Pengalaman Cara Praktis Mengubah Partisi GPT ke MBR

Pengalaman Cara Praktis Mengubah Partisi GPT ke MBR

Pengalaman Cara Praktis Mengubah Partisi GPT ke MBR

Assalamu'alaikum semuanya, setelah sebelumnya memposting contoh soal UTS, kali ini Masdinko akan share tips bagaimana cara mengubah partisi GTP ke MBR. Tips ini diperoleh saat masdinko menservice komputer salah satu pelanggan. Berawal dari keluhan pelanggan yang komputernya lemot dan lelet alias lamban. Sistem operasi menggunakan Windows terbaru namun sayangnya tidak diimbangi dengan prosesor dan RAM yang cukup, hingga akhirnya diambil keputusan untuk mendowngrade atau mengubah sistem operasinya dari Windows 10 ke Windows 7.

Baca Juga : Penyebab Komputer Restart Sendiri Tanpa Peringatan dan Solusinya

Seperti proses install windows pada umumnya, prosedur pertama yaitu menyimpan/membackup data ke tempat yang aman. Yang akan diisi Windows hanya 1 drive yaitu drive C, jadi data disimpan di drive lainnya misal drive D. Setelah data dibackup kemudian masuk ke proses instalasi Windows 7. Masukan CD Bootable Windows 7 ataupun USB Bootable, seperti biasa masuk ke menu Instalasi Windows. Saat akan memformat Drive yang akan diisi sistem, ternyata partisi hard disk tidak mau diformat. Notifikasi yang muncul yaitu Windows can't be installed on drive 0 partition 1 (show details) dan juga ada notifikasi di jendela windowsnya "windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the GPT partition style". Dari keterangan tadi, bisa langsung disimpulkan bahwa Windows 7 tidak bisa diinstall di partisi yang menggunakan partisi GPT. Jadi harus dirubah dulu partisinya dari GPT menjadi MBR.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Encoder HTML atau Parse HTML di Blog Sendiri

GPT Versus MBR
Sebelum membahas cara mengubah partisi GPT ke partisi sebelumnya, tentunya kita penasaran apa sih sebenarnya perbedaan antara GPT dan MBR.
GPT yaitu teknologi partisi terbaru saat ini, dapat menyimpan dalam kapasitas besar hingga 9,44 ZB (Zettabytes) tiap partisinya. Kelebihan lainnya GPT yaitu dapat membuat partisi sebanyak mungkin dan tidak terbatas (unlimited). Sebaliknya partisi MBR, jumlah partisi yang bisa dibuat itu terbatas. Karena GPT merupakan teknologi yang terbaru, maka banyak digunakan di Windows yang terbaru. Jadi ketika akan diinstall Windows 7 yang supportnya ke teknologi MBR, akhirnya tidak akan bisa diinstal Windows 7.

Apabila kita tetap akan menginstal WIndows 7 maka yang harus dilakukan yaitu mengubah partisi GPT menjadi partisi MBR. Ada beberapa cara untuk mengubah GPT menjadi MBR, namun yang pasti SAVE dahulu data yang ada di hardisk ke Hardisk/flashdisk/media penyimpanan lainnya supaya data aman.

Nah sekarang langsung kita lakukan mengubah GPT menjadi MBR.

CARA 1 Menggunakan Installer Windows.

  1. Hidupkan komputer dan booting melalui CD/Flashdisk Installer Windows tadi.
  2. Klik Next, pilih Install Now
  3. Pada tahap ini kita tidak bisa menginstal Windows di partisi GPT.
  4. Ketik/pencet tombol SHIFT + F10
  5. Muncul jendela command prompt baru
  6. Ketik DISKPART kemudian tekan ENTER
  7. ketik list disk untuk melihat partisi hardisk
  8. ketik select disk 0 kemudian ENTER
  9. ketik CLEAN dan tekan ENTER
  10. ketik convert gpt kalau ingin merubah ke GPT. atau ketik convert mbr kalau ingin convert ke MBR
  11. BERHASIL, kemudian close dan lanjutkan instal windowsnya

CARA 2 Menggunakan Hiren CD 15
  1. Apabila kita terlanjur memformat windows bawaannya sehingga tidak bisa masuk lagi ke windows, maka saatnya  Menggunakan bantuan CD Bootable Hiren CD 15, Kalau belum punya bisa download dulu. Download Hiren CD 15  dan kemudian burning ke CD/DVD/Flashdisk.
  2. Seperti biasa seting dulu BIOS, atur menu booting, seting pada urutan pertama, CD/DVD atau Flashdisk (tergantung kita menggunakan media yang mana untuk bootingnya). Kemudian simpan dan restart komputer.
  3. Pada saat ada beberapa pilihan, pilih yang Mini Windows XP, supaya lebih ringan.  
  4. Setelah masuk ke Mini Windows XP, lihat sebelah kanan ada aplikasi yang bernama Acronis Disk Director Suite 11 di sebelah kanan layar, Masuk dan klik hardisk yang berpartisi GPT, kemudian Convert to MBR dan tekan OK, kemudian Commit Pending dan klik Continue 
  5. Selesai. Restart komputer dan masuk lagi ke instalasi Windows dan lanjutkan ke tahap penginstalan windows seperti biasa.
Demikianlah cerita dan pengalaman saya dalam mengubah partisi GPT ke partisi MBR dalam rangka menginstall Windows 7 pada komputer yang berpartisi GPT. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat buat semua. Keep Learning and Sharing.       
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments