Kumpulan Hari-hari Penting pada Bulan Agustus 2018

Kumpulan Hari-hari Penting pada Bulan Agustus 2018

Kumpulan Hari-hari Penting pada Bulan Agustus 2018

Waktu merupakan satu hal yang berharga, waktu akan terus maju dan tidak bisa diputar kembali. Bagi kita setiap hari adalah penting karena akan menentukan kehidupan kita pada hari-hari selanjutnya. Dalam kehidupan bernegara pun hari-hari merupakan hal yang penting. Terdapat hari-hari yang bersejarah yang menentukan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Pada bulan Agustus  terdapat beberapa hari penting dan bersejarah bagi rakyat Indonesia. Salah satunya yaitu Hari yang diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Peringatan Hari Kemerdekaan diselenggarakan di seluruh Indonesia sebagai wujud penghargaan dan rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih dari perjuangan para pahlawan terdahulu.

Tahukah anda selain Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ternyata pada bulan Agustus terdapat juga hari-hari penting nasional dan internasional. Dari beberapa sumber bacaan dan literatur Hari-hari penting ini ada yang diperingati secara nasional dan secara internasional. Berikut Kumpulan hari-hari penting nasional dan internasional pada Bulan Agustus 2018 yang kami rangkum di bawah ini :

1 Agustus sampai dengan 7 Agustus
diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia (Internasional). Dideklarasikan oleh organisasi WHO-UNICEF di Florence Italia pada tahun 1990,deklarasi ini dikenal dengan sebutan Deklarasi Innocenti yang mengingatkan masyarakat akan pentingnya ASI bagi bayi.

5 Agustus
Hari Dharma Wanita Nasional
Hari penting bagi organisasi yang beranggotakan istri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

8 Agustus
Hari Ulang Tahun ASEAN
Hari penting dibentuknya organisasi ASEAN yaitu organisasi antar negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

10 Agustus
Hari Veteran Nasional
Bertujuan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 melawan Penjajah Belanda.

10 Agustus
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional
Diperingati karena pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung pertama kalinya pesawat N-250 Gatot melakukan penerbangan perdana.

12 Agustus
Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara). Didirikan pada tanggal 12 Agustus 1962, organisasi yang beranggotakan TNI AU wanita.

14 Agustus
Hari Pramuka atau Praja Muda Karana yang bermakna anak muda yang senang berkarya. Hari Pramuka diperingati secara nasional. Kegiatan Pramuka dimulai sejak Sekolah Dasar sampai dengan sekolah menengah atas.

17 Agustus
diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 dibacakan Proklamasi oleh Soekarno dan M. Hatta dan merupakan tanggal Indonesia mulai berdiri.   

18 Agustus
Hari Konstitusi Republik Indonesia

19 Agustus
Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

19 Agustus
Hari Kemanusiaan Dunia
Ditetapkan oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran manusia bahwa semua manusia membutuhkan pertolongan.

21 Agustus
Hari Maritim Nasional. Latar belakang hari Maritim Nasional yaitu berhasilnya kekuatan angkatan laut Republik Indonesia mengambil alih kekuasan militer laut Jepang pada tanggal 21 Agustus 1945 atau 4 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

23 Agustus    
Hari Internasional Untuk Mengenang Perdagangan Budak & Penghapusanya (UNESCO)
Latar belakangnya hari Internasional Anti Perbudakan dan Perdagangan Manusia yaitu dari Pemberontakan sistem perbudakan yang terjadi pada tanggal 22-23 Agustus 1791 di Haiti yang dilakukan oleh para budak laki-laki dan perempuan agar mendapatkan kebebasan dan kemerdekaan Haiti.

24 Agustus    
Hari Televisi Republik Indonesia (TVRI)
Siapa yang tak kenal TVRI ? televisi milik pemerintah ini pertamakali mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Oleh karena itu tanggal 24 Agustus diperingati sebagai Hari TVRI

Demikian Kumpulan Hari-hari penting pada Bulan Agustus 2018. Daftar Hari-hari penting pada bulan Agustus 2018 dapat mengingatkan pada momen-momen bersejarah pada tanggal tersebut untuk disyukuri dan diambil hikmahnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.    
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments