Cara Termudah Mengubah File Gambar (JPG) Menjadi DOC (Word)

Cara Termudah Mengubah File Gambar (JPG) Menjadi DOC (Word)

Cara Termudah Mengubah File Gambar (JPG) Menjadi DOC (Word)


Awalnya tidak berpikir mengenai mengubah dokumen atau file yang berupa hasil scan dengan bentuk akhir filenya bertype gambar (jpg) menjadi sebuah file berbentuk teks/huruf dan bisa diedit lagi. Tadinya sempat berpikir bagaimana cara merubah file jpg ke word tanpa software, yaitu dengan mencari website yang menyediakan layanan atau jasa mengubah file gambar menjadi word. Ternyata banyak juga website yang menyediakan cara merubah file jpg ke word online. Sebut saja onlineocr.net dan covertio.co
Setelah mengamati kedua website tersebut, pada prinsipnya cara mengubah hasil scan ke word itu sama yaitu sediakan file berbentuk atau bertype JPG dan kemudian diuploadkan. Tiap website memberikan batasan jumlah kapasitas per 1 file. di Onlineocr.net dibatasi sampai 15 MB. Pilih dan upload file gambar tadi. Kemudian pilih bahasa, sesuaikan dengan bahasa yang kita gunakan. Kemudian pilih type file hasil dari pengubahan tersebut, misal file jadinya ingin berbentuk doc supaya bisa diedit dan diambil teks-teksnya yang penting saja. Pada website lainnya yaitu convertio.co ocr convert nya hampir sama, Unggah-pilih ke doc-unduh file anda. Fasilitas di atas masih gratis terbatas. Untuk mengakses layanan tambahannya anda diharuskan mendaftar dan biasanya ada biayanya. Kebutuhan untuk mengubah file JPG menjadi DOC terjadi saat kita membutuhkan suatu tulisan dalam media kertas untuk dimasukan ke dalam tulisan kita di komputer. Bisa saja kita mengetiknya secara manual namun itu akan memakan waktu lebih lama, oleh karena itu digunakanlah cara ini, dengan menscan kertas yang berisi tulisan tersebut dan mengubahnya menjadi DOC yang dapat diedit.



Selain cara di atas mengubah file JPG menjadi DOC atau teks, ada cara lainnya, yaitu convert JPG to DOC menggunakan software. Software yang saya pilih yaitu bagian dari software Office 2007, nama aplikasinya yaitu Office One Note 2007. Di Office versi lainnya juga tersedia kecuali di bawah versi 2007, tidak tersedia Office One Note.
Cara menggunakan Office One Note 2007 sangat mudah sekali, begini caranya :
  1. Jalankan One Note 2007 dengan mengklik icon dari One Note
  2. Setelah masuk, kemudian pilih menu INSERT.
  3. Pilih Pictures, ada 2 pilihan, From files dan From Scanner and Camera.
  4. From files : file JPG sudah ada di hardisk
  5. From Scannner : File masih berbentuk fisik kertas dan harus di scanner dulu, atau difoto menggunakan kamera dulu.
  6. Saya pakai cara 1, insert from files kemudian cari file bertype JPG.
  7. Klik kanan di gambarnya, ada menu copy teks from picture, klik perintah tadi
  8. Buka program Office Word anda atau Notepad, kemudian paste.
  9. Dan beres.
Kita dapat mengcopy dan menyalin teks dari gambar tersebut, namun memang terkadang terjadi hasilnya tidak semua terbaca sebagai teks yang utuh, jadi kita harus mengeditnya dulu. Lumayanlah dari pada kita mengetiknya lagi secara manual. 
Demikian sedikit informasi mengenai cara termudah mengubah file JPG menjadi file DOC atau Word. Semoga bermanfaat. Keep Learning and Sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments