Cara Mengatasi Wastafel Dapur Mampet Tanpa menyuruh tukang pipa


Wastafel dapur anda mampet dan membuat anda stres ? ya kejadian wastafel mampet sering dialami oleh para ibu yang aktif beraktivitas di dapur. Wastafel dapur rutin digunakan untuk mencuci piring, perabotan rumah tangga serta mencuci tangan. Pada saat mencuci piring bekas makan, seringkali makanan sisa tidak dibuang terlebih dahulu, sehingga sisa makanan yang berukuran kecil dapat masuk ke saluran pipa wastafel. Apalagi kalau wastafel tidak dilengkapi dengan penyaring yang menutup lubang saluran wastafel.

Pada wastafel yang dilengkapi penyaring pun sisa makanan yang masuk ke saluran wastafel semakin lama akan menempel pada lapisan pipa, dan makin lama semakin banyak. Pada akhirnya akan membuat saluran pipa wastafel tersumbat dan mampet. Terlebih apabila wastafel tidak menggunakan penyaring wastafel yang permanen, yang artinya bisa kita copot sesuai kebutuhan. Apabila saat kita copot, tanpa sengaja ada sisa makanan yang masuk, apalagi yang ukuran besar seperti bonggol jagung, tulang ayam atau lainnya, mengakibatkan saluran wastafel tidak lancar dan mampet.


Pengalaman wastafel macet seperti itu sempat saya alami sendiri. Ketika sang istri tercinta mencopot saringan wastafel dan ada sisa makanan yang berukuran besar masuk ke dalam saluran buang wastafel, sehingga akhirnya air mampet dan susah mengalir. Sepertinya sisa makanan berbentuk bonggol jagung dan ukurannya agak besar, soalnya aliran air langsung mampet.

 

Langkah pertama mengatasi wastafel mampet yang saya lakukan yaitu dengan mendorongnya agar tidak mampet menggunakan kabel yang besar. Namun ternyata mampetnya di sekitar pipa berbentuk huruf L, jadi posisi mampetnya di belokan pipa L. Menggunakan kabel besar untuk mendorongnya pun tidak bisa, karena tidak bisa mengakses belokan di pipa L nya.

Kemudian saya mencoba mencari tahu cara mengatasi wastafel mampet tanpa harus menyuruh tukang pipa untuk membongkarnya. Saya ingin mampet wastafel hilang tanpa harus membongkar pipa yang ada. Beberapa referensi saya baca, dan memang banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi wastafel mampet dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di warung atau toko. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan air panas, menggunakan baking soda dicampur air cuka, menggunakan alat penyedot, menggunakan soda api dan lainnya.

Dari beberapa cara mengatasi wastafel mampet tadi, yang saya praktekan yaitu yang termudah, menggunakan air panas dan menggunakan soda api. Percobaan mengatasi wastafel mampet menggunakan air panas merupakan cara paling mudah, namun cara ini jangan dipraktekan pada wastafel yang berbahan plastik, karena akan merusak wastafel. Caranya mudah tinggal menuangkan air panas ke dalam saluran wastafel sampai airnya bisa mengalir sedikit demi sedikit.

Setelah beberapa kali mencoba tidak terlihat ada kemajuan, wastafel tetap mampet. Kemudian saya mencoba menggunakan soda api untuk mengatasi wastafel mampet. Soda api banyak tersedia di toko bahan bangunan. Bentuk sodak api seperti pecahan dan bongkahan dan berwarna putih. Harga soda api sekitar 12 ribu per bungkusnya, dengan berat sekitar seperempat kilo.

salah satu produk soda api

Pada awalnya saya sempat ragu menggunakan soda api karena ada informasi yang beredar bahwa penggunakaan soda api dapat merusak pipa, pipa menjadi memuai dan rusak. Namun ada seorang youtuber yang melakukan eksperimen soda api yaitu merendam berbagai benda dengan soda api dan pengaruhnya terhadap benda tersebut. Benda yang direndam yaitu plastik, pipa, logam, bonggol jagung, tulang ayam, dan lainnya. Setelah direndam semalaman ternyata tidak membuat pipa, plastik, logam rusak. Benda yang hancur dan melunak yaitu bonggol jagung dan tulang ayam yang pada akhirnya hancur.

Akhirnya saya putuskan menggunakan soda api untuk mengatasi wastafel macet. Cara menggunakan soda api untuk wastafel mampet yaitu :
  1. Sediakan sarung tangan untuk melindungi tangan
  2. Masukan air panas ke dalam wastafel
  3. Masukan soda api ke dalam air panas di wastafel tadi
  4. Diamkan dan biarkan, soda api dan air panas akan bereaksi.
  5. Apabila air dalam wastafel berkurang/surut menandakan sedikit demi sedikit saluran wastafel yang mampet sudah terbuka
  6. Ulangi cara tersebut berulang kali dan biarkan sampai air mengalir sendiri.
  7. Alhamdulillah setelah beberapa kali disiram menggunakan air panas dicampur soda api, akhirnya sumber mampet wastafel hancur dan terbawa keluar, sehingga saluran wastafel lancar dan terbebas dari mampet.
Memang dibutuhkan kesabaran apabila menggunakan cara ini, dan juga tergantung sumber mampetnya. Apabila sumber mampetnya hanya sisa-sisa makanan yang kecil, waktunya lebih cepat dibanding sumber mampetnya sisa makanan yang keras dan besar.

Untuk selanjutnya, agar wastafel tidak lagi mengalami mampet, hendaknya harus selalu memperhatikan hal-hal berikut :
  1. Jangan menaruh sisa makanan di tempat cuci wastafel, buang dahulu sisa makanan ke tempat sampah, baru simpan piring kotor di wastafel.
  2. Apabila saringan wastafel dapat dibuka tutup, pada saat mencuci pasang penyaring pada tempatnya, agar sisa makanan tidak ikut masuk ke dalam saluran wastafel.
  3. Selalu cuci wastafel setelah mencuci piring agar kebersihan wastafel selalu terjaga.
Demikian pengalaman saya dalam mengatasi wastafel dapur mampet menggunakan soda api dan tanpa harus repot menyuruh tukang pipa. Cara ini sederhana dan pastinya lebih murah biayanya, tanpa harus membongkar pipa wastafel. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.   

Post a Comment for "Cara Mengatasi Wastafel Dapur Mampet Tanpa menyuruh tukang pipa"