20 produk yang laris manis menjelang bulan puasa Ramadhan dan lebaran

20 produk yang laris manis menjelang bulan puasa Ramadhan dan lebaran

20 produk yang laris manis menjelang bulan puasa Ramadhan dan lebaran

Alhamdulillah, tidak terasa bulan Ramadhan atau bulan puasa akan tiba. Bulan Ramadhan atau bulan puasa selalu menjadi berkah bagi setiap orang. Disamping keutamaan-keutamaan dalam beribadah, bulan Ramadhan identik juga dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Beberapa produk akan laris manis pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Bagi seorang penjual pastinya tidak akan melewatkan kesempatan emas ini, untuk menambah omset dan meningkatkan profitnya.

Baca Juga : 8 BISNIS ONLINE Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Sebulan

Bagi penjual musiman yang hanya berjualan pada momen Ramadhan dan Lebaran juga merupakan peluang yang menjanjikan untuk meraup keuntungan dan sebagai bekal untuk merayakan hari raya idul fitri. Pada momen ini permintaan akan meningkat, dan daya beli juga naik dikarenakan adanya Tunjangan Hari Raya (THR). Namun sebelum terjun berjualan di bulan puasa  sebaiknya kita mengetahui dulu produk-produk apa saja yang laris manis pada bulan Ramadhan dan sebelum Lebaran. 

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya dan tren dari tahun ke tahun, saya mencoba memilih 20 produk yang laris manis pada bulan Ramadhan dan sebelum lebaran.
Berikut 20 produk laris manis menjelang Ramadhan dan Lebaran

1. Produk Sembako
Sebelum memenuhi kebutuhan lain biasanya masyarakat membeli dahulu produk sembako untuk kebutuhan selama bulan Ramadhan. Produk sembako diantaranya beras, gula, tepung,terigu, minyak goreng dan sebagainya. Perputaran produk ini memang cepat namun harus diperhatikan juga harganya yang dinamis.   

2. Produk makanan dan minuman untuk berbuka puasa / takjil
Pada bulan puasa produk makanan dan minuman untuk berbuka puasa/takjil akan meningkat peminatnya. Dijajakan pada sore hari menjelang adzan maghrib. Produk takjil bisa berupa nasi,bubur, lauk pauk, buah-buahan, minuman dingin, jus buah, kolek pisang, dan lain-lain.

3. Produk paket berbuka puasa
Pada bulan Ramadhan, saat berbuka puasa merupakan rejeki bagi bisnis warung makan dan restoran. Sebagian orang yang tidak sempat membuat masakan akan lebih memilih untuk berbuka puasa di warung makan atau restoran. Sebagian restoran malah membuat paket hemat untuk berbuka puasa untuk meramaikan restorannya.         

4. Produk Kue Lebaran
Lebaran identik dengan masakan dan kue-kue. Kue kering dan kue basah banyak dicari oleh pembeli. Untuk kue kering ada yang dibuat sendiri dan ada juga yang pabrikan seperti kue kaleng khong guan dan lainnya.
 
5. Produk Busana Muslim / Fashion
Produk busana muslim atau fashion pada umumnya, pasti mengalami peningkatan permintaan, karena momen lebaran identik dengan baju baru. Baju koko, busana hijab, kerudung, baju koko anak, baju hijab anak-anak, sepatu, sandal, dan accesories fashion lainnya biasanya mengalami peningkatan permintaan yang signifikan. Penjualan secara online juga menambah minat penjual pemula dalam memasarkan produk busana muslim ini.     

6. Produk Perlengkapan Ibadah
Bulan Ramadhan dan lebaran identik dengan memaksimalkan ibadah. Produk perlengkapan ibadah seperti peci,sarung, sajadah, mukena, baju koko biasanya dibutuhkan oleh pembeli pada momen seperti ini.   

7. Produk Parcel
Bagi masyarakat yang tidak bisa bertemu secara langsung pada hari raya idul fitri biasanya akan mengirimkan parcel sebagai penyambung tali silaturahim. Buatlah parcel dengan variasi harga dari harga termurah sampai termahal dengan melihat daya beli dan permintaan dari masyarakat. Isi paket parcel dengan produk yang halal, berijin resmi dan belum lewat batas masa kadaluarsa.   
 
8. Produk Perlengkapan Rumah Tangga
Produk perlengkapan rumah tangga yang banyak dibutuhkan diantaranya toples kue, alat makan dan minum, penyimpan air minum kemasan, produk plastik tupperware dan lain-lain.      

9. Produk Bahan Bangunan / Material
Menyambut momen hari raya Idul Fitri waktu yang tepat untuk memperbaiki atau memperindah rumah. Produk yang laris biasanya semen dan pasir untuk memperbaiki tembok yang rusak, cat/kuas dan minyat cat untuk mengecat tembok rumah, alat-alat listrik untuk mengganti alat listrik yang rusak. 

10. Produk Elektronik
Momen Lebaran identik juga dengan pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Bagi sebagian masyarakat yang sudah tercukupi kebutuhan pokoknya, dana dari THR ini berpotensi digunakan untuk membeli produk elektronik. Produk yang sering dibeli yaitu gadget, accesories gadget, televisi, dvd player, laptop, netbook, dan lain-lain.  

11. Produk Herbal
Sebagian masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan disaat menjalankan ibadah puasa, tentu merasakan ketidaknyamanan dalam menjalankan ibadah puasa. Selain obat medis, produk herbal saat ini banyak diminati oleh masyarakat karena bersifat alami dan tanpa efek samping. Produk herbal untuk mengobati penyakit mag, pencernaan, dan lain-lain biasanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

12. Produk Pulsa dan Kuota Internet
Pulsa dan kuota internet memang kebutuhan yang vital untuk menjalin komunikasi dengan sesama. Masyarakat perkotaan sudah umum dalam penggunaan aplikasi-aplikasi gadget seperti WA, BBM, aplikasi ojek online dan lain-lain. Untuk memfungsikan aplikasi tersebut tidaklah gratis. Kita diharuskan memiliki akses internet dengan cara membeli voucher internet maupun dengan membeli kuota internet menggunakan pulsa.

13. Produk Hiasan Rumah
Produk hiasan rumah berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah baik tampilan di luar maupun tampilan di dalam. Tampilan luar rumah bisa dihias dengan menggunakan bunga potong yang dibentuk dengan cantik. Untuk bagian dalam di ruang tamu, produk yang dibeli biasanya hiasan bunga di meja, guci-guci, dan lukisan atau hiasan dinding.

14. Produk Jasa Laundry
Asisten rumah tangga biasanya akan mudik dan membuat para ibu yang tidak sempat mencuci pakaian,selimut,dan lainnya membutuhkan jasa laundry baik secara kilo an maupun satuan.

15. Produk Jasa Cetak Foto
Meskipun saat ini era digital dan era paperless, namun produk jasa cetak foto tetap dibutuhkan untuk menyimpan kenangan saat momen lebaran. Terlebih sekarang penggunaan mesin digital photo studio telah membuat biaya untuk cetak foto lebih terjangkau.

16. Produk Jasa Salon/Pangkas Rambut
Setiap orang pastinya ingin tampil cantik, ganteng dan menawan pada saat hari raya idul fitri. Omset Jasa pangkas rambut pria dan jasa salon biasanya meningkat tajam menjelang lebaran.  

17. Produk Otomotif dan Jasa Bengkel
Budaya mudik yang masih melekat di masyarakat Indonesia membuat kebutuhan alat transportasi meningkat. Jasa bengkel dan produk spare part otomotif dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan mudik masyarakat. Jangan sampai perjalanan mudik terhambat dikarenakan kendaraan yang mogok. Jasa service berupa ganti oli, tune-up, perawatan mesin dan sebagainya akan meningkat tajam.   

18. Produk Jasa Rental Mobil
Masih berkaitan dengan budaya mudik. Bagi yang tidak kebagian tiket angkutan umum, alternatif untuk bermudik yaitu dengan menyewa mobil atau rental mobil. Dengan merental mobil perjalanan mudik akan lebih nyaman dan menyenangkan, karena bisa bersama dengan keluarga.

19. Produk Jasa Asisten Rumah Tangga Sementara
Sebagian rumah tangga akan kerepotan ketika asisten rumah tangga yang bekerja mengajukan libur untuk mudik ke kampung halaman. Bagi yang tidak memiliki kegiatan ini merupakan peluang bagus untuk menggantikan sementara asisten rumah tangga yang sedang mudik. Biasanya tarifnya akan lebih mahal daripada asisten rumah tangga yang biasanya.
 
20. Produk Jasa Penitipan Hewan Piaraan
Menjelang lebaran, bagi yang memiliki hewan peliharan di rumah akan sangat repot kalau harus membawa hewan piaraan ke tempat mudik, namun untuk ditinggalkan di rumah juga tidak bisal. Jasa penitipan hewan piaraan menjawab kebutuhan anda. Dengan menitipkan hewan piaraan ke tempat penitipan, anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan dan kebutuhan hewan piaraan.    

Demikian 20 jenis produk yang laris manis menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran. Semoga menjadi inspirasi anda untuk berjualan pada saat sebelum puasa dan lebaran tahun ini. Keep learning and sharing.         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments