Cara menyambungkan plastik patah pada casing laptop  dengan lem UHU dan Alteco

Cara menyambungkan plastik patah pada casing laptop dengan lem UHU dan Alteco

Cara menyambungkan plastik patah pada casing laptop dengan lem UHU dan Alteco

cara menyambung plastik casing patah pada laptop
Seringkali kita mendapati barang atau produk yang bagian plastiknya pecah atau putus dikarenakan berbagai penyebab. Penyebabnya bisa jadi karena salah saat memasangkan ataupun memang karena kondisi plastiknya sendiri yang rentan pecah atau putus. Teknisi laptop sering juga menemui kondisi seperti ini, malah mungkin lebih parah. Body casing pecah, plastik pada bagian engsel pecah, plastik pengunci pada casing putus dan lain sebagainya. Cara praktisnya sebenarnya ada yaitu dengan menggantinya dengan yang baru, namun kesulitan untuk mencari produknya karena untuk casing laptop vendor laptop tidak menjualnya, kalaupun ada itu berupa barang seken cabutan atau bekas dari laptop lainnya.

baca juga : Share Tips Cara Mengganti Keyboard Axioo Neon TNH

Solusi yang efektif dan murah yaitu dengan menyusun atau merekatkan bagian plastik yang patah tadi dengan lem. Lem untuk peruntukan penyambungan plastik mudah didapat di pasaran dan bervariasi harganya. Merk lemnya juga banyak dan ada yang lokal maupun yang merk luar negeri dengan harga yang pastinya berbeda.

baca juga : Penyebab Komputer Restart Sendiri Tanpa Peringatan dan Solusinya 

Kasus atau permasalahan yang saya alami berkaitan dengan memperbaiki bagian plastik yang rusak atau copot ini yaitu tergolong ringan, yaitu patahnya kunci plastik pada bagian casing keyboard laptop dengan merk Asus. Kerusakannya yaitu patahnya salah satu kunci atau kancing casing laptop. Pengaruh akibat dari patahnya kunci plastik ini yaitu laptop tidak tertutup sempurna pada satu bagian sehingga ada bagian yang agak renggang. Karena rusaknya pada bagian kunci atau kancing casing laptop untuk merekatkannya diperlukan lem yang kuat dan tahan lama.

cara menyambung plastik patah pada casing laptop

Ada berbagai pilihan lem untuk merekatkan bagian kunci atau kancing casing laptop ini sebut saja merk Dextone yang harganya juga di atas rata-rata lem bermerk biasa. Namun di tempat saya tinggal sepertinya merk tersebut susah dicari, jadi akhirnya mencari solusi lain yang sekiranya lem tersebut ada di sekitar tempat tinggal. Berbekal pengalaman seorang bloger lainnya, memanfaatkan lem yang ada di sekitarnya yaitu lem UHU dan Lem Alteco, saya juga mencoba mengaplikasikan cara tersebut pada masalah yang saya hadapi. Inti dari cara tersebut yaitu menggabungkan penggunaan lem UHU dan lem Alteco. Cara sederhana mengelem potongan plastik yang putus yaitu awali dengan menempelkan bagian yang plastik tersebut dengan lem UHU. Posisikan dengan tepat sesuai dengan kedudukan dari plastik tersebut. Diamkan sekitar 10-15 menit. Setelah posisi sudah mantap, oleskan lem Alteco. Oleskan pada sambungan plastik yang pecah tadi, yang sebelumnya sudah diolesi dengan lem UHU. Hati-hati dalam mengoleskan lem Alteco karena lem Alteco terkenal paling cepat menempel, pastikan tangan anda tidak menyentuh langsung lem Alteco, karena akan susah untuk membersihkannya. Agar menempel kuat saya sarankan diamkan atau anginkan sekitar 12 sampai 24 jam agar kedudukannya kuat dan mantap. Setelah 12 jam lebih saya cek memang dudukan plastik tersebut sudah kuat dan casing akhirnya bisa terpasang kembali.

Demikian cara menyambungkan plastik patah pada casing laptop, semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.       
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments