Cara Termudah Mengubah File Word Excel Power Point Office 2007 menjadi PDF

Cara Termudah Mengubah File Word Excel Power Point Office 2007 menjadi PDF

Cara Termudah Mengubah File Word Excel Power Point Office 2007 menjadi PDF

Mengubah file Word Excel dan Power Point menjadi PDF atau Ebook pada office 2007 yang masih standar, menjadi kesulitan tersendiri bagi penggunanya. Meskipun sudah banyak versi terbaru dari Microsoft Office seperti Office 2013, 2016, dan 2019 yang sudah terdapat fitur untuk men-save ke dalam bentuk format PDF, namun jumlah pengguna Office 2007 masih lumayan banyak.

baca juga : 6 Software PDF Reader Gratis alias Free

Banyak pengguna Office 2007 tidak beralih ke versi terbaru karena beberapa alasan diantaranya spesifikasi komputer yang minim, apabila dipaksakan dengan versi baru maka akan menghambat kerja karena kecepatan menjadi lambat, ada pula pengguna yang sudah nyaman dengan fitur dan menu-menu yang ada pada Office 2007, sehingga apabila berpindah ke versi baru akan memerlukan adaptasi lagi dan belajar lagi.

baca juga : Cara seting agar windows tidak lambat dan lelet

Penggunaan file PDF (Portable Document Format) sudah umum digunakan oleh semua kalangan. E-book banyak menggunakan format pdf karena pengguna hanya bisa untuk membaca saja, tidak bisa diedit sehingga lebih terjaga keaslian isinya. Meskipun saat ini ada juga beberapa software yang diklaim bisa untuk mengedit file pdf, namun hasilnya tidak akan sama dengan aslinya apalagi apabila isinya berupa tabel dan diagram-diagram, maka akan tidak mudah untuk mengeditnya.

Format file PDF banyak juga digunakan oleh penerbit-penerbit buku yang menjual buku dengan bentuk e-book. Pemanfaatan file PDF lainnya juga yaitu untuk pembuatan katalog, pembuatan buku manual suatu produk, terutama hardware dan software komputer, dan juga berkas-berkas dokumen seperti surat keputusan, surat edaran dari instansi pemerintahan.

baca juga : langkah-langkah mengganti keyboard Asus X454W

Begitu banyaknya manfaat dari penggunaan file PDF ini, sehingga pengguna membutuhkan cara untuk mengubah file word excel ataupun power point office 2007 agar dapat disimpan dalam bentuk file PDF. Dari berbagai cara yang dapat dilakukan, Masdinko memilih satu cara yang paling mudah dan praktis yaitu dengan menginstal add-ins atau software tambahan yang nantinya akan muncul di dalam menu Office 2007 sehingga akan lebih mudah dalam menyimpan file dalam bentuk PDF. Software add-ins ini dapat digunakan untuk microsoft word, microsoft excel dan microsoft power point. Jadi satu kali instal untuk semua aplikasi di office 2007.

Yuk kita mulai cara untuk mengubah file office 2007 menjadi PDF.

  1. 1. Download dahulu add-ins Microsoft Office 2007 yang bernama Microsoft Save As PDF or XPS disini.
  2. Kemudian klik 2 kali hasil download tadi, dan teruskan dengan proses instal

    Langkah 1

    Instalasi selesai
  3. Setelah selesai, coba buka microsoft word dan lihat di menu Save As, ada menu PDF or XPS. Apabila ada artinya sudah berhasil menginstal software Save As PDF or XPS.

  4. Coba buka file word yang akan dijadikan PDF, kemudian klik Save As -> PDF or XPS -> isikan nama file dan type file (pilih PDF) dan juga lokasi file akan disimpan -> klik Publish.
  5. Apabila berhasil, maka anda telah berhasil menginstalkan software Save As PDF or XPS ke dalam Office 2007.
baca juga : Cara Menyelamatkan data di hardisk

Untuk selanjutnya bisa digunakan di microsoft excel dan power point, sehingga untuk membuat file PDF sendiri tidak akan mengalami kesulitan.

Demikian artikel tentang Cara Termudah mengubah file word excel dan power point ke file PDF untuk Office 2007. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.              
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments