Pengalaman Seru berwisata alam di Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Pengalaman Seru berwisata alam di Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Pengalaman Seru berwisata alam di Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Destinasi wisata alam menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi terutama wisatawan yang berasal dari perkotaan. Kehidupan perkotaan yang penuh dengan polusi udara, kemacetan, dan udara yang tidak bersih dan sehat menjadi salah satu alasan mereka untuk mengunjungi tempat wisata alam yang sejuk, segar dengan pemandangan yang indah.

Salah satu wisata alam yang pantas dikunjungi yaitu Orchid Forest Cikole Lembang Bandung. Saya bersyukur mendapat pengalaman seru berwisata ke Orchid Forest Cikole Lembang, dimana saat itu dalam rangka Family Gathering SDIT Tazkia Insani Kabupaten Majalengka.

Orchid Forest Cikole Lembang yang dibuka pada bulan Agustus 2017 menawarkan kesegaran dan keindahan pemandangan di tengah-tengah hutan pohon pinus. Ditambah lagi dengan koleksi bunga anggrek yang mencapai 157 jenis anggrek, Orchid Forest Cikole diklaim sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia.

Rute ke Orchid Forest Cikole Lembang dari Majalengka


Untuk menuju lokasi pariwisata alam Orchid Forest Cikole lembang, kami bersama rombongan sekolah berangkat dari Majalengka menggunakan bus. Rute menuju Orchid Forest Cikole dari Majalengka yaitu masuk ke Tol Cipali melalui pintu tol Kertajati Majalengka. Kemudian keluar melalui pintu tol Subang.

Perjalanan diteruskan menyusuri jalan Subang yang ke Arah Bandung (Tangkuban Perahu). Melewati berbagai lokasi wisata di Subang seperti Ciater, Menaiki tanjakan Emen, dan akhirnya sampai di gerbang Orchid Forest Cikole yang terletak di sebelah kanan. Rutenya tidak terlalu rumit namun bagi pengendara mobil dan motor harus hati-hati saat melewati tanjakan emen yang panjang, karena memang rawan kecelakaan. Persiapkan dan cek kendaraan anda sebelum berangkat.     

Dari pintu gerbang, ternyata masih lumayan jauh untuk menuju lokasi Parkir kendaraan. Parkir kendaraan ada yang di atas dan ada yang di bawah. Apabila ingin mengeskplor Orchid Forest lebih baik parkir di atas, agar bisa menyusuri Orchid Forest dengan menuruni tangga. Parkir kendaraan lumayan luas baik parkir di atas maupun di bawah.

Tiket Masuk ke Orchid Forest Cikole


Setelah masuk ke area parkir, kita bisa langsung menuju Ticket Box. Harga tiket masuk ke Orchid Forest yaitu mulai dari Rp. 35.000. Bagi yang membawa kendaraan ada tambahan untuk tiket parkir, biaya parkir motor Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000 dan bus Rp. 30.000

Kita dapat bebas berkunjung ke sini kapan saja karena Orchid Forest Cikole buka setiap hari selama seminggu dengan jam buka pukul 09.00-18.00 (hari biasa) dan untuk akhir pekan pukul 08.00-19.00. Setelah membeli tiket langsung masuk melalui gerbang yang disediakan, namun perlu diketahui agar tidak membawa makanan dan minuman dari luar, kalau mau bisa masukan makanan dan minuman ke dalam tas,dan buanglah sampah pada tempatnya.

 
Terowongan Cahaya Image via: @orchidforestcikole


Kami bersama rombongan sekolah langsung masuk ke area hutan pinus ini. Ternyata taman anggrek yang dikeliling pohon pinus ini memiliki luas lahan sekitar 12 hektare.Lahan yang terbentang luas ini menampilkan koleksi bunga anggrek dari berbagai negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Venezuela, Argentina, Filipina dan lainnya bahkan terdapat bunga anggrek langka yang sulit ditemukan di dunia seperti jenis anggrek hitam, jenis paraphalaenopsis laycocky, atau anggrek kantong semar (Paphopedilum glaucophyllum). 

Pine Kitchen. Image via: destinasibandung.co.id


Meski Orchid Forest Cikole berfokus dalam menampilkan keindahan bunga anggrek, namun di dalamnya terdapat juga spot-spot yang menarik yang ditawarkan Orchid Forest Cikole seperti kegiatan outbond, flying fox, sky bridge,garden of light dan juga spot-spot orchid forest yang instagramable seperti orchid castle, orchid house, kuda tunggang, jembatan kayu, jembatan gantung, mini golf, terowongan segi lima dan garden light.

Orchid Castle (dok. pribadi)


Untuk kegiatan Family Gathering, Capacity Building atau kegiatan outbound, Orchid Forest Cikole ini sangat cocok. Pada Family Gathering SD IT Tazkia Insani berlokasi di tengah hutan dengan area cukup luas dan disampingnya terdapat tempat duduk (bangku) panjang yang berbaris melingkar. Kegiatan Family Gathering menjadi lebih seru.

Fasilitas di Orchid Forest Cikole


Saat kegiatan family gathering berlangsung, saya mengelilingi area sekitar dan saya terkesan dengan fasilitas penunjang yang disediakan pengelola. Terdapat banyak toilet dengan bentuknya yang unik, tersedia juga mushola khusus bagi laki-laki dan perempuan sehingga tidak bercampur.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal makan atau minum, jangan khawatir, karena di Orchid Forest Cikole terdapat cafe yang menyediakan berbagai kuliner makanan dan minuman yang mengundang selera makan.

Bagi yang membawa anak, di samping Cafe terdapat arena bermain anak yang berisi flying fox mini, jembatan tali mini, mobil-mobilan manual, perosotan dan lainnya, dilengkapi juga dengan toilet di dalam arena bermain.



Pengunjung yang merasa capek menyusuri jalan di hutan pinus ini, dapat menaiki mobil golf yang disediakan secara gratis. Dan kalaupun anda ingin menginap di Orchid Forest Cikole bisa menyewa fasilitas ground yang tersedia di taman ini.

Terowongan cahaya saat siang hari (dok pribadi)


Bagi yang senang berkuda juga disediakan penyewaan menunggang kuda dengan didampingi oleh penyedia jasanya. Asyiknya berkuda di hutan pinus dapat dirasakan, serasa menjadi koboy dadakan.

Tarif wahana-wahana di Orchid Forest Cikole


Tarif wahana-wahana yang ada di Orchid Forest Cikole yaitu sebagai berikut, catatan harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola :
  1. Sky Bridge : Rp. 20.000

    Jembatan Tali. Image via: faktualnews.co

  2. Camping Ground : Rp. 450.000 untuk 4 orang dan 950.000 untuk 9 orang PER MALAM, sudah termasuk makan pagi, api unggun dan jagung bakar.

    Camping Ground. Image via: destinasibandung.co.id
  3. Rabbit Village : Rp. 30.000
  4. Wahana Outbond : Rp. 50.000/paket
  5. flying fox : Rp. 20.000
  6. Air Soft Gun Activity :
  7. Panahan
  8. Penangkaran Rusa
  9. Spot Photography
  10. Down Hill Track
  11. Highrope Orchid Forest
  12. Papan Turun Tebing
  13. Panggung Terace Paphio Orchid Forest
  14. Garden of Light dan lain-lain
Banyak sekali kegiatan yang dapat dilangsungkan di Orchid Forest seperti arisan, family gathering, community gathering, capacity building, prewedding foto, reuni, workshop, hingga resepsi pernikahan yang menggunakan konsep alam terbuka.

image via travelspromo.com


Kegiatan family gathering SDIT Tazkia insani di Orchid Forest Cikole pada tahun 2019 ini sangat berkesan. Konsep wisata alam dengan udara yang sejuk, dingin dan alami dapat melupakan sejenak rutinitas kami setiap hari dalam bekerja, sekaligus juga dapat merefreshing pikiran dengan menemani anak-anak bermain di wahana-wahana yang banyak tersedia di Orchid Forest Cikole. Semoga tahun depan dapat berkunjung lagi ke lokasi wisata alam lainnya. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments