Setting Ad Balance Adsense 51% dapat Meningkatkan Earning Blog Gado-gado

Setting Ad Balance Adsense 51% dapat Meningkatkan Earning Blog Gado-gado

Setting Ad Balance Adsense 51% dapat Meningkatkan Earning Blog Gado-gado

Meningkatkan pendapatan iklan adsense dari blog gado-gado atau blog yang berisi macam-macam tema/niche memang terasa "menantang". Tantangan yang muncul yaitu rendahnya CPC (Cost per Klik) atau BPK (Biaya per Klik). CPC kecil pada akhirnya berpengaruh terhadap total pendapatan adsense. Hal ini saya alami juga pada blog masdinko ini. Paling tinggi CPC yang didapat yaitu $0,03. Susah sekali untuk menaikan nilai di atas $0,03. Inspirasi muncul dari salah seorang blogger rujukan saya, yaitu mastimon. Dalam salah satu artikelnya menuliskan tentang cara meningkatkan CPC pada blog gado-gado yaitu dengan mensetting Ad Balance Adsense.

Baca Juga : TIPS SUKSES Blog Gado-gado Dapat Trafik Banyak

Lalu apa yang dimaksud dengan Ad Balance ? Ad Balance ini merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google Adsense untuk menseting tayangan iklan pada blog. Iklan yang tayang pada blog hanya iklan-iklan yang sesuai dengan isi artikel pada blog. Jadi tidak ada lagi iklan-iklan yang tidak senonoh pada blog. Bisa dikatakan ad balance ini dapat berfungsi sebagai penyaring iklan. Jadi tidak usah repot-repot lagi untuk memblok iklan-iklan baru yang tidak senonoh ataupun tidak sesuai dengan isi blog.

Baca Juga : 8 BISNIS ONLINE Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Sebulan

Kemudian bagaimana caranya kita mengatur dan menentukan nilai ad balance untuk blog kita ?
Untuk menseting ad balance adsense, Langkah Pertama, terlebih dahulu kita masuk ke laman login google adsense, kemudian login dengan user name dan password.



Langkah kedua, pada dashboard google adsense, pilih My Ads >>Content>> Ad Balance. Yang harus kita seting sederhana saja. Pada layar nampak 2 nilai, Estimated 100% dan Showing 100%. Di bawah nilai tersebut terdapat garis biru dengan angka di ujung kanan 100%. Geser bulatan dalam garis tersebut ke arah kiri sehingga nilainya kurang dari 100%. Anda bebas menentukan angka ad balance nya. Mau 50%, 60% atau 70% terserah anda. Perlu diingat, hasil dari seting ad balance ini berbeda-beda tiap blog. Dalam menentukan nilai, usahakan nilai estimated nya 100%. Saya coba untuk akun adsense saya, nilai showingnya 50%, nilai estimatednya 99%. Sedangkan saat saya set showingnya 51% nilai estimatednya 100%. Saya mantapkan untuk mencoba dengan nilai showingnya 51% dan nilai estimatednya 100%. Apabila anda masih ragu-ragu, coba dengan nilai showingnya sekitar 70%-80% dan lihat beberapa hari/minggu ke depan. Setelah menentukan nilainya ada 2 pilihan yang bisa dipilih salah satunya. Klik EXPERIMENT untuk percobaan terlebih dahulu dan klik APPLY untuk menerapkan ad balance.





Baca Juga : 3 Cara Mudah Menulis Artikel di Blog

Setelah menerapkan Ad Balance sebesar 51% beberapa perubahan langsung terlihat (setelah beberapa hari setelah penerapannya) diantaranya :
  1. Ada peningkatan di CTR (Click Through Ratio) dan CPC (Cost Per Click)  beberapa hari setelah ad balance diterapkan.
  2. Iklan yang tampil tersaring secara alami, hanya yang sesuai dengan isi artikel yang tampil. Iklan yang tidak senonoh yang cpc nya kecil tidak tampil lagi.
  3. Pada beberapa laman blog, terutama laman blog yang baru, yang belum terindeks google, iklan tidak tampil, sehingga secara tampilan keseluruhan, blog terlihat kurang indah, karena adanya area kosong yang tidak terisi iklan.
Penerapan ad balance sebaiknya dilakukan dalam waktu panjang sekitar 1 sampai 2 bulan, baru kita analisa lagi, apakah ada pengaruh yang signifikan. Apabila hasilnya kurang baik bisa dicoba dengan merubah nilainya. Hasil dari tiap blog memang berbeda, dipengaruhi oleh berbagai faktor (trafik, posisi iklan dan sebagainya). Lakukan terus percobaan agar pendapatan dari Google Adsense anda meningkat dan meroket.

Demikian artikel mengenai cara Setting Ad Balance Adsense 51% dapat Meningkatkan Earning Blog Gado-gado, semoga dapat bermanfaat buat sobat semua. Keep learning and Sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments