Hari Penting Pada Bulan November

Hari Penting Pada Bulan November

Hari Penting Pada Bulan November

Setelah melalui hari penting pada bulan Oktober, tak terasa bulan November akan kita masuki. Seperti halnya bulan Oktober, banyak hari penting pada Bulan November yang diperingati baik itu dalam skala nasional maupun internasional. Hari penting November yang pasti diingat setiap tahunnya yaitu heroisme perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemederkaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya Jawa Timur. Saat itu pertempuran terjadi antara pejuang Indonesia dengan tentara Inggris yang diboncengi Belanda. Tanggal 10 November pun secara rutin tiap tahun diperingati sebagai hari Pahlawan.

baca juga : Kumpulan Hari-hari Penting pada Bulan Agustus

Momen penting pada Bulan November selain adanya hari Pahlawan, banyak juga hari penting lainnya yang diperingati. Tanggal penting bulan November diperingati oleh berbagai bidang/keahlian ataupun profesi seperti dari bidang teknologi, bidang kesehatan, bidang keamanan, bidang sosial keluarga, Bidang lingkungan hidup dan bidang lainnya.

baca juga : Daftar Hari Penting dan Hari Peringatan di Bulan September

Memperingati hari penting di bulan November tidak hanya diperingati sebagai hal yang seremonial saja ataupun formalitas saja, namun ada semangat, cita-cita dan harapan untuk membuatnya lebih baik dari yang sebelumnya. Semangat, cita-cita dan harapan tersebutlah yang membuat peringatan hari penting pada bulan November setiap tahun akan terasa berbeda dan lebih berkembang.

baca juga : Inilah Daftar Hari Penting dan Bersejarah di Bulan Oktober

Berikut ini merupakan daftar hari-hari penting pada bulan November, anda dapat mencatatkannya pada agenda di smartphone anda ataupun pada buku agenda anda agar momen penting bulan November tidak terlupakan. Mari kita simak hari penting bulan November di bawah ini beserta ringkasannya :

01 November
Hari Inovasi Indonesia
Hari Inovasi Indonesia dicetuskan dengan harapan terciptanya budaya yang inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif dari pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia.

03 November    
Hari Kerohanian    

05 November    
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
Kepedulian terhadap puspa dan satwa Indonesia sangat penting untuk digalakan, sehingga sejak tahun 1993 Hari cinta puspa dan satwa nasional diperingati.
   
10 November    
Hari Pahlawan    
10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan karena pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran dashyat dan besar antara pejuang Indonesia termasuk di dalamnya masyarakat sipil, arek-arek Suroboyo, dan lainnya dalam menghadapi serangan dari tentara Inggris yang diboncengi oleh Belanda. Secara ringkas awal terjadinya pertempuran ini yaitu karena tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby, kemudian penggantinya Mayor Jenderal Robert Mansergh mengultimatum semua masyarakat untuk menyerahkan senjata dan menyerahkan diri selambat-lambatnya tanggal 10 November jam 6 pagi. Ultimatum ini ditolak karena Indonesia sudah merdeka. Akhirnya tentara Inggris menyerang dan terjadilah pertempuran besar di Surabaya. Bung Tomo sebagai tokoh muda dan berpengaruh terus menggelorakan semangat untuk bertempur melawan tentara Inggris. Sehingga banyak pejuang yang gugur sekitar 6 ribu sampai 16 ribu orang dan dari pihak Inggris sekitar 600-2000 orang tewas. Sehingga tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.   


10 November    
Hari Ganefo    
Ganefo merupakan singkatan dari Game of New Emerging Forces, yaitu sebuah event olahraga yang diadakan pada tahun 1960 dan diakui pada tahun 1963.


11 November    
Hari Bangunan Indonesia    

12 November    
Hari Kesehatan Nasional    

12 November    
Hari Ayah Nasional    
Hari Ayah Nasional dideklarasikan sejak tahun 2016 sebagai bentuk kasih sayang terhadap sosok ayah. Meski belum sepopuler hari Ibu namun hari Ayah Nasional tetap harus diapresiasi. 

14 November    
Hari Diabetes Sedunia (Internasional)    
Hari Diabetes Sedunia diperingati sebagai bentuk kepedulian dan kampanye kesadaran terhadap ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes. 

14 November    
Hari Brigade Mobil (BRIMOB)    
Peringatan Hari Brigade Mobil diawali dari dibentuknya Mobile Brigade (Mobrig) oleh Perdana Menteri Sutan Sjahrir pada tanggal 14 Nopember 1946 sebagai pengganti dari Pasukan Polisi Istimewa. 

16 November    
Hari Toleransi Internasional    

16 November    
Hari Konferensi Warisan Sedunia (Internasional)    

20 November    
Hari Anak-anak Sedunia (Internasional)    

21 November    
Hari Pohon Internasional    

21 November    
Hari Televisi Sedunia (Internasional)    

22 November    
Hari Perhubungan Darat Nasional    

25 November    
Hari Anti KekerasanTerhadap Perempuan Internasional    

25 November    
Hari Guru (PGRI)    
Hari Guru diambil dari tanggal didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

28 November    
Hari Menanam Pohon Indonesia    

29 November    
Hari KORPRI (Korps Pegawai RI)
Hari Korpri ditetapkan dari tanggal pendiriannya yaitu tanggal 29 November 1971. Korpri beranggotakan Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN), Pegawai BUMN dan BUMD, serta anak perusahaan dan perangkat Pemerintah Desa.

Demikian beberapa hari penting pada Bulan Nopember. Hari penting di bulan Nopember diperingati sebagai bentuk penghargaan, apresiasi, serta untuk memotivasi semangat dan harapan mencapai masa depan yang lebih baik lagi. Keep learning and sharing.  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments