Inilah Daftar Hari Penting dan Bersejarah di Bulan Oktober

Tak terasa lagi bulan Oktober akan tiba, sepertinya baru kemarin kita menginjak bulan September. Beberapa tanggal penting di bulan September telah dilalui dan diperingati. Seperti halnya pada bulan September, terdapat beberapa hari penting dan bersejarah pada bulan Oktober. Tanggal penting di bulan Oktober ada yang diperingati secara nasional dan ada juga yang berskala internasional atau global. Memperingati atau mengingat momen penting di bulan Oktober, bukan berarti membuka luka dari sejarah masa lalu, namun memperingati tanggal penting di bulan Oktober bertujuan positif untuk menggali maknanya, mengingat perjuangannya dan untuk kemudian meneruskan dan membangun apa yang dicita-citakan pada momen tersebut.

baca juga : Daftar Hari Penting dan Hari Peringatan di Bulan September 2018

Hari bersejarah di bulan Oktober ada yang diperingati secara nasional karena memang sejarahnya terjadi secara nasional dan ada juga yang diperingati secara internasional atau global. Hari bersejarah nasional pada bulan Oktober ada yang berupa sejarah pahit dan kelam, ada juga yang berupa sejarah manis. Namun meski begitu, hal tersebut tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup negara kita tercinta Indonesia. Hari penting yang diperingati di bulan Oktober yang berskala internasiol yaitu yang diperingati oleh seluruh negara di dunia, serta memiliki peranan dan pengaruh luas ke seluruh negara.

baca juga : Kumpulan Hari-hari Penting pada Bulan Agustus 2018

Hari penting di bulan Oktober ada yang diperingati secara luas oleh seluruh masyarakat dan ada juga yang diperingati oleh masyarakat yang berkecimpung pada bidang itu saja. Hari penting yang diperingati secara luas oleh seluruh masyarakat biasanya merupakan hari yang bersejarah yang berpangaruh besar terhadap perjalanan hidup bangsa contohnya peristiwa sejarah pada pemerintahan, politik, keamanan dan lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak hari penting bersejarah di Bulan Oktober, kami informasikan daftar hari penting bersejarah di bulan Oktober beserta informasi secara singkat.

01 Oktober
Hari Lansia Internasional

01 Oktober
Hari Kesaktian Pancasila
Berkaitan dengan meletusnya peristiwa G30 S PKI pada 30 September 1965.

01 Oktober
Hari Vegetarian Internasional (Sedunia)

02 Oktober
Hari Batik Nasional dan Sedunia (Internasional)
Berkaitan dengan penetapan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009.

04 Oktober
Hari Binatang Sedunia (Internasional)

05 Oktober
Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Berkaitan dengan Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada tanggal 7 Januari 1946, Tentara Keamanan Rakyat berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Kemudian pada 26 Januari 1946, diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). 

05 Oktober
Hari Guru Sedunia (Internasional)

08 Oktober
Hari Tata Ruang Nasional

08 Oktober
Hari Malam Pengamatan Bulan Internasional

10 Oktober
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (Internasional)

14 Oktober
Hari Penglihatan Sedunia (Internasional)

15 Oktober
Hari Hak Asasi Binatang (Internasional)

16 Oktober
Hari Pangan Sedunia (Internasional)

16 Oktober
Hari Parlemen Indonesia

17 Oktober
Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional    

20 Oktober    
Hari Osteoporosis Sedunia (Internasional)    

22 Oktober
Hari Santri Nasional

24 Oktober    
Hari Dokter  Indonesia    

24 Oktober    
Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)    

26 Oktober    
Hari Interseks Internasional    

27 Oktober    
Hari Listrik Nasional    

27 Oktober
Hari Penerbangan Nasional    

28 Oktober    
Hari Sumpah Pemuda    

30 Oktober    
Hari Keuangan


Demikian daftar hari penting dan bersejarah pada bulan Oktober. Hari-hari tersebut diperingati agar dapat menjadi introspeksi dan juga upaya untuk memperbaiki agar dapat lebih maju. Semoga informasi hari penting di Bulan Oktober ini bermanfaat. Keep learning and sharing.          

Post a Comment for "Inilah Daftar Hari Penting dan Bersejarah di Bulan Oktober "