Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri

Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri

Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri

Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend
Berjualan di marketplace luar negeri seperti ebay, amazon, bonanza, storenvy, etsy dan lainnya memang menggiurkan, apalagi dengan nilai tukar atau konversi mata uang dari dollar USA yang menguat akan meningkatkan tingkat profit penjual di marketplace tersebut. Namun karena lingkupnya yang global, mencakup seluruh negara di dunia, marketplace tersebut memiliki aturan yang lebih detail dan ketat dibandingkan dengan marketplace lokal Indonesia. Dan ketika seller melanggar aturan mereka, mereka tidak segan-segan untuk mensuspend permanen atau memblokir permanen akun penjual yang berakibat penjual tidak bisa berjualan lagi.

baca juga : Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar 

Lalu apa sajakah penyebab akun seller ebay disuspend?secara umum banyak sekali penyebab akun seller ebay disuspend,yang pasti akun penjual ebay tersebut telah melanggar aturan ebay. Berkaca dari pengalaman sendiri dan juga pengalaman teman lainnya, akun seller ebay disuspend diantaranya karena menjual barang imitasi/palsu/barang KW/melanggar hak cipta, produk medis yang berlabel resep dokter, produk kesehatan yang dilarang beredar di negara tersebut dan lainnya. Penyebab lainnya yaitu performance seller yang tidak baik yaitu penjual tidak mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli dan pembeli mengadukannya ke Ebay, penjual seperti ini biasa disebut scammer. Biasanya sebelum Ebay memutuskan mensuspend permanen akun seller ebay, mereka akan menghukum dengan suspend sementara (temporary). Ini merupakan peringatan keras terhadap seller, apabila seller tetap menjual barang/produk yang dianggap melanggar aturan tersebut maka ebay akan memutuskan suspend permanen.

baca juga : 8 BISNIS ONLINE Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Sebulan


Namun faktanya apabila kita search produk di ebay yang berupa custom product seperti kaos, casing handphone, hoodie dan lain-lain masih banyak seller yang menjual dengan desain/gambar yang berhak cipta atau TradeMark dan kenapa masih eksis tidak disuspend ? Terkait hal ini memang untuk suspend merupakan kewenangan mutlak dari Ebay. Ebay mendeteksi adanya produk yang melanggar aturan berdasarkan pengamatan sendiri dan juga berdasarkan laporan dari pemilik merk/hak cipta. Ebay memiliki program yang namanya Vero (Veripied Rights Owner Program) yaitu layanan ebay bagi pemilik hak cipta atau perwakilan dari pemegang hak cipta untuk melaporkan produk-produk yang dilisting yang melanggar hak ciptanya di Ebay kepada Ebay. Ebay akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan menghapus listing dan menyuruh seller ebay untuk menghubungi pelapor terkait listing produknya yang dihapus ebay. Apabila sampai saat ini kita masih menemukan produk yang dianggap melanggar hak cipta di ebay, itu karena keterbatasan ebay sendiri dalam menscreening semua listing di ebay. Namun biasanya ada saat-saat tertentu dimana ebay melakukan razia produk dan mensuspend akun sellernya. Jadi bisa dibilang untung-untungan ya.

Lalu bagaimana caranya agar akun seller ebay aman dari suspend ebay? seperti halnya pemain youtube atau youtuber agar akunnya aman ya ikuti aturan permainan dari youtube atau google, jangan mengupload video orang lain yang berhak cipta, atau mereupload video milik orang lain, buat video yang original asli buatan sendiri. Begitupun yang bermain blog, apabila ingin akun adsensenya aman dari suspend, jangan bermain AGC (Automated Generate Content) atau copy paste masif konten blog dari orang lain. Jadi untuk seller di ebay juga agar akun sellernya aman dan awet janganlah menjual produk-produk yang dilarang oleh Ebay atau melanggar hak cipta orang lain. Contohnya berjualan produk lokal seperti produk-produk yang dipajang di minimarket, itu juga bisa lho dijual di ebay. Masih banyak koq produk-produk lokal yang menarik bagi buyer bule disana.

Sepertinya cukup sampai sini dulu ya cara mencegah akun seller ebay disuspend permanen berdasarkan pengalaman sendiri dan juga rekan seller lainnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.                   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments