Cara membersihkan permukaan layar laptop komputer secara benar

Cara membersihkan permukaan layar laptop komputer secara benar

Cara membersihkan permukaan layar laptop komputer secara benar

cara membersihkan layar laptop
Cara membersihkan permukaan layar laptop komputer secara benar diperlukan saat akan menyingkirkan kotoran berupa debu-debu yang menempel pada layar laptop. Seringkali dalam menggunakan laptop kita lupa untuk menyempatkan waktu membersihkan layar laptop dari kotoran debu yang menempel. Membersihkan layar laptop sekilas memang tampak mudah, namun tetap harus hati-hati dalam melakukannya, karena layar merupakan bagian dari perangkat elektronik dari sebuah laptop.

Dalam membersihkan layar laptop, beberapa hal yang harus diketahui berkaitan dengan cara membersihkan layar laptop.  

1. Laptop dalam keadaan mati (Off)


Matikan laptop (shutdown) sebelum membersihkan layar laptop untuk menghindari dan mencegah terjadinya konslet pada perangkat laptop. Dalam posisi laptop mati, kotoran berupa debu akan lebih jelas terlihat dibanding saat laptop dalam posisi hidup (ON).

2. Pilih lap kering untuk membersihkan debu yang menempel


Media yang dapat dipilih untuk membersihkan debu yang menempel di layar laptop yaitu lap kering. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu secara perlahan dan tidak terlalu menekan layar untuk menghindari adanya bekas goresan dan konslet pada layar.

3. Pilih lap kering dengan bahan lembut


Dalam memilih lap kering, perhatikan juga tekstur atau permukaan dari lap kering. Pilih lap kering dengan bahan lembut untuk mencegah terjadinya goresan pada permukaan layar laptop. Contoh lap yang berbahan lembut yaitu lap yang terbuat dari bahan katun atau kain mikro fiber.

4. Tambahkan cairan penyemprot ke dalam kain lap


Seringkali menggunakan lap kering saja tidak cukup bersih untuk menyingkirkan debu dari permukaan layar laptop, sehingga diperlukan cairan khusus pembersih untuk mengangkat debu yang masih tersisa. Pilih cairan yang biasa digunakan untuk pembersih.

Semprotkan cairan ke lap kering dulu, jangan langsung disemprotkan ke permukaan layar laptop karena bisa beresiko konslet atau mengakibatkan layar mengalami kerusakan karena kontaminasi dari cairan tersebut

5. Keringkan layar laptop secara alami


Setelah membersihkan layar selesai, laptop jangan langsung digunakan. Biarkan sesaat sampai layar laptop kering secara alami. Hal ini dilakukan menghindari terjadinya kerusakan komponen layar karena masih lembabnya permukaan layar laptop. Jangan menggunakan hair dryer atau pengering lainnya, karena suhu panas dari perangkat tersebut beresiko menimbulkan kerusakan pada layar laptop. Jadi tunggu saja sampai kering.

Cara membersihkan layar laptop ini dapat diterapkan juga pada perangkat lainnya seperti televisi LCD/LED, Tablet, Smartphone dan lainnya. Membersihkan layar laptop tidak sulit untuk dilakukan, jadi ada baiknya dilakukan secara teratur, bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali agar layar laptop terlihat lebih cerah dan bersih.

Demikian artikel cara membersihkan permukaan layar laptop komputer secara benar, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments