Simak Tips Lulus Tes CPNS Murni Tanpa Uang Sogokan

Simak Tips Lulus Tes CPNS Murni Tanpa Uang Sogokan

Simak Tips Lulus Tes CPNS Murni Tanpa Uang Sogokan

Bagi sebagian pencari kerja, bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan idaman dan cita-cita mereka. Tingkat kesejahteraan PNS sekarang sudah lebih baik dari PNS jaman dahulu, sehingga tidak heran apabila lowongan kerja CPNS dibuka, sudah pasti akan dibanjiri oleh para pencari kerja. Namun memang harus diakui, untuk lolos ujian CPNS membutuhkan perjuangan yang keras, usaha yang giat dan persiapan yang matang karena tingginya tingkat persaingan yang ada. Jumlah lowongan sedikit namun diperebutkan oleh banyak peminat.

Meskipun persaingan berat namun jangan berkecil hati, peluang untuk lolos tetap ada. Beberapa pengalaman dari kawan saya yang LULUS CPNS tanpa uang sogokan memberikan gambaran beberapa tips dan cara halal untuk Lolos Tes CPNS. Sudah tidak jamannya lagi untuk masuk PNS dengan uang sogokan, karena secara sistem rekrutmen juga sekarang sudah terbentuk baik.
Meskipun lembaga Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum mengumumkan secara resmi mengenai kapan dibukanya lowongan CPNS tahun 2018, namun tidak ada salahnya bagi yang memang berminat untuk menjadi PNS mempersiapkannya dari sekarang. Beberapa tips di bawah ini didapatkan dari kawan saya yang telah menjadi PNS dan lulus dengan murni tanpa sogokan. Silahkan disimak :

Beberapa Tips halal untuk lolos tes CPNS dengan murni :

PERSIAPAN NON TEKNIS


1. Berdoa kepada Allah SWT
Saat saya berbincang dengan teman yang sudah lulus tes PNS, dia mengatakan berdoa kepada Allah SWT merupakan faktor yang penting. Tanpa ada pertolongan dari Allah SWT tidak mungkin mendapatkan kelulusan dalam tes CPNS. Bentuk atau wujud berdoa yang dilakukan yaitu :
  • Sholat Wajib/Fardhu tepat waktu, untuk laki-laki diusahakan berjamaah di mesjid karena itu lebih utama.
  • Sholat sunnah diperbanyak, diantaranya sholat rawatib, sholat dhuha, sholat tahajud, shalat hajat dan shalat sunnah lainnya.
2. Memanjangkan Silaturahmi dan meminta doa kepada orang tua dan saudara

Silaturahmi dapat memperbanyak teman, saudara, dan relasi dan bahkan membuka pintu rejeki. Dengan bersilaturahmi dapat memperbanyak informasi dan wawasan dari orang lain. Salah satu teman saya mengatakan salah satu yang dia lakukan juga yaitu meminta doa kepada orang tua dan saudara-saudara. Kunjungilah orang tua, kalaupun jauh coba melalui alat komunikasi handphone atau video call yang saat ini sudah umum digunakan dan mintakan doa dan restunya. Kunjungi juga saudara dari orang tua dan mintakan doanya agar kita lulus dalam ujian CPNS.

3. Bershadaqoh

Dapat berupa materi maupun non-materi. Materi berupa uang dan benda yang dapat kita sedekahkan kepada orang yang membutuhkan. Non-materi berupa senyum, ramah, tenaga maupun kemampuan yang dapat kita sumbangkan ke sesama.

PERSIAPAN TEKNIS

1. Carilah informasi yang akurat tentang lowongan CPNS.

Seringkali kita mendengar pencari lowongan CPNS yang tertipu oleh oknum tertentu, salah satunya dikarenakan ketidaktahuan tentang informasi lowongan CPNS yang benar dan akurat. Carilah informasi lowongan CPNS di sumber resminya yaitu dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) baik dari website resminya maupun dari akun media sosialnya (Twitter, facebook ataupun youtube). Carilah lowongan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan penuhilah semua persyaratan dalam informasi lowongan CPNS tersebut.

2. Persiapkan dokumen-dokumen atau akun email

Melihat dari seleksi CPNS Kementerian yang telah dilakukan sebelumnya di Indonesia, beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya, KTP, Ijazah, SKCK dan Kartu Kuning (biasanya setelah lulus). Tes CPNS sekarang berbasis elektronik jadi pastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) anda tidak bermasalah. Update secepatnya apabila ada data NIK anda yang tidak sesuai dengan dokumen lainnya. Persiapkan juga akun email yang biasa anda gunakan. Periksa valid tidaknya akun email anda dengan cara login ke akun tersebut.

3. Memperbanyak latihan menjawab contoh soal tes CPNS

Biasanya setelah memasukan pendaftaran melalui website panitia penerimaan CPNS, setelahnya akan diumumkan nama-nama yang lulus seleksi pendaftaran. Setelah dipastikan nama kita termasuk yang lulus dan dipanggil untuk menghadapi tes selanjutnya yaitu tes tulis. Atur waktu untuk mempersiapkan tes tulis, buat jadwal dalam sehari dengan target agar lolos tes CPNS. Perbanyak latihan soal-soal cpns yang bisa didapatkan dari internet (blog, google, website atau share teman di media sosial), buku-buku di toko buku dan sumber lainnya. Atur waktu untuk melatih menjawab soal-soal CPNS. Misal bangun di waktu malam/dinihari untuk mengasah kemampuan dalam menjawab soal-soal CPNS.

4. Persiapkan barang/alat tulis yang akan dibawa

Sebelum berangkat pada saat tes, persiapkan barang-barang yang akan dibawa, misal Kartu Ujian, Alat tulis dan lainnya, jangan sampai karena ada barang yang ketinggalan di rumah membuyarkan konsentrasi anda.

5. Berdoa sebelum pelaksanaan Tes CPNS

Sebelum tes dimulai berdoa dengan khusyu dan tenangkan pikiran. Sugesti pikiran dengan optimisme tinggi bahwa saya bisa mengerjakan soal-soal tersebut. Cermat dan teliti dalam membaca soal tes CPNS serta jawablah semua soal yang ada.   

6. Berserah diri atas usaha yang telah dikerjakan

Setelah tes cpns selesai dilaksanakan, ucapkan rasa syukur bahwa kita telah berusaha dan berikhtiar dengan segenap kemampuan ang dimiliki, terkait hasilnya kita pasrahkan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. Kalaupun tidak lulus jangan berkecil hati, Insyaa Allah, akan ada jalan lain yang lebih baik. Perbanyak lagi sholat sunnah dan berdoanya. 

Demikian beberapa tips yang saya dapatkan dari teman yang telah lulus tes CPNS dengan murni tanpa sogok menyogok. Yakinlah bahwa sistem penerimaan CPNS yang sekarang dilakukan secara elektronik oleh pemerintah akan membuka peluang persaingan yang lebih fair. Meskipun tidak dipungkiri mungkin masih ada saja oknum yang berbuat tidak fair dengan menerima sogokan. Saya pribadi pernah mengikuti tes CPNS sebanyak 2 kali namun gagal, dan mungkin kegagalan itu salah satunya karena tidak mengikuti/menjalankan tips-tips di atas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments