6 Cara Merawat Catridge Printer Canon ip2770 supaya awet lama

6 Cara Merawat Catridge Printer Canon ip2770 supaya awet lama

6 Cara Merawat Catridge Printer Canon ip2770 supaya awet lama

Printer Canon iP2770 merupakan printer dengan harga ekonomis dan terjangkau oleh sebagian besar pengguna komputer. Kebutuhan untuk mencetak dokumen kantor dan dokumen standar dengan kualitas hasil cetak yang cukup baik, menjadi salah satu alasan printer canon ip2770 menjadi pilihan pertama.

Printer ip2770 dapat dipasangi dengan sistem infus juga, sehingga pengguna tidak repot untuk mengganti tinta, karena suplai tinta tersimpan di dalam tabung/tangki sistem infus. Dengan sistem infus menjadikan pencetakan dokumen lebih praktis dan cepat. Namun dibalik kemudahan tadi, ada efek lain yang muncul yaitu seringnya catridge canon iP2770 mengalami masalah, dari mulai hasil print yang bergaris, sampai tingkat parah, catridge iP2770 tidak terdeteksi.

baca juga : Tips praktis agar Windows Ngebut

Untuk mencegah terjadinya kerusakan parah seperti di atas, ada beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan agar catridge ip2770 bertahan lebih lama dan awet. Tips ini berkaitan dengan kebiasaan pengguna dalam mengoperasikan printer ip2770 serta cara merawat komponen printer canon ip2770.

6 Cara mudah merawat catridge canon ip2770 supaya awet dan bertahan lama

1. Operasikan printer setiap minggunya


Seringkali pemilik printer mendiamkan printernya dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 1-2 minggu) karena memang tidak membutuhkan pencetakan dokumen. Menurut beberapa pengalaman pengguna, setelah lama didiamkan, saat akan digunakan printer tidak berfungsi normal seperti tidak bisa mencetak karena tinta tidak keluar, hasil cetakan tidak normal (bergaris), kertas yang macet saat mengeprint dan gangguan lainnya.

Untuk mengatasi kemacetan tinta dapat diatasi dengan membersihkan headprint melalui software driver printernya. Namun untuk cleaning head print, jangan dilakukan secara sekaligus beberapa kali, coba dulu secara bertahap. Setelah cleaning coba test print, apakah hasilnya sudah normal. Apabila menggunakan sistem infus cek juga saluran selang infusnya, barangkali aliran tinta di dalam selang tidak lancar.

2. Jangan memporsir printer untuk mencetak banyak sekaligus


Seringkali pengguna karena dikejar waktu, mencetak dokumen banyak secara sekaligus tanpa memperhatikan kemampuan dari printer. Printer ip2770 dan type lainnya memiliki kemampuan masing-masing. Canon ip2770 termasuk type printer yang murah dan terjangkau, namun juga memiliki kemampuan dan ketahanan yang terbatas. Jangan samakan kemampuan printer ini dengan printer yang berkapasitas besar karena perbedaan spek dan juga spare part.

baca juga : Tips menyambung plastik patah di laptop

Apabila hendak mencetak dokumen puluhan lembar,sebaiknya dilakukan secara bertahap, misal akan mencetak 100 lembar, untuk mencetaknya jangan langsung 100 lembar, cetaklah secara bertahap misal 20 lembar dulu setiap kali cetak, dan di pertengahan, beri waktu istirahat untuk printernya. Pengaturan pencetakan seperti ini akan berpengaruh pada awet     tidaknya catridge printer ip2770.

3. Periksa tinta sebelum mencetak dan isi sebelum habis


Cara ini apabila printer ip2770 tidak menggunakan sistem infus, tinta akan diisikan ke dalam catridge dengan cara disuntik. Apabila menggunakan sistem infus akan dengan mudah melihat level tinta, apakah sudah habis atau belum. Untuk yang tidak menggunakan infus, akan sulit melihat level tinta yang ada, paling mudah terlihat melalui hasil cetak, apabila sudah tidak jelas atau bergaris maka tandanya tinta sudah mulai habis.

Cara sederhana memeriksa tinta ip2770 yang tidak menggunakan sistem infus, sudah habis atau belum, bisa dirasakan dari beratnya, kalau tersisa sedikit lagi, akan terasa ringan. Untuk mengisinya juga jangan terlalu penuh, karena bisa mengakibatkan rembesan pada print head.

4. Cleaning print head secara teratur namun tidak berlebihan


Membersihkan print head ip2770 bisa dilakukan saat print head mengalami kemacetan sehingga hasil cetak bergaris atau tidak normal. Namun bisa juga dilakukan saat kondisi catrdige normal. Terkadang kita menggunakan printer tidak setiap hari, saat kita akan menggunakan untuk mencetak, lakukan cleaning print head terlebih dahulu namun jangan berlebihan cukup 1 atau 2 kali saja. Kalau di test print test page normal, maka cukup 1 kali saja melakukan cleaning print head.

5. Matikan printer apabila sudah tidak akan dipakai lagi


Cara atau kebiasaan mematikan printer juga bisa menjadi faktor awet tidaknya printer. Saran terbaik untuk mematikan printer yaitu apabila memang sudah tidak digunakan lagi, apabila masih akan digunakan, biarkan printer dalam keadaan hidup.

Seringnya mematikan dan menghidupkan printer ada sedikit pengaruh terhadap catidge, karena setiap proses tersebut biasanya ada proses cleaning catridge secara otomatis oleh printer. Tiap kali proses cleaning, maka tinta akan dibuang ke tabung pembuangan di dalam printer. Apabila sering, makin lama akan penuh dan memaksa printer untuk berhenti beroperasi. Kecuali kalau kita membuat saluran buang tinta melalui selang ke luar body printer dan ditampung di botol, maka akan aman dari terjadinya blinking akibat tabung pembuangan printer penuh.

6. Belilah tinta dengan kualitas terbaik


Kualitas tinta isi ulang juga berpengaruh terhadap keawetan catridge. Kalau ada tinta isi ulang yang original, lebih baik membeli yang original meskipun biasanya harganya lebih mahal dari yang banyak dijual di pasaran.

Apabila terasa berat membeli tinta isi ulang original, coba survey ke pengguna yang lain, tinta merk apa yang cocok untuk ip2770 berdasarkan pengalaman mereka. Dari pengalaman ini kita bisa menentukan merk tinta isi ulang yang akan digunakan.

baca juga : Cara Menyelamatkan data di hardisk

Demikian cara merawat catridge printer canon ip2770 supaya awet. Informasi dalam artikel ini berasal dari pengalaman sendiri, karena dulu saat buka warnet pernah menggunakan printer ini dan informasi lainnya berdasarkan pengalaman pengguna printer canon ip2770 lainnya.
Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments