Menyelamatkan Data di Hardisk Akibat Partisi Terhapus

Menyelamatkan Data di Hardisk Akibat Partisi Terhapus

Menyelamatkan Data di Hardisk Akibat Partisi Terhapus

Assalamu'alaikum Sobat semua, senang rasanya dapat menulis kembali di blog Masdinko ini. Seperti biasanya, masdinko menshare pengalaman sewaktu menservice komputer atau laptop. Pernahkah sobat mengalami "cobaan" ketika akan menginstall windows namun ada partisi yang terhapus ? dan ternyata partisi tersebut berisi data-data yang penting ? Apabila mengalaminya langsung pasti sobat akan gelisah, takut, stress dan insomnia :) karena memikirkan bagaimana caranya supaya data yang telah terhapus akibat partisinya terhapus bisa diselamatkan kembali.

Kondisi seperti ini pernah masdinko alami sewaktu menservice di salah satu kantor dinas. Saat itu akan menginstall windows 7. Di komputer saat itu sudah terpasang windows 10 dan ingin diganti ke windows 7. Saat itu partisi hardisk menggunakan partisi GPT dan tidak menggunakan partisi MBR. Karena installer windows 7 tidak bisa dijalankan di partisi GPT maka partisi GPT harus dirubah dahulu menjadi MBR

Baca dulu : Pengalaman Cara Praktis Mengubah Partisi GPT ke MBR

Dengan menggunakan Hiren CD 15, yang di dalamnya ada software Acronis Disk Director Suite 11. Sesuai petunjuk penggunaannya, masuk ke software, klik hardisk yang berpatisi GPT dan kemudian convert to MBR. Namun di tengah jalan proses merubah GPT ke MBR, muncul notifikasi error dan setelah diklik OK, badan langsung panas dingin, lemas, ternyata partisi hardisk HILANG SEMUA ! semua drive hilang dan yang ada hanya tulisan unallocate, alias partisinya hilang semua ! masalahnya datanya pada waktu itu tidak bisa dibackup ke media luar, baik flashdisk maupun cd, karena semua media USB tidak terbaca karena harus diinstall dulu driver USB 3 nya. Yang terpikir waktu itu adalah bagaimana caranya menyelamatkan data yang partisinya terhapus.

Karena hardisk dalam kondisi belum ada partisi maka saya buat dulu 1 partisi yang kemudian diisi dengan windows 7. Untuk sisanya dibuat partisi namun JANGAN DULU diformart, karena akan direcovery dulu datanya.
Setelah selesai menginstall windows 7 kemudian cari software untuk recovery hardisk, dan saya menjatuhkan pilihan pada software EaseUs Data Recovery Wizard. Untuk versi FREE nya data yang dapat direcover yaitu sebanyak 2GB. Untuk data yang melebihi 2GB anda dapat membeli software ini dengan harga $69.95.

Cara penggunaan EaseUs Data Recovery Wizard

Cara menggunakan software EaseUs Data Recovery Wizard sangat mudah, setelah menjalankan software, ada pilihan jenis-jenis file yang akan diselamatkan, document, graphics, audio dan lain-lain. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dan centang/pilih type filenya. Kemudian pilih lokasi drivenya. Software akan menscan drive dan akan menampilkan file-file yang ditemukan. Proses scanning file ini akan memakan waktu yang lumayan lama tergantung besarnya kapasitas hardisk atau banyaknya data yang ingin dikembalikan.



Setelah proses recovery file selesai langkah terakhir klik tombol Recover dan simpan file-file yang telah ditemukan pada Drive yang lain atau media Flashdisk, jangan menyimpan pada Drive yang sedang direcover.



Apabila area data belum tertindih dengan data yang lain, jumlah persentase data yang dapat diselamatkan lumayan tinggi sekitar 90%, namun apabila sudah tertindih dengan data yang terbaru, maka data yang dapat diselamatkan juga relatif sedikit.

Anda ingin mencobanya ? silahkan DOWNLOAD disini

Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments