Tips mengatasi dan merawat rambut yang rontok pada perempuan

Tips mengatasi dan merawat rambut yang rontok pada perempuan

Tips mengatasi dan merawat rambut yang rontok pada perempuan

Tips mengatasi dan merawat rambut rontok
Cara mengatasi dan merawat rambut rontok pada perempuan harus dilihat dulu dari penyebabnya. Memiliki rambut yang rontok menjadi kegelisahan tersendiri bagi perempuan. Rambut yang rontok dapat membuat seorang perempuan minder, stress, tidak percaya diri,dan ketakutan berlebihan (paranoid) karena rambutnya rontok dan akan menjadi botak.

baca juga : Tips mudah merawat rambut botak

Akibat psikologis akibat rambut rontok bisa dicegah dengan cara bersikap tenang. Untuk mencari tahu dulu penyebab dari rambut rontok. Secara umum ada beberapa penyebab rambut rontok diantaranya :
  1. Faktor genetik yang diturunkan dari garis ibu atau ayah.
  2. Tidak tercukupinya nutrisi untuk rambut.
  3. Faktor hormon yang tidak seimbang
  4. Kesalahan dalam merawat rambut seperti penggunaan hair dryer, pewarna rambut dan lainnya.
  5. Adanya kondisi kesehatan khusus yang berefek pada rambut
Dari beberapa penyebab di atas, anda mungkin bisa mengira-ngira faktor manakah yang menjadi penyebab rambut rontok. Namun tidak seperti pria dimana kerontokan rambut sering menjadikan kepala botak, pada perempuan hal tersebut tidak terjadi, yang terjadi hanyalah penipisan rambut terutama pada bagian atas kepala, jadi anda tidak usah terlalu khawatir kepala anda menjadi botak.

Setelah mengetahui penyebab dari rambut rontok, lalu bagaimana cara merawatnya agar rambut tidak rontok atau setidaknya jumlah yang rontok bisa berkurang. Ada beberapa cara merawat rambut yang rontok yang bisa dilakukan sendiri, yang terpenting konsisten dalam melakukannya, karena perawatan ini sifatnya berkelanjutan.

1. Menyediakan Asupan Nutrisi yang cukup untuk rambut

Tips mengatasi dan merawat rambut rontok
image via google

Seperti anggota tubuh yang lain, apabila kekurangan nutrisi yang diperlukan akan dirasakan akibatnya. Sama halnya dengan rambut, rambut kekurangan nutrisi rambut maka membuat rambut rontok.

Nutrisi yang diperlukan rambut yaitu protein, mineral, asam lemak omega-3, dan zat besi. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut bisa diaplikasikan pada menu makan sehari-hari. Protein bisa didapatkan dari susu dan olahannya, kacang-kacangan, dan juga konsumsi daging yang cukup untuk kebutuhan protein hewaninya.

baca juga : Cara jitu menghilangkan ketombe

Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari ikan, telur ayam, kacang-kacangan dan  biji-bijian. Zat besi dapat ditemukan pada makanan daging merah, kuning telur, ikan, sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, kacang polong dan kacang kedelai, dan buah kering (plum dan kismis). Untuk sumber mineral bisa didapatkan dari makanan bervitamin A,B,D dan E, Lemak baik, Protein, Kalsium dan Asam Folat. Berbagai nutrisi yang diperlukan rambut ini dapat diaplikasan dalam menu makan anda sehari-hari sehingga dapat berkelanjutan.

2. Mengatur dan mengendalikan Stres

image via google

Dalam kehidupan masalah memang selalu ada dan menyikapi masalah harus dengan pikiran tenang, tidak emosional, dan berpikir positif. Apabila menyikapi masalah dengan berpikir negatif maka yang muncul adalah stres. Pikiran stres dapat mengganggu kesehatan tubuh, termasuk juga rambut. Rambut rontok bisa terjadi karena stres, atau bisa juga sebaliknya rambut yang rontok dapat membuat juga stres. Jadi pandailah dalam mengelola stres, dan coba alihkan ke hal lain yang lebih positif.    

3. Menggunakan obat-obatan Medis

image via google

Menggunakan obat medis untuk merawat rambut rontok dapat dilakukan, namun terlebih dahulu dilihat penyebabnya. Apabila karena adanya penyakit lain, maka penyakit tersebut yang diobati dulu, apabila rambut rontok karena konsumsi obat tertentu maka hentikan pemakaian obat tersebut. Ada obat medis yang biasa digunakan untuk merawat rambut rontok yaitu Minoxidil dan Finasteride. Namun keduanya memiliki efek samping yang harus anda konsultasikan dengan dokter anda.


4. Merawat rambut rontok dengan herbal

image via google

Indonesia kaya dengan bermacam-macam tumbuhan dan tanaman yang mengandung khasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Obat yang bersumber dari tanaman atau tumbuhan alami biasa disebut herbal. Untuk perawatan rambut rontok dapat anda coba dengan berbagai ramuan herbal yang berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa herbal untuk mengatasi rambut rontok diantaranya :

1. Minyak kelapa
2. Minyak jojoba
3. Lidah Buaya 
4. Minyak Zaitun
5. Minyak Pepermin
6. Minyak kemiri
7. Minyak urang-aring   
8. Teh hijau
9. Jeruk nipis
10. Bawang Merah

Semua bahan herbal tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan di sekitar lingkungan, jadi lebih mudah untuk anda merawat rambut rontok secara berkelanjutan.

Demikian beberapa tips mengatasi dan merawat rambut rontok pada perempuan, semoga informasi ini bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments