13 Langkah Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W

13 Langkah Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W

13 Langkah Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W


Mengganti keyboard laptop biasanya dilakukan apabila ada tombol keyboard yang mengalami error, sehingga tidak berfungsi saat digunakan untuk mengetik. Meskipun untuk kerusakan ringan biasanya masih bisa diakali dengan cara tertentu. Namun kebanyakan orang ketika keyboard mengalami error, maka yang biasa dilakukan yaitu dengan mengganti keyboard laptop yang baru. Mengganti keyboard laptop memang tidak sama dengan mengganti keyboard komputer biasa atau CPU, karena keyboard laptop tertanam pada laptopnya, yang artinya harus dibuka dahulu baru kemudian dipasang yang baru. Untuk membuka keyboard laptop caranya berbeda-beda tergantung dengan merk dan typenya, ada yang mudah namun ada pula yang sulit. Membuka keyboard laptop yang mudah yaitu yang cara membukanya tidak perlu membuka atau membongkar bagian dalam laptop, biasanya hanya dipakai baut dan ditutupi dengan semacam plastik sebagai pelindungnya, dan setelah bautnya dilepas kita tinggal mencongkelnya saja, pernah saya temui waktu membuka keyboard laptop toshiba C640. Membuka keyboard yang sulit apabila untuk membukanya harus membuka part lain seperti mainboard, ini pernah saya temukan waktu membuka keyboard Axioo Neon TNH. Untuk mengetahui sulit tidaknya membuka keyboard laptop coba cari dulu video tutorialnya di youtube sehingga ada gambaran buat kita untuk cara membongkar keyboard laptopnya.

Baca juga : Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Cara mengganti keyboard laptop Asus X454W saya lakukan saat ada teman yang tombol keyboardnya error, setelah diperiksa disimpulkan keyboard harus diganti. Mengganti keyboard laptop Asus sebenarnya agak deg-degan juga, soalnya ada teman yang mengalami pengalaman pahit saat memasang keyboard laptop Asus yaitu mainboard laptopnya mati entah karena konslet atau kenapa. Jadi bayangan itu yang muncul saat mau membuka dan memasang keyboard laptop Asus X454W. Dengan ucapan bismillah akhirnya saya bulatkan tekad dan keyakinan, dan tidak lupa sebelumnya juga sudah menonton tutorialnya di youtube maklum masih amatir hehehe.

Baca juga : Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L

Langkah-langkah mengganti keyboard Asus X454W secara sederhana seperti di bawah ini :

Alat-alat :
  1. Obeng Kembang untuk membuka sekrup
  2. Obeng pipih untuk mencongkel casing
  3. Kartu dudukan Simcard/kartu member/kartu game untuk membuka kunci-kunci casing agar tidak lecet pada casing
  4. Lem Tembak ukuran kecil, kalau tidak ada pemanasnya pakai saja korek gas atau lilin.

baca juga : Tutorial cara mengganti keyboard Asus A43S
 
Langkah-langkah :
  • Membuka semua baut/sekrup yang ada di casing belakang atau bawah, terdiri dari sekrup pendek (2), sekrup sedang (4) dan sekrup panjang (4).
  • Kemudian congkel bagian kiri pojok laptop, dengan menggunakan obeng tipis, hati-hati jangan sampai menggores body casing, buka saja sedikit, setelah terbuka sedikit kemudian gunakan kartu pipih, bisa kartu member, atm, atau kartu game, pokoknya bentuknya pipih dan tidak tajam, supaya tidak merusak body. Lalu geser untuk membuka kunci-kunci pada casing tersebut dari mulai ujung kiri sampai ujung kanan sampai akhirnya terlepas.
  • Buka dahulu kabel keyboard dan kabel toouch pad (lihat gambar tanda merah), supaya bisa dicopot semua bagian keyboardnya. Caranya dengan mencongkel pengunci yang berbentuk plastik pada kabelnya, pakai kuku saja supaya aman.

    Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W
    Buka kabel keyboard dan touchpad

  • Setelah tercopot, bisa kita lihat pada gambar bahwa keyboard Asus X454W ini dikunci permanen dengan plastik-plastik putih yang terpasang pada lempengan cover casing. Dan pada bagian sebelahnya ditutupi dengan plastik hitam yang dilekat, namun plastik ini mudah dibuka karena tidak melekat kuat.

    Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W
    Terlihat plastik putih kecil dan banyak pada bagian kiri gambar

  • Untuk membuka keyboard terpaksa kita harus mencabuti plastik-plastik putih pengunci keyboard tersebut dengan cara dipotong menggunakan pisau cutter ataupun silet. Tidak disarankan menggunakan obeng pipih karena plastiknya cukup kuat dan juga menghindari menabraknya obeng pada kancing plastik dudukan keyboard.
  • Semua plastik putih tersebut disodet atau dipotong bagian ujungnya/kepalanya, sehingga lempengan logam bisa dicabut. (lihat gambar)

    Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W
    Lempengan casing sudah dicabut
  • Setelah beres maka lempengan logam cover keyboard bisa dicopot, bagian plastik hitam juga bisa dicopot. Maka akan tampak bagian dasar keyboardnya. Dan ternyata ada lapisan plastik juga yang mengunci keyboard ini, yang akhirnya harus kita buang/potong dahulu seperti tadi menggunakan cutter atau silet.
  • Setelah semua plastik dicabut akhirnya kita bisa mencabut keyboard yang rusak tersebut. Lumayan juga lho teman, sekitar satu jam kurang saya mencabuti semua plastik putih tadi.
  • Untuk pemasangan keyboard baru, prosesnya dibalik dari proses membuka. Namun yang perlu kita pikirkan bagaimana cara mengganti plastik putih tadi yang telah kita copot ? soalnya tidak ada jualannya, itu langsung buatan dari vendornya. Akhirnya solusinya menggunakan lem tembak, lem tembak biasa digunakan oleh pengrajin kain flanel untuk mengelem kerajinannya. Apabila tidak memiliki pemanasnya biasanya berbentuk seperti pistol, bisa saja menggunakan pemantik api biasa (gas) ataupun juga lilin untuk memanaskan lem tembaknya.
  • Jadi setelah dipasang keyboardnya kita harus mengoleskan lem tembak yang telah dipanasi pada lobang-lobang bekas plastik putih tadi yang kita copoti. Fungsinya agar posisi keyboard permanen, ajeg dan tidak berubah-berubah, jadi kayak ganjal begitu fungsinya. Jadi sambil pegang keyboardnya sambil kita oleskan lem tembak ke lubang-lubang tadi. Untuk memanaskannya tidak usah lama, 1-2 detik saja langsung kita oles ke lubangnya. Yak silahkan dimulai hehehe
  • Posisikan lempengan cover keyboard, plastik hitam dan ada juga seperti plastik silver pada pinggir body dan tempat sekrup seperti semula, bisa saja terjadi konslet karena tidak rapih dalam memasang ini. Gambar setelah dioleskan lem tembak


    Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W
    Dasar keyboard sudah diolesi lem tembak
  • Setelah semua lubang dikasih lem tembak dan posisi keyboard sudah bagus dan rata, jangan lupa kasih perekat juga ke bagian plastik hitam, karena letaknya berdekatan dengan kipas laptop, kalau tidak direkat khawatir copot dan plastik hitam akan bersentuhan dengan kipas laptop yang akhirnya akan mengeluarkan suara gesekan kipas dengan plastik hitam.

    Mengganti Keyboard Laptop Asus X454W
    Bagian lempengan cover keyboard diolesi lem tembak
  • Pasang kembali kabel keyboard dan touchpad, kemudian pasangkan casing pada tempatnya sampai terkunci. Baru kemudian pasang kembali sekrup pada tempatnya lagi jangan sampai tertukar. Coba hidupkan laptopnya apabila hidup berarti selamat anda sudah sukses dalam memasang keyboard Asus X454W, apabila sebaliknya coba cek lagi dari proses membuka sampai memasang keyboard Asus X454W.
Baca juga : Share Tips Cara Mengganti Keyboard Axioo Neon TNH 

Demikian 13 langkah mengganti keyboard Laptop Asus X454W, mohon maaf apabila ada langkah-langkah yang keliru, karena saya menuliskan berdasarkan pengalaman sendiri memasang keyboard Asus X454W. Keep learning and sharing          
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments