Cara Mudah Membuat Label Undangan Pernikahan di Word 2007

Cara Mudah Membuat Label Undangan Pernikahan di Word 2007

Cara Mudah Membuat Label Undangan Pernikahan di Word 2007

Membuat label undangan pernikahan dan sunatan biasa dilakukan apabila akan mengadakan acara pernikahan ataupun acara sunatan. Label undangan ini berupa kertas yang berukuran tertentu dan dilengkapi dengan perekat yang fungsinya untuk menuliskan nama dan alamat orang yang kita undang. Kertas label ini dengan mudah dapat dibeli di toko-toko buku atau alat tulis kantor. Pada waktu belum intensifnya penggunaan komputer, kertas label ini akan ditulis dengan tulisan tangan menggunakan pulpen. Namun cara ini memakan waktu lama dan seringkali kesulitan untuk memeriksa nama-nama yang sudah ditulis ataupun yang belum sehingga cara ini kurang efektif apalagi dengan jumlah undangan ratusan sampai ribuan orang.

Baca juga : Cara Termudah Mengubah File Gambar (JPG) Menjadi DOC (Word)

Hadirnya komputer dengan berbagai manfaat lebihnya, akan meringankan pekerjaan dalam menulis nama pada label undangan. Penggunaan komputer mempercepat waktu penulisan dan juga mempermudah dalam mengecek nama yang sudah ditulis ataupun yang belum ditulis. Untuk membuat label undangan pernikahan ini kita akan menggunakan software Microsoft Word 2007. Software Word ini lebih mudah, cepat dan sudah familiar digunakan oleh pengguna. Oh ya untuk kertas Labelnya sendiri memiliki ukuran yang bermacam-macam. Yang akan kita gunakan dalam tutorial ini yaitu ukuran label 103.

Pertama kita siapkan label undangan nomor 103, usahakan sticker label undangan yang dipakai hanya 1 ukuran dan 1 merk, supaya setingan yang dipakai sama. Yuk kita ikuti langkah-langkah membuat sticker label undangan ini :

1. Buka software Word 2007 kemudian buat file baru, dengan tombol keyboard Ctrl+N

2. Pilih menu Mailings >> Labels



3. Setelah muncul menu Labels, pilih Options >> New Label


4. Isikan nama Label dan isikan setingan ukuran dari label tersebut. Saya menggunakan kertas Label Nomor 103 (32x64 mm). Kita pergunakan penggaris untuk memasukan angka pada setingan tersebut.


5. Klik OK setelah semua angka dimasukan
6. Untuk menampilkan label di dokumen, Klik New Document.


7. Label undangan sudah muncul pada dokumen baru.



8. Kemudian kita set ukuran kertas sesuai dengan ukuran kertas label undangan dengan cara klik Page Layout, dan masukan ukuran kertas labelnya. Ukurlah dengan penggaris menggunakan satuan centimeter, kemudian klik OK.


9. Apabila muncul notifikasi seperti pada gambar di atas, Klik Ignore saja. Notifikasi tersebut menginformasikan bahwa margin yang kita set berada di luar area cetak printer kita. Klik Ignore supaya kita tetap memakai setingan ukuran tersebut. 

10.Dan jadilah template sticker label undangan pernikahan ataupun sunatan untuk anda tulis nama-nama penerima surat undangan beserta alamatnya. seperti gambar di bawah.


 Demikian cara membuat label undangan pernikahan dan sunatan menggunakan Word 2007. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments