6 Software PDF Reader Terbaik untuk membuka file PDF Gratis

6 Software PDF Reader Terbaik untuk membuka file PDF Gratis

6 Software PDF Reader Terbaik untuk membuka file PDF Gratis

Software PDF Reader digunakan untuk membuka dan membaca isi dari dokumen yang berformat PDF (Portable Document Format). Dokumen bertype PDF saat ini makin banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena lebih praktis, mudah dibuka dan dibaca, dan dapat memproteksi isi dokumen dari tindakan edit ulang. Kalo dari cirinya dokumen berformat PDF sama seperti buku, yang tidak bisa diedit hanya bisa dibaca, oleh karena itu dinamakan juga e-book (electronic book).

E-book atau file berformat PDF dapat dengan mudah dibuka dan dibaca sepanjang ada software atau aplikasi untuk membuka dan membacanya. Software atau aplikasi PDF Reader gratis banyak tersedia di internet, hanya dengan mengetikan keyword "pdf reader" di mesin pencari (google, bing, yahoo,playstore) software/aplikasi tersebut dengan mudah didownload.

baca juga : Cara Termudah Convert File DOC XLS Power Pont 2007 ke PDF

Agar anda tidak bingung dalam memilih software/aplikasi pdf reader berikut Masdinko rangkumkan software/aplikasi pdf reader gratis untuk membuka dan membaca file berformat PDF berbasis Windows.

1. Browser


Pdf dibuka dengan browser Mozilla Firefox



Browser merupakan software/aplikasi yang digunakan untuk berselancar/membuka website-website di internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, browser yang ada saat ini dilengkapi juga dengan add-on/aplikasi tambahan pdf reader, sehingga apabila ada file PDF yang harus didownload dan ingin langsung dibuka dan dibaca dengan cara cepat, anda hanya perlu membuka file tersebut, dan buka dengan web browser.

baca juga : Cara print Label Nama di Word secara cepat

Cara membuka file pdf di browser Google/Mozila/Opera sangat mudah sekali. Tahapannya bisa seperti ini :

  • Cari file pdf yang akan dibaca, masuk dulu ke Windows Explorer
  • Kemudian klik kanan di nama file tersebut dan pilih Open With, cari nama browser seperti Chrome atau Mozila Firefox atau Opera
  • File PDF akan langsung terbuka dan dapat dibaca

2. Adobe Acrobat Reader 

 

PDF dibuka Adobe Acrobat Reader

Adobe acrobat Reader telah lama dikenal oleh pengguna komputer sebagai software untuk membuka dan membaca file berformat PDF. Apabila belum memiliki installernya, terlebih dahulu download Adobe Acrobat Reader di website resminya. Selain pengalamannya yang sudah lama sebagai PDF reader dan writer, Lisensi yang gratis membuat Adobe Acrobat Reader banyak dipilih oleh banyak pengguna. 

3.Foxit PDF Reader 

 

Foxit PDF Reader

Foxit PDF Reader menjadi alternatif software gratis PDF Reader selain Adobe Acrobat Reader. Foxit PDF Reader merupakan software yang ringan, namun memiliki fitur lengkap dalam menghandle file berformat PDF seperti membuka, menampilkan, dan mencetak. Selain kemampuan dasar tadi, Foxit PDF Reader dilengkapi juga dengan fitur Create PDF File atau membuat file berformat PDF. Dengan kemampuan yang lengkap tersebut dan berlisensi gratis, Foxit Reader layak untuk dijadikan pilihan.

4. Nitro PDF Reader 

 

Nitro PDF Reader

Nitro PDF Reader memiliki fitur dasar yang baik dalam memproses file berformat PDF. Fitur yang ditawarkan Nitro PDF Reader yaitu membuat, menampilkan dan mencetak file berformat PDF. Saat ini lisensi untuk Nitro PDF Reader ada yang Free/Gratis namun untuk fitur yang lebih lengkap disediakan juga lisensi Pro (berbayar).         

5.Sumatra PDF 

 

Sumatra PDF Reader

Sumatra PDF dari namanya sepertinya buatan orang Indonesia, namun dari websitenya, sepertinya buatan orang Rusia. Entah alasannya memberi nama sama dengan nama pulau di Indonesia, Sumatra. Sumatra PDF memiliki tampilan minimalis, ringan namun powerfull, portable dan tidak membebani system saat start. Sumatra PDF benar-benar berlisensi gratis karena open source dan cocok buat pengguna yang mengutamakan fungsi. Fitur yang dimiliki sama seperti PDF reader lainnya yaitu membuka, menampilkan dan mencetak. Dengan ukuran software sebesar 5 MB, software Sumatra PDF merupakan software teringan di kelas software PDF Reader.

6. Slim PDF

 

Slim PDF Reader

Mirip dengan Sumatra PDF, Slim PDF bahkan diklaim Slim PDF hanya membutuhkan 1.43 MB. Namun saat diinstall kapasitasnya hampir sama dengan Sumatra PDF sekitar 5 MB. Fitur yang ditawarkan Slim PDF umumnya hampir sama dengan PDF Reader lainnya, berlisensi gratis, dapat membuka, menampilkan dan mencetak file berformat PDF. Satu hal yang pasti menjadi keunggulan Slim PDF yaitu kapasitasnya yang kecil untuk ukuran sebuah software PDF Reader.     

Demikian 6 software untuk membuka, menampilkan dan mencetak file berformat PDF atau biasa disebut software PDF Reader. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments