Cara perpanjang STNK Motor 5 Tahun di Samsat Majalengka

Cara perpanjang STNK Motor 5 Tahun di Samsat Majalengka

Cara perpanjang STNK Motor 5 Tahun di Samsat Majalengka

Perpanjang masa berlaku STNK periode 5 tahun dan membayar pajak tahunan kendaraan merupakan kewajiban pemilik kendaraan yang harus dilaksanakan. Saat ini pemilik kendaraan bermotor sudah lebih mudah untuk membayar kewajibannya. Pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan secara online melalui transfer ATM, melalui mobil Samsat Keliling, melalui Minimarket (Alfamart & Indomaret), dan melalui kantor Samsat nya langsung.

Pajak kendaraan bermotor terdiri dari 2 jenis yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan (ganti STNK dan Plat Nomor). Untuk pajak tahunan bisa dibayar dimana saja melalui berbagai cara di atas, namun untuk pajak 5 tahun, harus di kantor Samsat Induk di lokasi anda. Hal ini karena adanya penggantian STNK dan Plat Nomor Kendaraan sehingga harus dilakukan di kantor Samsatnya.

baca juga : Tips Mengganti ban Avanza yang bocor

Bagi sebagian masyarakat mungkin masih ada yang malas dan enggan untuk melakukan pembayaran sendiri pajak kendaraan khususnya pajak kendaraan 5 tahun (ganti STNK dan ganti plat nopol), karena dulu memang terbayang proses untuk melakukannya panjang antriannya dan lama waktunya, sehingga akhirnya memakai jasa calo atau menyuruh orang lain. Namun saat ini, yang saya alami proses untuk membayar pajak kendaraan 5 tahun sangat mudah dan cepat prosesnya. Anda hanya tinggal  membawa berkas yang diminta, persiapkan dananya dan duduk manis saja.

Cara memperpanjang dan membayar pajak 5 tahun di Samsat Majalengka beserta biayanya saya coba bagikan melalui tulisan ini. Tulisan ini murni pengalaman pribadi dalam membayar pajak motor 5 Tahun di Samsat Majalengka. Jadi bagi yang belum pernah membayarkan pajak kendaraan yang 5 tahun, tidak usah takut untuk melakukannya sendiri, karena apabila ada kesulitan bisa ditanyakan langsung ke petugasnya.

baca juga : Cara Mengatasi Kebotakan di Usia Muda

Tahapan dalam membayar pajak motor STNK 5 Tahun di Samsat Majalengka 

1. Bawa Motor yang akan dibayar pajaknya.


Bawa kendaraan yang akan dibayar pajak STNKnya, karena harus menggosok nomor rangka dan nomor mesin.

2. Persiapkan Dokumen yang diminta


- STNK Asli beserta fotocopy nya
- KTP Asli beserta foto copy nya (nama di KTP harus sama dengan nama di STNK)
- Bawa pulpen untuk mengisi formulir supaya tidak antri/meminjam ke orang lain.

3. Pergi ke Bagian Cek Fisik


Di bagian cek fisik kita mendapatkan stiker untuk menggosok nomor rangka dan nomor mesin motor. Datangi petugas cek fisik untuk digosok nomor rangka dan nomor mesin. Untuk kendaraan motor tahun pembuatan yang lama, terkadang nomor rangka berada di bagian yag tertutup oleh body motor, sehingga harus dibuka dulu. Persiapkan obeng agar mempermudah petugas cek fisik untuk menggosok nomor rangka.

Apabila tidak tahu letak nomor rangka coba lihat di youtube atau di google letak nomor rangka/mesin kendaraan. Setelah digosok kita kembali ke bagian cek fisik dan diberi berkas namun tidak usah diisi.  Di bagian cek fisik ini, mengeluarkan biaya sebesar 20.000.

4. Ke Bagian Informasi 


Bawa berkas tadi ke Bagian Informasi dan diberi Formulir/isian dan diisi sendiri. Isi sesuai dengan data di STNK seperti data kendaraan dan data pemilik kendaraan. Jangan lupa dibubuhi tanda tangan.

5. Ke Bagian Progresif/Update Kepemilikan


Setelah selesai, bawa berkas tadi ke bagian Update/Progresif di bagian depan pintu masuk. Duduk di tempat yang telah disediakan menunggu panggilan. Apabila dipanggil karena ada kekurangan berkas atau kena pajak progresif maka akan dipanggil oleh Loket 1.


Apabila berkas lengkap/tidak ada masalah maka akan dipanggil oleh Teller/Kasir untuk melakukan pembayaran pajak.




6. Ke Loket 2 Penyerahan STNK


Setelah membayar, tunggu beberapa saat sampai dipanggil oleh Loket 2 yaitu loket penyerahan STNK yang sudah jadi. Setelah jadi dan diserahkan STNK yang baru, kemudian ke Bagian TNKB untuk mengambil plat nomor baru, yang terletak di lantai bawah Samsat Majalengka.



7. Ke bagian TNKB (Plat Nomor Kendaraan)


Dibagian pencetakan plat nomor, kita serahkan salah satu lembar STNK (STNK ada 2 lembar), petugas akan mencetak plat nomor sesuai STNK tadi. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 10.000

8. Selesai


Akhirnya selesai semua proses pembayaran pajak STNK 5 tahun sampai dengan pencetakan plat nomor. Apabila ingin STNKnya aman dari air dapat membeli plastik untuk wadah STNK sebesar Rp. 2.000

Seluruh proses tadi, berawal dari cek fisik sampai dengan pencetakan plat nomor membutuhkan waktu sekitar 1 jam an lebih. Untuk penggosokan nomor rangka dan nomor mesin saya terpaksa pergi ke bengkel motor karena nomor rangka motor Honda Supra X 125 tahun 2009 terletak di batang kemudi, dan harus mencopot plat nomor serta body motor. Untuk motor baru biasanya terletak di luar jadi tidak sulit untuk menggosoknya.

Besarnya pajak 5 tahun berbeda dengan pajak tahunan (setahun sekali) karena adanya biaya lain yang muncul. Jadi sediakan dana lebih dari pajak tahunan agar tidak kekurangan dalam membayar pajaknya.

baca juga : Cari toko service laptop di Majalengka yang bagus

Demikian pengalaman pribadi cara membayar pajak STNK motor 5 tahun dan biayanya di Samsat Majalengka. Mulai sekarang beranikan untuk membayar kewajiban sendiri,agar tahu prosesnya dan tentunya lebih hemat dibanding kalau melalui calo atau menyuruh orang lain. Fasilitas Samsat Majalengka sudah baik dan nyaman, meskipun anda membawa anak-anak karena dilengkapi dengan tempat main anak dan pojok membaca buku. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments