Cara Mudah Membuka dan Memasang Keyboard Laptop HP 430/431

Cara Mudah Membuka dan Memasang Keyboard Laptop HP 430/431

Cara Mudah Membuka dan Memasang Keyboard Laptop HP 430/431


Membuka keyboard suatu laptop memang tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus seperti kalau memperbaiki mainboard atau perangkat komputer yang membutuhkan pengetahuan ilmu elektronik. Dalam membuka laptop diperlukan kejelian, ketelitian dan kerapihan dalam membongkar dan memasangnya kembali. Bekas membuka dan memasang keyboard akan terlihat pada body laptop apabila tidak rapih dalam membuka dan memasangnya, biasanya ada bekas lecet pada body laptop, yang pastinya akan mengecewakan pemilik laptop.

Baca Juga : Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Laptop

Setelah sebelumnya membahas mengenai tutorial mengganti keyboard Acer E1-432 dan mengganti keyboard HP Presario CQ43, sekarang artikel ini akan membahas mengenai tutorial membuka dan memasang keyboard laptop HP 430/431.
Untuk membuka keyboard laptop HP 430/431 ini setelah diamati, sama dengan membuka keyboard laptop HP Presario CQ43. Secara prinsip umum sama. Supaya tidak penasaran, kita langsung praktekan saja. Hal ini bisa dilakukan oleh pengguna biasa atau pemula juga, yang terpenting teliti dan rapih dalam membuka dan memasangnya kembali.

 Baca Juga : Cara Memasang Keyboard Laptop Compaq Presario CQ43

Sebelumnya persiapkan peralatan yang diperlukan untuk membuka keyboardnya, disini hanya dibutuhkan 2 peralatan saja, yaitu obeng untuk membuka baut dan cutter untuk membuka kunci keyboard.
youtube : ssl

Seperti biasa sebelum memulai membuka keyboard laptop, cabut dahulu baterai yang terpasang pada laptop. Hal ini untuk menghindari hidupnya laptop akibat tidak sengaja menekan tombol Power.

youtube : ssl

Setelah dicabut baterainya, kemudian buka baut laptop yang terpasang di sebelah atas baterai, kemudian cari baut pengunci keyboard, biasanya ada tanda/bacaannya, meskipun ukurannya kecil. Buka baut pengunci keyboard tersebut.
youtube : ssl

Baca Juga : Cara Mengganti Keyboard Laptop Acer Aspire E1-432

Setelah itu kemudian ke area keyboard laptop. Keyboard pada laptop HP 430/431 ini tidak menggunakan rangka/mask pada keyboardnya, sehingga tidak perlu membuka bagian dalamnya dulu. Cona lihat pada bagian atas keyboard, terdapat 5 pengunci keyboard yang harus dibuka.
Disini kita menggunakan cutter ataupun bisa menggunakan obeng gepeng yang ukuran kecil. Caranya mudah cukup DITEKAN saja kunci-kunci tersebut dan nantinya bagian sisi laptop akan terangkat, setelah 5 pengunci keyboard tersebut di buka, lepaskan kabel flexibel keyboard dari dudukannya. Dan selamat ! keyboard laptop HP 430/431 sudah terlepas. Mudah bukan ?


Untuk memasangnya kembali atau mengganti dengan keyboard baru, langkah memasang keyboardnya kebalikan dari urutan membuka keyboard. Untuk memasang keyboard baru, pasang keyboard yang telah dipersiapkan, pasang dulu kabel flexibelnya pada dudukannya. Kemudian posisikan keyboard pada tempatnya. Tekan-tekan pada bagian keyboardnya sehingga dapat terkunci oleh 5 pengunci keyboardnya. Untuk menguatkan keyboard pada posisinya, pasang baut keyboard yang terpasang di bagian belakang/bawah keyboard. Kemudian pasang baut penutup casing laptop, dan pasang kembali baterai laptop. Silahkan dihidupkan laptopnya dan periksa semua tombol pada keyboard barangkali ada yang error.

Demikian Tutorial cara membuka dan memasang sendiri keyboard HP 430/431 ini, semoga artikel pendek ini dapat bermanfaat. Keep Learning and Sharing !          
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments