Cara Memasukan Daftar Nama Pada Label Undangan Secara Cepat

Cara Memasukan Daftar Nama Pada Label Undangan Secara Cepat

Cara Memasukan Daftar Nama Pada Label Undangan Secara Cepat


Memasukan daftar nama pada label undangan pernikahan
atau sunatan ataupun pada acara lainnya secara manual memang pekerjaan yang lumayan melelahkan, karena membutuhkan ketelitian dan keuletan dalam mengerjakannya. Secara manual berarti kita menuliskan satu per satu nama dan alamat pada kotak label undangan.

Cara Termudah Mengubah File Gambar (JPG) Menjadi DOC (Word)

Saat ini ada cara yang lebih praktis dan lebih cepat agar pekerjaan memasukan nama pada label undangan dapat selesai secara cepat dan mudah yaitu dengan menggunakan software Microsoft Word. Langkah awal yaitu membuat kotak-kotak label telah dijelaskan pada posting sebelumnya yaitu Cara Mudah Membuat Label Undangan Pernikahan di Word 2007. Silahkan pelajari cara membuat template undangannya, karena daftar nama dan alamat akan dimasukan pada template label undangan tersebut.

Setelah membuat template undangannya selesai, tahap selanjutnya yaitu memasukan daftar nama ke kotak-kotak label undangan tadi. Sebenarnya diketik secara langsung pada kotaknya juga bisa, namun hasil akhirnya akan lebih lama dari memasukan nama secara otomatis. Untuk memasukan nama secara otomatis kita memerlukan Microsoft Excel untuk membuat daftar nama dan alamatnya terlebih dahulu.

1. Buat file excel baru, klik File + New atau tombol CTRL+N

2. Ketik daftar nama dan undangannya, seperti pada gambar di bawah. Terdiri dari 2 kolom yaitu nama dan Alamat. Tuliskan nama dan alamat penerima undangan.


3. Setelah selesai kemudian Simpan/Save, isikan nama filenya. Dan simpan di drive/folder anda.

Kemudian buka file template undangannya di Word.

1. Letakan kursor pada kotak label pertama, sebelah kiri atas. Kemudian posisikan kursor di tengah kotak label.

2. KLik SELECT RECIPIENT >> USE EXISTING LIST kemudian pilih file Excel yang tadi dibuat. Sorot filenya dan Klik OPEN. Akan tampil seperti gambar di bawah, Pilih SHEET 1 karena tadi membuat datanya di SHEET 1. Klik OK.





3. Kemudian Klik INSERT MERGE FIELD, dan Pilih NAMA untuk isian nama dan ALAMAT untuk data alamat. Tulisan di bisa ketik sendiri di tengah-tengah antara <<NAMA>> dan <<ALAMAT>>.

4. Untuk Kotak Label sebelah kanannya, bisa copy kan isi kotak label yang pertama tadi ke kotak Label kedua. Namun ada perbedaan untuk kotak label kedua. Setelah dicopy paste, letakan kursor sebelum <<NAMA>> seperti pada gambar di bawah. Kemudian klik RULES >> NEXT RECORD. Hasilsenya seperti gambar di bawah. Copy kan yang dari kotak label ke-2 ke semua kotak label.



5. Kemudian untuk menampilkan nama dan alamatnya secara otomatis, Klik FINISH & MERGE >> EDIT INDIVIDUAL DOCUMENTS >> ALL kemudian klik OK.



6. Akan muncul file baru dimana label sudah berisi Nama serta alamatnya. Cukup mudah kan ?


Demikian Cara memasukan nama pada label undangan secara cepat dan otomatis. Dengan cara seperti ini setidaknya dapat mempercepat dalam kegiatan menyebarkan undangan pada acara yang akan anda adakan. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments