Tips Ngeblog Cara Sederhana Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog

Tips Ngeblog Cara Sederhana Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog

Tips Ngeblog Cara Sederhana Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog

Mendapatkan ide dalam menulis artikel khususnya untuk mengisi konten blog kita memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebelum menulis artikel untuk blog seringkali pikiran kita macet dalam proses awal menulis artikel yaitu apa yang akan kita tulis. Apa yang akan kita tulis ini berkaitan dengan ide, gagasan atau tema utama yang akan kita informasikan melalui artikel yang ditulis. Pada akhirnya akan membuat kita merasa malas untuk membuat artikel. Saya pribadi sering juga mengalami hal seperti itu, terhambatnya proses menulis artikel sering terjadi pada proses awal ini. Biasanya setelah ada ide, gagasan dan tema utama, dan langsung dituliskan, Insya Allah proses menulis selanjutnya terasa lebih mudah dan lebih berkembang.

baca juga :  3 Cara Mudah Menulis Artikel di Blog

Beberapa tips cara sederhana mendapatkan ide menulis artikel di Blog yang saya kutip dari blogger senior yang visitor blognya membludak, dan kebetulan juga isi atau konten blognya beragam tema atau istilahnya blog gado-gado. Blog dengan niche gado-gado memang terasa lebih fleksibel dalam membuat artikelnya, artikel yang dibuat bisa beragam tema dan niche dan materi untuk konten artikelnya tersedia banyak di Google. Namun kelemahan dari blog gado-gado yaitu kesetiaan dari pengunjung/visitor. Visitor cenderungnya berkunjung hanya pada saat apa yang dia butuhkan ditemukan di blog tersebut, dan tidak berminat ke artikel lainnya karena berlainan tema dengan yang dicarinya. Berbeda dengan bloh niche khusus, kesetian visitor dalam berkunjung lebih kuat, apalagi jika dia subscribe dan follow akun medsos pemilik blognya sehingga setiap update blog peluang berkunjungnya lebih besar. Tips sederhana mendapatkan ide menulis artikel di blog berikut ini memang lebih dekat dengan blog gado-gado namun tetap bisa juga digunakan untuk blog secara umum. 

baca juga : TIPS SUKSES Blog Gado-gado Dapat Trafik Banyak

1. Ide menulis berasal dari pengalaman sendiri


Menulis artikel dari pengalaman sendiri terasa lebih mudah dan lancar, karena kita pernah mengalaminya dan merasakannya. Biasanya hambatan menuliskan pengalaman sendiri yaitu ketika membuat kalimat pertama atau paragraf pertama. Begitu banyak kata yang ingin kita tuliskan namun bingung untuk memulainya darimana. Solusinya tuliskan saja kalimat yang muncul dalam pikiran kita, setelah semuanya kita tulis barulah kita seleksi mana yang akan menjadi kalimat pertama dalam menulis artikel. Insya Allah setelah menuliskan kalimat selanjutnya akan mengalir sendiri dan lancar. Namun perlu diingat dalam menuliskan pengalaman sendiri jangan terjebak menjadi ajang curhat ya, tonjolkan saja tema utamanya, kalau untuk curhat lebih baik via medsos atau langsung berdoa ke Tuhan saja ya..

2. Mengunjungi artikel blog orang lain

Ide menulis artikel bisa didapatkan dari blog lainnya, namun jangan diterjemahkan sebagai copy paste ya, mengunjungi artikel orang lain hanya untuk menyimak  isinya dan kemudian kita kembangkan dengan dengan kata-kata sendiri. Manfaat dari mengunjungi artikel blog lain yaitu memperkaya perbendaharaan kosakata, menambah wawasan dan informasi baru serta media belajar dalam membuat artikel yang baik. Jadi dalam mengunjungi artikel blog lainnya hanya menyimak poinnya saja dan kita kembangkan dengan kata-kata sendiri. 

3. Ide menulis dari mereview sebuah produk

Ide menulis artikel bisa datang dari mereview produk terbaru baik berupa produk barang maupun jasa. Produk yang baru dirilis oleh suatu vendor atau produsen biasanya mengundang minat orang banyak untuk mengetahui detail dari produk tersebut. Meskipun vendor produk tersebut sudah merilis informasi produknya pada website resminya, namun masih ada kecenderungan para peminat produk tadi untuk mencari informasi lainnya di luar website resmi vendor produk tadi. Bisa saja karena informasi yang ditampilkan oleh vendor tersebut kurang lengkap sehingga mencari di website/blog lainnya. Mereview produk agar dapat menarik banyak visitor yaitu harus menulisnya dengan selengkap-lengkapnya dan sedetail-detailnya. Lebih bagus juga apabila dilengkapi dengan penilaian atau testimoni dari pengguna produk tersebut, karena memang itu yang visitor cari.

4. Ide dari status di media sosial

Ide menulis artikel dari status di medsos. Seperti kita ketahui, informasi yang paling cepat dapat diakses yaitu dari media sosial, seperti facebook, twitter, whatapps dan lainnya. Informasi dari medsos ini dapat kita jadikan juga sebagai sumber ide untuk menulis artikel pada blog. Informasi yang kita ambil dari medsos baik itu berupa status, share dan lainnya sebaiknya berupa informasi yang valid, bukan hoaks, dan bernilai positif. Jangan kita ambil informasi yang belum tentu kebenarannya, cross check dulu dan cari informasi lainnya juga dari internet supaya apa yang kita tulis tidak keliru dan menimbulkan kontroversi.

5. Menemukan kata kunci ketika melakukan Riset Keyword

Untuk uraian terakhir ini berupa seleksi terhadap artikel yang telah kita buat. Artikel yang telah dibuat agar dapat bersaing di mesin pencari Google, sebaiknya kita tentukan kata kuncinya. Coba untuk menseleksi kata kunci yang kompetesinya rendah atau medium saja agar dapat muncul pada halaman awal mesin pencari google. Cara untuk riset keywoard memang banyak dan beragam, bisa dicari di google secara tekniknya.

Demikian tips ngeblog cara sederhana mendapatkan ide menulis artikel di blog. Semoga yang diinformasikan dapat bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments