Cara mengubah JPG menjadi PDF Convert JPG to PDF secara offline


Cara mengubah file JPG menjadi PDF ternyata masih dibutuhkan oleh sebagian pengguna komputer maupun smartphone. Padahal kedua format file ini telah disupport oleh sistem android di smartphone untuk dapat langsung dibuka/dibaca. Sebagian pengguna masih menginginkan file gambar (JPG) nya berbentuk format PDF, sehingga mau tidak mau harus dilakukan konversi atau convert dari JPG ke PDF.

Seperti yang saya alami, kantor istri saya menginginkan dokumen sertifikat dan laporan dalam bentuk PDF. Namun kami telah menscan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk JPG. Bisa saja kami menscan ulang dengan output langsung berbentuk PDF, dan ada beberapa software yang bisa melakukannya seperti Adobe Photoshop dan lainnya. Namun akan memerlukan waktu lebih lama untuk menscannya.


Solusi lainnya yaitu dengan cara mengubah file JPG ke PDF baik secara offline maupun online. Menggunakan cara online memang mudah, banyak website yang menyediakan fasilitas mengubah JPG menjadi PDF. Anda tinggal mengupload file JPG ke server websitenya kemudian diproses dan langsung keluar hasilnya berupa file PDF. Menggunakan cara online membutuhkan koneksi internet yang baik, agar proses upload berjalan lancar. 

 

Cara offline sedikit saja menggunakan koneksi internet yaitu saat mendownload softwarenya saja. Untuk menggunakan cara offline dibutuhkan 2 software, yaitu software converter dan software printer PDF (apabila belum terinstal). Converter akan mengubah JPG menjadi PDF, kemudian printer PDF akan mencetaknya dalam bentuk file PDF sehingga terbentuklah file PDF.

Untuk aplikasi converter jpg to pdf, saya menggunakan software convert jpg to PDF Converter. Software convert JPG to PDF ini berlisensi Free alias gratis. Sedangkan untuk printer PDF nya saya menggunakan Bullzip PDF Printer berlisensi gratis/free juga. Untuk mempermudah mendapatkan kedua software tadi, dapat anda download dari link di bawah ini :

Download JPG to PDF Converter
Download Bullzip PDF Printer (x86)


Setelah mendapatkan installernya, langsung saja anda install pada komputer. Di desktop muncul icon software baru yaitu JPG to PDF Converter dan di Device and Printer muncul nama printer baru yaitu Bullzip Printer PDF.

Cara mengubah (convert) JPG to PDF


Buka JPG to PDF Converter dengan cara klik 2 kali iconnya. Akan muncul menu seperti berikut : 



  1. Buka folder dimana file gambar/file JPG akan diconvert dengan mengklik Open..

  2. Misal file gambar berada di E:\Coba dan terdapat 3 file JPG yang akan kita rubah menjadi PDF

  3. Pilih ketiga file dengan cara tekan Shift + Klik mouse kiri pada gambar, kemudian pilih menu Add. Dengan cara ini maka 3 file JPG akan menjadi satu dalam 1 file PDF. Apabila ingin 1 file gambar menjadi 1 file PDF maka tambahkan satu-satu file JPG nya.

  4. Kemudian klik Convert.
  5. Untuk mengatur posisi gambar, portrait atau landscape bisa dengan memilih menu Option.

  6. Pilih Printer Properties

  7. Pilih Orientation, ada 3 pilihan yaitu Portrait, Landscape dan Rotated Landscape. Kita sesuaikan dengan gambarnya.
  8. Pilih nama Printer yaitu bullzip PDF Printer, Paper size Legal dan Quality 300 dpi
  9. Klik Print


  10. Aturlah dahulu setingan dari printer PDF

  11. Klik Save 

Lalu akan muncul file PDF yang ditampilkan oleh software default pembaca PDF misal Adobe Acrobat, yang didalamnya terdapat 3 gambar JPG tadi. Ini menandakan anda telah berhasil mengubah file JPG menjadi file PDF.

Lalu dengan tujuan apa saja orang ingin mengubah JPG menjadi PDF ? berikut tujuan mengubah JPG menjadi PDF

  1. Untuk membuat album foto. Ya bagi anda yang suka mengoleksi foto-foto baik foto pribadi maupun foto-foto artis dan lainnya, dengan mengubah jpg menjadi pdf, anda seperti membuat 1 album foto. Dengan 1 buah file PDF berisi banyak foto-foto, akan lebih praktis untuk membuka dan membaginya kepada orang lain.
  2. Membuat komik/buku dari gambar. Ya bagi anda yang suka berkreasi membuat semacam buku komik, yang hanya berisi gambar saja, dapat menggunakan cara ini. Koleksi gambar anda dapat anda satukan ke dalam 1 file PDF saja. Dan dengan mudah dilihat dan dishare melalui smartphone.
  3. Dokumentasi arsip. Banyak lembaga yang menggunakan file PDF sebagai arsip data-data dari pegawainya seperti ijazah, sertifikat, laporan-laporan dan lainnya. Sehingga para karyawan membutuhkan software converter JPG to PDF ini.
Nah seperti itulah cara mengubah file JPG menjadi PDF secara offline menggunakan software Convert JPF to PDF gratis serta printer PDF Gratis. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

2 comments for "Cara mengubah JPG menjadi PDF Convert JPG to PDF secara offline "

  1. So you can play swf document on windows with Adobe Flash Player effectively, however it is a hard thing to watch them on macintosh, similar to the folks cry:
    AnyConv

    ReplyDelete
  2. This video converter utilized on the Mac working framework empowers clients to handily change over any windows perfect video arrangement to the Mac good configuration in practically no time. FLV to MP4 video converter

    ReplyDelete

Post a Comment