Share Tips Cara Mengganti Keyboard Axioo Neon TNH

Share Tips Cara Mengganti Keyboard Axioo Neon TNH

Share Tips Cara Mengganti Keyboard Axioo Neon TNH

Mengganti keyboard laptop atau notebook kelihatannya seperti pekerjaan yang tidak terlalu sulit bagi sebagian orang. Namun bagi orang yang tidak terlalu intensif bergaul dengan laptop atau berkecimpung dalam bidang service laptop mungkin hal tersebut adalah sesuatu yang sulit. Seperti kita tahu bahwa merk dan type laptop itu banyak sekali. Sebagian dari merk atau type laptop tersebut ada yang memang mudah untuk membuka dan memasang keyboard nya namun ada juga beberapa merk dan type yang lumayan sulit untuk memasangnya. Bahkan dalam 1 merk pun dengan berbeda type ada perbedaan dalam cara membuka keyboardnya. Jadi sebelum membuka dan memasang keyboard pada laptop anda, coba cari dulu referensi cara membuka dan memasang keyboardnya.

baca juga : Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Bersyukurlah kita yang hidup pada jaman ini, untuk mencari referensi cara membuka keyboard laptop banyak bertebaran di dunia maya terutama di youtube dan di blog. Para youtuber atau bloger banyak yang membagi pengalaman mereka dalam membuka dan memasang keyboard pada laptop. Minimalnya dengan melihat referensi cara membuka keboard kita ada gambaran urutan cara membuka dan memasang keyboardnya.

Baca juga : Cara Mengganti Keyboard Laptop Acer Aspire E1-432

Sebagian merk dan type laptop ada juga yang lumayan merepotkan untuk membuka dan memasang keyboardnya. Dikatakan lumayan repot karena posisi keyboard yang terletak di bagian dalam case laptop. Jadi kita harus membuka dahulu semua perangkat laptop seperti mainboard, dvd drive, hardisk, dan lainnya. Salah satu laptop yang saya pasang keyboardnya yaitu axioo neon TNH.

Baca juga : Cara Mudah Membuka dan Memasang Keyboard Laptop HP 430/431

Cara membuka keyboard Axioo Neon TNH lumayan repot karena membuka beberapa part laptop dan juga membuka frame yang menutupi keyboardnya. Saya share cara membuka laptop axioo neon TNH ini dalam bentuk tulisan di blog ini supaya mudah diakses oleh pengguna handphone apa saja yang terpenting ada aplikasi untuk bisa membuka browser meskipun menggunakan opera mini dan juga lebih hemat kuotanya. Kalau dalam bentuk video akan memakan kuota yang banyak dan tidak semua HP bisa akses ke youtubenya.

Langsung saja, cara membuka dan memasang keyboard Axioo Neon TNH sebagai berikut :

1. Buka semua sekrup pada bagian bawah/belakang case Axioo Neon TNH, jumlahnya ada 13 sekrup. Batre pada Axioo Neon TNH berada di dalam case jadi harus dibuka dahulu casenya.

baca juga : Tutorial Membuka Keyboard Laptop ASUS x455L

2. Kemudian buka casenya dengan menggunakan bantuan benda yang pipih/tipis dan keras, bisa clip gitar, lempengan simcard, atau kartu lainnya. Saya menggunakan wadah/lempengan simcard. lumayan keras dan tipis. Cungkil sedikit pada bagian sisi case dan terus geser ke bagian lainnya, nanti akan terbuka semuanya. Pada bagian dekat engsel laptop juga dicungkil sedikit dan kemudian digeser lempengan simcardnya sampai terbuka semua case laptopnya. Setelah casing dicopot maka terlihat tampilannya seperti di bawah ini.



3. Copot dahulu batrenya dengan melepaskan/mencabut konektor batre.

4. Lepaskan juga hardisknya dengan cara dicabut saja.


* yang bulatan merah merupakan sekrup yang harus dilepaskan

5. Lepaskan sekrup pendingin atau penutup mainboard yang berjumlah 3 sekrup.

6. Kemudian lepaskan kabel yang terhubung ke mainboard, karena mainboard akan dicabut. Kabel-kabel tersebut yaitu kabel lcd, kabel wifi, kabel MB, kabel speaker dan kabel keyboard. Speaker juga dilepas dari dudukannya. 


* yang bulatan hijau merupakan kabel yang harus dicopot, kabel no. 1 merupakan kabel keyboard

7. Cabut dan angkat mainboard.

8. Nah pada tahap ini bagian yang lumayan merepotkan yaitu mencabut frame atau lempengan yang melapisi keyboard. Cara melepaskan lempengan ini yaitu dengan mencungkilnya. Mencungkilnya pada titik-titik seperti di gambar. Untuk 2 bulatan kuning bagian paling bawah gambar itu terdapat 2 plastik kecil yang fungsinya untuk mengunci lempengan, kita bisa cungkil dengan cara plastik pengunci ditarik ke belakang secara pelan-pelan, kemudian cungkil bagian lempengan tadi. Ini harus dilakukan pelan-pelan dan hati-hati, khawatir kalau plastiknya patah. Untuk 3 bulatan kuning atas sedikit saja dicungkil agar lempengan dapat terlepas.


* bulatan kuning merupakan posisi dari titik lempengan yang harus dicungkil sedikit untuk melepaskan lempengan.

9. Apabila berhasil, lempengan tadi akan mudah kita buka. Dan akan terlihat keyboard Axioo Neon TNH

10. Kita ambil keyboard lama dan masukan keyboard baru.

11. Untuk memasang kembali keyboard lakukan lagi langkah-langkah tadi secara mundur (kebalikan dari memasang)

Demikian sedikit pengalaman memasang keyboard laptop Axioo Neon TNH semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments