun tetap saja ada pengguna yang salah dalam mengisikan tinta pada catridge. Seperti yang saya alami, salah dalam memasukan tinta magenta dan cyan sehingga tertukar posisi tintanya. Untuk mengetahui kesalahan dalam mengisi tinta warna bisa dilihat dengan cara print Patern Check. Cara untuk print Patern Check yaitu masuk ke Printing Preferences dari printer Canon kita. Kemudian masuk ke menu Maintenance dan lihat di bagian bawah terdapat menu Nozzle Check.

Urutan yang benar dari posisi tinta pada hasil Nozzle Check (dari atas) yaitu Cyan, Magenta dan Yellow. Setelah saya salah mengisi tinta posisi warna hasil Nozzle Check yaitu Magenta,Cyan, Yellow jadi ada kesalahan dalam mengisi tinta warna pada warna Cyan dan Magenta alias tertukar. Sehingga warna yang dihasilkan pada saat pencetakan tidak akan sama dengan gambar atau warna pada dokumen/image yang kita print.


Untuk mengatasi kesalahan mengisi tinta printer seperti ini solusinya yaitu mengosongkan isi tabung warna yang tertukar sehingga bisa diisi dengan warna yang betul. Bagi yang sudah ahli menservice printer, bisa saja dengan cara membongkar catridgenya untuk mengosongkan tinta warna yang tertukar. Namun untuk pengguna yang tidak memiliki keahlian memperbaiki printer lebih baik tidak menggunakan cara tersebut.

Ada cara yang mudah untuk mengatasi kesalahan mengisi tinta printer khususnya bagi pengguna biasa/pemula yaitu dengan cara mengosongkan tinta warna yang tertukar tadi. Caranya mudah yaitu dengan cara mencetak/memprint secara terus menerus gambar/foto yang berwarna cyan dan magenta, atau lebih mudahnya kita buat kotak berwarna cyan atau magenta berukuran 1 kertas full, kemudian kita cetak terus menerus sampai hasil cetakannya bergaris, yang menandakan bahwa tinta berwarna cyan atau magenta tersebut sudah habis.

Atau kita cek kembali di Nozzle Check, kalau warna cyan dan magenta tidak ada atau bergaris artinya tinta yang salah tadi sudah habis. Itulah saatnya kita mengisi tinta pada catridge dengan benar. Hati-hati jangan melakukan kesalahan lagi.

Setelah diisi, kita cleaning dulu dengan masuk ke menu Printer Preference >> Maintenance >> Cleaning, atau bisa juga masuk ke menu Printer Preference >> Maintenance >> Deep Cleaning. Kemudian coba lagi Nozzle Check, apabila hasil print menunjukan warna sudah betul dan tidak bergaris artinya Anda sudah berhasil mengatasi kesalahan mengisi tinta pada catridge Canon PG-811.

Demikian pengalaman saya dalam mengatasi kesalahan mengisi tinta pada printer Canon, hal ini bisa juga diterapkan apabila anda menggunakan sistem infus, tinggal cabut dahulu infusnya dan praktekan cara yang di atas tadi. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments